This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

TEKA-TEKI EINSTEIN di Hari Pendidikan Nasional

Tgl 2 Mei kan Hari Pendidikan tuh, jd aku mau nulis sesuatu di Hari Pendidikan ini. Tp ini bukan masalah pendidikan di Indonesia atau di dunia. Kl ini aku mau share sebuah teka-teki yg di buat oleh seorang ilmuan, tokoh yg sangat berjasa di dunia pendidikan atas ilmu pengetahuan yg dia berikan dg sebuah penemuan darinya. Org itu adalah Albert Einstein (udah pada kenalkan??). Sebuah teka-teki yg cukup menariklah menurutku (mungkin ada yg udah tahu teka-teki ini). Sebenarnya minggu td mau ngepost hal ini, tp berhubung minggu td blm selesai ditulis, jd baru minggu ini di post (aku punya kebiasaan buat nulis post di rmh dahulu sblm dibw ke warnet buat dipublis di blog, biar ga makan byk waktu di warnet maksudnya, ya beginilah nasip blogger yg ngandalin warnet tp dg keuangan terbatas…). Jd gini ceritanya.

Hari Minggu kemaren, aku sama kakaku di sodorin sebuah teka-teki dr sebuah buku sama abah alias my father. Buku tsb adalah sebuah buku karangan John Bews yg berjudul "Permainan Berpikir, Melejitkan Kekuatan Pikiran Untuk Orang yg Merasa Kurang Cerdas", terbitan Penerbit Jabal tahun 2008. Buku yg cukup menarik untuk dibaca buat orang yg pengen mengasah ketajaman daya pikirnya. Di buku ini, kita sbg pembaca disuguhkan pemikiran2 ttg mengoptimalkan kerja pikir otak, bgmn berpikiran cerdas, lugas dan kreatif. Buku ini jg disertai berbagai cerita dan permainan teka-teki yg mampu pengasah otak dan dapat menguji kemampuan berpikir lateral dan logika otak kita. Nah, di dalamnya ada satu teka-teki logika yg sempat bikin abah mikirin seharian dan akhirnya nyerah dan disodorin ke kami buat dipecahin. Ini teka-teki dr Einstein yg dia buat seabad yg lalu dan konon katanya, Einstein bilang kl yg bisa pecahin teka-teki ini dr seluruh penduduk dunia cuma 2 %, sisanya 98 % dinyatakannya ga bakal mampu mecahin teka-teki ini (serius nih???). Dan berhubung dibuku tsb ga ada bocoran jawabannya, shg ini memaksa pembaca yg penasaran buat memecahkan teka-teki ini. Dan iseng2 aku nyobain mecahin ini teka-teki.

Alhamdulillah, ga tahu dpt ilham dan wangsit dari mana, secara mengejutkan teka-teki ini berhasil aku pecahkan dalam waktu sekitar 30 menitan (ada sedikit campur tangan kaka jg sih di awal dan dr Allah yg pasti), sambil nyantai nonton MotoGP di TV lagi. Hehehe…. (Gara2 kejadian ini, kakaku jd keki berat sama aku, krn asalnya dia yg duluan ngerjain nih teka-teki, tapi pas dia lg mentok, aku gantiin ngerjain. Eh, ternyata ini teka-teki mampu aku selesaikan. Dan krn itu dia jd rada ga terima gitu, dikalahin adeknya, hehe.... Sorry ya, aku balap...). Kayaknya waktu itu, otakku ikut terpacu berpikir cepat, spt balapan MotoGP yg aku tonton, secepat motor Jorge Lorenzo yg saat itu menangin balapan di Montegi Jepang, ngalahin rivalnya mas Rossi, abang Pedrosa serta mamang Stoner (yah, yg terakhir ga enak bgt, pake mamang, hehe…). Lagipula menurutku, ini teka-teki yg hrs ngandalin logika, kl logikanya ga jln, ya mungkin agak susah buat mecahinnya. Yah, begitulah kekuasaan Tuhan yg udah dg luar bisa ngeciptain manusia dg otak serta akal pikiran yg jg sangat luar biasa. Alhamdulillah, kt hrs bersyukur sama nikmat dr-Nya yg udah ngasih kita kecerdasan dg akal pikiran dan kt hrs bisa memanfaatkan sebaik2nya dan sebenar2nya (jgn buat hal2 yg ga bener maksudnya), krn masih byk org (termasuk aku) yg kdg ga memanfaatkan nikmat ini dg sebaik2nya.

Nah yg mau tau gimana teka-tekinya, ini aku muat. Begini pertanyaannya.

Ada 5 buah rumah (berderet no. 1-5) yg masing2 memiliki warna yg berbeda. Setiap rumah dihuni satu orang pria dengan kebangsaan yg berbeda. Setiap rumah menyukai 1 jenis minuman, merokok 1 merk rokok dan memelihara 1 jenis hewan. Tak satupun dari kelimanya itu menyukai minuman yg sama, merokok satu merk yg sama dan memelihara hewan yg sama seperti penghuni yg lain.

PERTANYAAN: Orang yg manakah yg memelihara IKAN?

Jawaban: ……. (liat bocoran di bagian akhir post ini).

Petunjuk:

  1. Warna rumah: merah, putih, kuning, coklat, dan biru.
  2. Kebangsaan: Denmark, Inggris, Swedia, Jerman, dan Norwegia.
  3. Hewan: Anjing, Kucing, Burung, Kuda, dan Ikan.
  4. Merk Rokok: Pallmall, Dunhill, Marlboro, Winfield, dan Rothmans.
  5. Minuman: Teh, Kopi, Bir, Air dan Susu.
  6. Orang Inggris tinggal di dalam rumah berwarna merah.
  7. Orang Swedia memelihara Anjing.
  8. Orang Denmark senang minum teh.
  9. Rumah berwarna Putih terletak tepat di sebelah kiri rumah berwarna Coklat.(dilihat dari depan menghadap ke arah rumah).
  10. Penghuni rumah berwarna putih suka minum Kopi.
  11. Orang yg merokok PallMall memelihara Burung.
  12. Penghuni rumah yg terletak ditengah-tengah senang minum Susu.
  13. Penghuni rumah berwarna Kuning merokok Dunhill.
  14. Orang Norwegia tinggal dirumah paling pertama.
  15. Orang yg merokok Marlboro tinggal disebelah orang yg memelihara kucing.
  16. Orang yg memelihara kuda tinggal disebelah orang yg merokok Dunhill.
  17. Orang yg merokok Winfield senang minum bir.
  18. Disebelah rumah berwarna biru tinggal orang Norwegia.
  19. Orang Jerman merokok Rothmans.
  20. Orang yg merokok Marlboro bersebelahan dengan orang yg senang minum air.

Jadi begitulah teka-tekinya. Silahkan pecahkan sendiri. Aku yakin pasti jg byk yg bisa pecahin teka-teki ini. Klo ternyata ga ketebak jg dan penasaran, bersabar aja, tunggu bocoran jwbannya di post aku kedepan nanti. Harus pake table soalnya biar jelas. Dan berhubung ngepost table di blog itu rada ribet (hrs pake kode HTML gitu) dan aku ga terlalu paham shg perlu waktu agak lama buat bikinnya, jd liat ntar lah. Lg byk tugas di kampus, jd sptnya ga punya waktu byk buat ngeblog. Selamat berTeka-teki ria…. (3am)

(pembaruan: sttt.... Tp buat yg penasaran jg, aku kasih tau dikit. Kl udah nyerah, bisa liat posting berikutnya dg link berikut: Jwban Teka-teki Einstein.)

0 komentar: