This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

FESTIVAL BUDAYA PASAR TERAPUNG 2009

Ini adalah salah satu event yg ada di Banjarmasin pd bln juli 2009 ini. Emang rada telat jg aku nulisnya (dr dulu telat mulu ya gw, hehe…). Di saat orang2 heboh sama kasus bom di hotel JW Marriott dan Ritz Calton di Kuningan Jakarta, serta heboh gagalnya MU tanding di Indonesia, Kota Banjarmasin ngadain suatu event yg cukup menarik disaksikan untuk menghibur atas dua kejadian menyakitkan tsb. Adanya terror bom di ibu kota, ga bikin kota ini tercekam rasa takut yg berlebihan. Hal itu jg ga bikin semangat melestarikan budaya nusantara pudar. Tepat 1 hari setelah bom tsb meledak, yaitu tgl 18-20 juli 2009, kota Banjarmasin ngadain FESTIVAL BUDAYA PASAR TERAPUNG 2009. Acara ini diadakan buat mengenalkan serta ajang untuk melestarikan budaya asli di Kalimantan Selatan serta mengangkat dunia wisata Kalsel, menjalankan program pemerintah, Visit South Kalimantan 2009. Acara yg diselenggarakan 3 hari berturut-turut ini byk menarik perhatian pengunjung local maupun interlokal (lah, emg telepon.. hehe..). Ga cuma itu, bule pun ada turut menyaksikan pegelaran yg cuma diadaini se-thn sekali ini (itu pun ga pasti, hoho..). saking byknya pengunjung, acara ini ga Cuma menguntungkan daerah dan yg berpartisipasi disini tp jg TUKANG PARKIR. Knp?? Krn spt bisa, klo acara yg rada jarangan gini pasti biaya parkir jd 2x lipat dr biasanya, haha.. namanya org cari rezeki ya,, bisa2 cari kesempatan, hehe…. Festival ini di adakan di depan kantor gubernuran Kalsel dan sepanjang sungai Martapura yg ada tepat di depannya.

Selama 3 hari, pengunjung disajikan berbagai macem hal yg berbau budaya banjar dan segala hal khas dari kalimantan selatan. Mulai dr atraksi tari daerah, kuliner khas Kalsel, pameran produk budaya dan kerajinan, pagelaran budaya banjar semacam permainan tradisional, semuanya ada dikeluarin semua. Hari pertama, yg dihadirkan berbagai adat budaya, diantaranya ada budaya bausung panganten, ini budaya meusung (apa ya b.Indonesianya?? mungkin spt memikul gitulah) pasangan penganten. Ada jg Madihin (bekisah sambil main alat musik semacam gendang). Trus ada pasar terapung. Biasanya pasar terapung cuma ada subuh2 di muara sungai martapura dan barito. Tp kali ini, pedagang diangkut ke bantaran sungai di tengah kota. Yg dijual buah2an, sayur2an, makanan dan wadai khas banjar, dll. Biasanya pedagangnya itu pake topi purun yg lebar bgt gitulah (apa ya namanya, Lupa.. hehe). Trus ada jg fashion show baju Sasirangan, ini adalah kain khas Kalimantan. Ga ketinggalan ada jg jajanan kuliner khas Kalsel. Makanan dan wadai2 (kue) spt ini kdg klo ga di acara spt ini, jrg ada yg jualan. Liat org byk jualan makanan banjar gini, jd ingat pasar wadai di bln ramadhan. Klo bln ramadhan jg suka keluar nih makanan2. mulai dr soto banjar, wadai bingka, apam barabai, kelepon buntut, kokoleh, laksa, papuyu babanam, apam paranggi, bingka barandam, babongko, kue lahm, saluang, etc,,(kynya yg ga ada jg gw sebut nih, hehe.. lupa apa aja sih). Kynya ada hiburan musik panting jg. Ga ketinggalan jg, ada 100 org dg sepeda ontel dr persatuan sepeda ontel Bjm ikut berpartisipasi.

Malamnya acara dimeriahkan sama pesta kembang api dan parade tanglong di sungai Martapura, sungai yg membelah kota Bjm jadi 2 bagian. Ini bagian paling seru setiap pagelaran spt ini. Kita bisa liat perahu2 dan sampan2 (klo di banjar org nyebutnya klotok atau jukung) dihias lampu2 dan jg ornamen2 spt rumah banjar, naga2an, dll, yg dibuat diatas klotok tsb sedemikian rupa shg jd meriah dan cantik bgt, apalagi di lihat di malam indah kota bjm. Blm lg org2 yg klotok ada yg pake baju aneh2, bikin klotok semakin heboh. Sayang aku ga sempat lihat ini. Aku cuma sempat liat pagelaran di hari ke-2.

Hari kedua ini di tampilkan lomba jukung tradisional, lomba dayung, pencak silat dan ga ketinggalan pameran berbagai kebudayaan banjar. Ada kerajinan anyaman bambu, lukisan banjar, dan alat2 tradisional masyarakat banjar yg dikumpulkan di satu area bernama Kampung Banjar. Selain itu jg kuliner khas kalsel msh dihadirkan. Ada jg atraksi kurung2, kesenian langka dr tanah laut, Kalsel. Kurung2 terdiri dr 7 alat semacam alu dan menghasilkan 7 nada. Nah, malamnya ada pagelaran tari daerah. Tari apa aja ya?? Jujur saya sbg orang asli banjar jg ga tau, hehe…. Aku cuma tau ada yg namanya tari baksa kambang, yg ini penarinya bawa rangkaian kambang (bunga) dan diserahin ke org yg dihormati (biasanya di acara peresmian), trus Sadap Rahayu, yg ada bagian nabur kambang ke penonton, dan satu lg yg ku tau, Japin sisit. Yg ini aku tau khas gerakannya yg pasti ada gerakan sisit (ky mengayuh dayung kesamping sambil goyang pinggul gtu lah, klo ga salah, hehe..). selebihnya aku ga ada yg tau lg, hihi… yaa.. ngaku deh pengetahuan budaya aku minus bgt, tp bukan berarti aku cuek sama budaya sendiri. Sdh seharusnya kita sbg anak muda hrs melestarikan budaya, klo bkn kita siapa lg coba???

Nah, hari ke-3 ada pertunjukan permainan tradisional. Keluar deh semua permainan jadul, hihi… soalnya emg jarang bgt kita bisa liat org main permainan spt ini. Apalagi anak2 di kota. Busyed dah klo liat anak zaman skrg. Mainnya PS, PSP, game online, fesbuk (baca Facebook, hihi), dan permainan modern lainya. Pada tahu ga permainan tradisional?? Rata2 mungkin jwb “ Ga Tau buuu” (mungkin termasuk aku, wkwk… ). Itulah manfaatnya pagelaran spt ini. Kita jd tahu yg namanya baduku, batungkau, bagasing, balego, dagongan, dll. Trus hari itu jg ditampilkan sinoman hadrah, dan pameran spt hari2 sebelumnya. Eh, tp klo diliat2, ga cuma pameran tradisional kynya ada dsn. Tp jg ada pameran laptop, kendaraan, dll. Oh ya, selama 3 hari itu jg ada perahu pintar milik korem101/Antasari. Masyarakat boleh naik scr Cuma2 asal mau ngantri. Perahu pintar ini semacam, mobil pintar gtulah, ada buku2 utk menambah pengetahuan danalat penunjang pengetahuan lainnya tp bedanya penumpang sambil di ajak mengitari sungai martapura. Klo buat orang2 tua dulu, jd bisa gratis naik kapal ini semacam nostalgia. Krn zaman dulu, transportasi di Kalsel emg byk menggunakan perahu / lewat jalur sungai. Namanya jg kota seribu sungai….

Itulah serangkaian acara di Festival Budaya Pasar Terapung yg kembali membuka pengetahuan kita akan budaya asli Banjar dan Kalimantan Selatan. Sebagian acara bisa di lihat pd gambar yg ada (thx berat to org2 yg upload foto2 di internet, aku numpang copy ya mas2 dan mbak2 sekalian, hehe..) Bln juli ini sebenarnya byk event yg diadakan dlm rangka melestarikan budaya banjar, spt pemilihan Nanang Galuh banjar, trus ada jg festival teater si Palui. Palui adalah tokoh fiksi (benerkan??) yg mewakili orang banjar asli dg segala aksen banjar yg khas, mulai dr bahasa, pakaian, dan kelakuan. Klo di jabar punya Kabayan, di banjar punya Palui. Nah, festival teater ini aku boleh bangga krn utk kategori umum, dimenangkan oleh Wasi Putih, Poliban, tempat aku menuntut ilmu skrg, hehe…. Utk yg kategori pelajar dimenangkan oleh Teater Banyu, MAN 3 Bjm. Yah segitu lah event yg diadakan slm bulan Juli ini. Smg dg event2 spt ini, kebudayan banjar bisa lebih dikenal luas dan terus lestari ga punah termakan waktu. Dan jg dpt membuka mata anak2 muda khususnya di Kalsel untuk terus menjaga keaslian dan mengembangkan budaya banjar, budaya Kalimantan Selatan. (3am)

0 komentar

OLEH-OLEH SYARIAH EKONOMIC EXPO 2009 BANJARMASIN

3 Minggu yg lalu, dari tgl 4-5 Juli 2009 di Duta Mall Banjarmasin diadakan Syariah Ekonomi Expo. walau udah telat bgt, tp ga ada salahnya kan. mungkin ini cukup bgt buat di syaring. Ini adalah suatu event untuk lebih memperkenalkan yg namanya ekonomi syariah, khususnya buat bubuhan urang banua banjar (red: orang2 daerah Banjarmasin). Acara ini digelar oleh Masyarakat Ekonomi Syariah Kalsel dan di ikuti kurang lebih 40 peserta. Yg berpartisipasi antara lain ada dr Bank2 Konvensional, bank2 syariah(Muamalat, BPD Kalsel, BTN Syariah, dsb), pegadaian syariah, asuransi syariah, pembiayaan syariah, lembaga2 pendidikan (Uniska, Poliban, Ponpes Darul Hijrah, dsb), serta perusahaan yg menjual produk berbau Syariah lainnya, dll.

Kebetulan pas hari minggu malem aku dapet tugas jg stan di sana. Jaga stan apaan?? Kebetulan kampusku tercinta, Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban), jg ikutan. Biasalah promosi jurusan Akuntansi dan prodi ALKS. Kebetulan lg, memang Poliban membuka satu cabang ilmu yg berbau syariah yaitu Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah, prodi tempat aku kuliah skrg. Saking panjangnya tuh nama prodi, biasanya disingkat jd ALKS. Tp klo ada yg nanya, “Kuliah dmn?” trus aku jwb, “ALKS”, pasti pd langsung nanya balik, “apaan tuh??”, akhirnya sia2 jg mendekin jd ALKS klo akhirnya harus jelasin dan nyebutin dg lengkap “Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah”. Aku sih dah terbiasa sama hal ini. Walau blm familiar dikuping org, aku ckp bangga masuk dlm bagian keluarga ALKS Poliban.

Klo boleh promosi dikit (yah, siapa yg ngelarang ya… blog punya sendiri jg, hehe..), prodi ALKS ini adalah konsentrasi akuntansi berbasis syariah yg pertama di antara seluruh Politeknik di Indonesia. Dan yg kt tau, skrg ekonomi syariah itu sangat berkembang sekali, byk orang yg mulai beralih dr ekonomi konvensional jd memakai system ekonomi syariah krn terbukti lebih menguntungkan (dan pastinya halal dan thoyib). Gitu katanya. Tp walau katanya, stlh aku mempelajari ilmu ini, aku yakin kok akan hal itu. Diluar itu semua, sebenarnya ekonomi syariah merupakan ajaran yg berasal murni dr ajaran agama Islam, tp siapapun dapat menggunakan dan menjalaninya. Satu hal yg harus dimengerti, dipahami dan disadari serta dijalankan oleh kt terutama buat yg ngaku muslim. Ekonomi syariah bukanlah sekedar sebuah pilihan bagi kita, bukanlah pilihan antara mau pake bunga atau pake bagi hasil. Tapi Ekonomi Syariah adalah suatu keharusan, kewajiban bagi para muslimin untuk menjauhi Riba, Gharar, Mayshir serta segala hal yg bertentangan dg syariat. Itu dasarnya knp kita harus menjalankannya (setidaknya ini yg aku bisa pahami dr 2 thn belajar di ALKS). Klo yg lbh jelasnya kynya panjang bgt, sok atuh tanya sama yg ahlinya kl penasaran, aku jg msh belajar, hehe....

Ya, kita balik lg ke Syariah Ekonomic Expo Bjm. Stan kami nampilin foto2, profil, track record lulusan ALKS, dan info poliban serta info2 seputar prodi ALKS lainnya. Selain itu, kami jg nyediain satu game alias kuis ekonomi syariah. Buat siapa aja yg bisa jwb dg benar 5 pertanyaan yg ada di sediakan di computer, pengunjung boleh dapet hadiah. Ga istemewa bgt sih hadiahnya, cuma gantungan kunci made in ALKS, tp kynya pertanyaannya rada susah jg buat org awam. Sebut aja sebangsa perihal pembiayaan mudharabah, ijarah, sampe dalil ayat ttg riba. Klo kami yg kuliah disana, yg tiap hari dah dicekokin yg beginian, mungkin udah hapal diluar kepala pertanyaan2 tsb (tp saking diluar kepalanya, sampe lepas semua dan lupa akhirnya, hehe..). Hasilnya km berhasil membobol gamenya smp lebih dr 3 kali menang dlm bbrp menit. Hehe…. Di stan lain, ada jg yg nyediain game spt ini. Tp katanya lbh gampang dr yg di ALKS ini. Hasilnya, temen aku berhasil ngerampok hadiah disana. Haha…. Nyari kesempatan bgt tuh. Dan alhamdulillah dlm 2 hari buku tamu terisi lbh dr 50 orang. Msh dikit sih sebenarnya. Tp bukan itu tujuan km ada disana, tp tujuannya adalah agar masyarakat Bjm bisa lbh mengenal ekonomi syariah dan prodi ALKS pastinya (tetep promosi, hoho..).

Walau rata2 pd promosiin hal2 yg berbau ekonomi syariah, ky Bank2 Syariah yg nawarin produk2nya, bukan berarti isinya bgtu semua. Cthnya tetangga stan kami, yg ada jualan kebaya, baju muslim dan buku2 novel islami (yg ini msh berbau syariah sih). Selain itu stan yg persis di depan stan kami, coba tebak, nampilin apaan??? Dsn pengunjungnya paling rame selama pengamatan aku selama 3 jam jaga stan ALKS. Mrk ngasih jasa pemeriksaan kesehatan GRATIS (krn kata terakhir ini nih yg bikin bejubel). Kita klo mau ngantri, bisa diperiksa yg namanya asam urat, kadar gula darah, rematik, kolesterol, dll, dsb, dst. Periksanya bentar aja, habis jarinya ditusuk jarum, darahnya diambil dan dimusukin ke alat pemeriksa, keluar deh langsung hasilnya. Gampangkan?? (lahh, ky iklan aja).

Ya, begitulah oleh2 dr Syariah Ekonomic Expo Bjm. Klo ada lg, dan ALKS ikut lg, jgn lupa ajak2 kita lg buat jaga stan. Rumayan nambah2 ilmu sekaligus uang jajan.. hehe.... Jujur aku pun msh byk blm sepenuhnya ngejalanin ilmu ekonomi syariah (ya, maaf..., hihi). Tp inilah proses belajar. Doakan aja bisa ngejalanin sepenuhnya. Dan akhirnya, smg acara ini emg bisa membuka lebih lebar pengetahuan dan kesadaran masyarakat dan kemudian bisa mengaplikasikan ekonomi yg berbasis syariah Islam dlm kehidupan sehari-hari. Amin.... (3am)

0 komentar

Di Kala Perpisahan Disambut MOS & OSPEK

Klo bln Juni-Juli gini pasti kt ketemu sama yg namanya akhir thn pelajaran. Berarti ini waktu akhir semester di tiap tingkat kelas dan jg saatnya naik ke tingkat yg lbh tinggi. Tiap akhir thn pelajaran, di tiap sklh dr SD, SMP dan SMA pasti ada yg namanya perpisahan donk. Yg jalanin perpisahan siapa lg kl bkn kls ujung alias kelas terakhir yg akhirnya terdepak dg hormat dr sekolah tercinta. Ini mungkin saat2 yg membahagiakan sekaligus mengharukan bagi yg ngejalaninnya. Bahagia krn sdh lulus dan bisa ganti kostum, tp dibalik itu jg sedih krn harus pisah sama semua hal yg udah mewarnai hidup kita dg berbagai kenangan yg manis, asam, asin, pahit, hambar, pedas dan rasa lainnya selama beberapa tahun terakhir. Mungkin harus pisah sama temen2 yg jg saksi hidup semua kelakuan dan tempat penampungan unek2 kt, pisah dg guru2 (pengajar sekaligus temen dan org yg sering kt kibulin mungkin), pisah dg kelas, papan tulis, meja dan kursi yg jd saksi bisu kecerdasan sekaligus kebandelan kita, pisah sama makhluk2 tak berdosa spt kucing2 sklh yg suka jd target keisengan, pisah sama kantin (bersama abang2 dan mbak2 yg jualan) yg slalu jd penolong di kala kelaperan dan tentu saja terakhir pisah dg sekolah tercinta yg telah menyimpan dan menyatukan segala kenangan tsb serta memberikan sejuta pengalaman, cita dan harapan.

Byk hal yg biasa dilakukan sblm perpisahan ini trjd. Yah, minimal pasti tiap sklh ngadain perpisahan sekolah yg resmi (semacam acara pengukuhan gitulah). Tp, klo perpisahan tambahan, pasti buat yg rame2. Byk yg bisa diadain. Ada yg ngadain piknik bareng, ngadain perkemahan, traveling bareng, ngadain baksos, pensi, prom night, dll, dst, dsb. Klo boleh curcol dikit, nulis ttg ini aku jd ingat kejadian2 perpisahan aku dulu. Percaya atau ga, klo biasanya ortu slalu dtg dlm acara perpisahan sklh, tp ortu aku ga pernah benar2 hadir dlm perpisahan. Bukannya ga sayang anak, tp keadaan yg membuat bgt (keadaan yg ga tau apa2 disalahin, hihi). Waktu SD sbnrnya abahku dtg, tp kynya gara2 liat wali2 yg datang rata2 ibu2 arisan, akhirnya abah stlh ngambil snack, duduk bentar, eh langsung ngacir jalan2, dan baru balik pas jemput aku. Curang bgt nih si abah, hehe…. Begitulah akhirnya beliau ga liat anaknya jalanin pengukuhan. Dan pas SMP lg2 ini terulang. Tp beda kasus. Kali ini gara2 aku minta anter rada pagi, krn ada pengarahan dulu dan waktu itu blm ada wali yg datang, baru para murid, abah jd pulang dan ga mau balik lg datang ketempat perpisahan. Yah, maklum rada jauh euy tempatnya dr rumah. Nasip.... Nah, pas lulus SMA lebih parah lagi, jangankan ortu aku yg datang, aku aja ga ikut perpisahan, hehe.... Waktu itu kebetulan aku lg umroh sama keluarga, jd ga bisa ikut. Padahal temen2 aku dah nungguin saat2 itu, pada penasaran liat aku yg bisa dibilang rada tomboy ini pake kebaya. Aku sengaja ga bilang mau umroh. Alhasil, pas aku berangkat semua pd kaget pas dikasih tau wali kelas dan aku dah ngilang dr peredaran Indonesia. Hehe....

Selain hal menyakitkan di atas (menyakitkan... ky ketusuk pisau aja), aku jg jd ingat perpisahan diluar sklh waktu SD dulu. Tepat 1 hari stlh kelar UAS, kami diajakin nginep 2 hari 1 malam di Tambela, suatu tempat sejenis cagar alam gitulah. Krn tempatnya di daerah pegunungan gitu, jd adem bgt. Disana banyak villa2 yg dikelilingi pohon2 pinus dan pepohonan lainnya. Tp dr sekian belas villa, Cuma 2 villa dan 1 aula yg terawat, sisanya udah rusak berat, ga keurus. Itupun 2 villa yg msh layak pake, satu ktanya ada penunggunya dan satu ada tokek jumbonya, ini nih yg sempet bikin panik kita2 yg masih imut2 ini. Hehe.... Anak2 cowo yg villanya ktnya ada penampakan pada kabur ke teras aula, sedangkan cewe2 heboh ngusir tokek jumbo, gayanya udah ky org ngejar maling. Klo ingat kejadian waktu itu, aku jg pengen ketawa, kocak bgt waktu itu. Selain 2 villa bikin heboh itu, disana ada lapangan tenis, area luas yg bisa dijadiin tempat outbond dan ga ketinggalan kolam renang. Waktu itu aku sempet belajar renang sama temen disana. Les super kilat, 2 hari kelar. Rumayan dr yg Cuma bisa gaya batu, meningkat jd gaya kucing kecebur, hehe.... Tp gara2 sampe skrg jarang bgt nyemplung buat berenang, akhirnya kucingnya dikutuk jd batu, jd gaya batu lagi deh, hoho....

Dan ada satu acara dsn yg msh aku ingat sampe skrg (Ga 100% sih). Waktu itu malam hari, tengah malam tepatnya, kami semua dikumpulkan di lapangan, kita duduk melingkar hanya diterangi cahaya lilin. Dan disana dg bimbingan guru2, disana kita diajak merenung apa yg udah kita lakukan selama di SD. Apa kita sdh membahagiakan ortu, ga bikin kecewa mrk. Apa kt sdh bisa jd murid yg baik. Dan bgmn kt selama ini berteman. Mungkin ada yg pernah kita sakiti (yah, krg lbh gitulah). Dan ku ingat, disana kami mengungkapkan semua kesan, keluh kesah kpd teman2 semua. Mengungkapkan isi hati. Mencoba terbuka dan lebih mengenal satu dan lainnya. Membuat hati kita bersatu dan semakin erat, menyimpan semua kenangan di hati kita yg paling tulus dan terdalam. Dan kini ku tau, dg begitu kita akan selalu mengenangnya dan akan selalu merindukan saat2 terindah dulu. Huuaa... waduh, tiba2 jd kangen sama temen2 SD aku... Temen2 kapan kita reunian, dah 8 thn nih, masa cuma lwt FB.....

Nah, habis yg sedih2 perpisahan, lulus, pasti rata2 pada lanjutin sekolah. Setelah berpisah dg sekolah lama, menyambutlah sekolah baru, dan pastinya dg tradisi (pra) MOS atau OSPEK buat yg kuliah. Ini mungkin hal yg agak ditakuti sama murid2 baru. Tp, jujur, emg agak ngeselin ikut beginian, tp kl ga melewati ini kynya pasti ada yg kurang. Krn kdg kt bisa nemuin byk hal asik dan tentu aja ini moment pertama kita bisa mengakrabkan diri dg temen2 baru kita. Zaman skrg mungkin yg namanya MOS atau OSPEK ga seganas dulu. Skrg byk diisi dg kegiatan yg positif ketimbang acara2 ploncoan. Tp tetep aja walau gitu, sistem senioritas kakak kls msh ga pudar. Dan ada 2 peraturan yg dimana biasa diterapkan sang senior. Pertama “Senior selalu benar” dan kedua “Apabila Senior berbuat salah, kembali ke point satu”. Bgtlah peraturan egois senior, haha…. Kdg saking egoisnya, walau udah dilarang guru, msh aja nyari celah. Ky aku dulu, gara2 dilarang yg aneh2 dan macem2 (masa cuma disuruh jemur di lapangan aja ga boleh, pdhl matahari pagi kan baik, ada vitamin H nya, vitamin Hitam, hehe…), ya udah semua panitia sekongkol sama penjaga perpus, km masukin semua ke perpus, kunci deh, dan senior bebas. Sampe guru2 pd sadar kl murid2nya pd ngilang setidaknya dan gedor2 pintu perpus, hehe….

Kl udah ky gini berasa jd boneka para junior. Disuruh pake pakaian yg aneh bin ajaib, bawa yg ribet2, disuruh ngelakuin yg aneh, dst. Tp buat junior, apalah daya, ya bikin fun ajalah. Itung2 bikin bahagia orang kan nambah pahala, hehe.... Asal ga main fisik aja ky di STPDN. Ihh, ngerii…. Tp klo OSPEK militer ky aku awal kuliah dulu jg ga enak. Selain diisi pengenalan kampus, kegiatan jg diisi pelatihan ala tentara. Lah, pagi yg ngospek pagi senior, siangan dikit di transfer ke tentara, disuruh latihan disiplin dan baris berbaris. Mau makan dan pulang aja hrs baris rapi dulu. Mana ada sampe nyium lapangan segala. Syukurnya seniornya rada baek2. Jd byk bisa pura2 pusing, sakit, dsb, biar bisa istirahat sejenak. Dan stlh 3 hari melewati hari yg super panas (heran, didoain hujan, ga turun2 jg), akhirnya kelar jg dg wajah sukses menjalankan proses penghitaman kulit. Satu bulanan nih baru balik agak putihan dikit, itu jg ngurung diri dulu di rmh, hehe….

Buat ngindarin keisengan senior emg susah2 sulit. Tp, bukan berarti ga bisa. Tergantung kadar ke’kileran seniornya. Tp aku dulu waktu SMA pernah nerapin strategi ‘Diam Itu Emas’. Jd dulu kita disuruh nulis biodata dan artis favorit. Dan aku waktu itu asal aja nulis artis fav. Siti nur khaliza. Lah, ternyata abis itu pd disuruh niruin artis yg ditulis tsb. Kebetulan aku dipanggil trakhir. Disuruhlah aku nyanyi, lah aku kan ga suka nyanyi (kasian sama yg ntar denger suara aku, hihi...), ngibul aja, ngaku ga tau lagunya satu pun. Diintrogasilah aku, tp aku diem aja, dicontohin kakaknya lagunya, tetep aja aku ga nyanyi, sampe akhirnya mrk semua nyerah. Sebenarnya aku disuruh bdiri didpn smp hbs sesi acara, tp berhubung aku yg trakhrir, ga nyampe 1 menit, dah bebas aku, hoho.... Seneng bisa matahin kekuasaan senior. Padahal klo aku jd mrk, aku ga bkl sebaik hati itu, haha.... eh, ga kok, aku kan thn2 berikutnya dikenal sbg senior yg baek, walau rada jail dikit, wkwkw.....

Mungkin ini saran aja buat ga sering dihukum dan jd target keisengan senior. Pertama jelas penuhi syarat2 yg diajukan, kecuali km ada ide bulus buat berkelit. Ingat biasanya senior itu selalu cari2 kesalahan. Jd, hadapilah mrk se-perfec mungkin. Jgn jg suka cari2 perhatian,byk cuap2 ga penting atau byk tingkah, nih bisa bikin penasaran dan nafsu org buat ngerjain. Trus bila ada disuruh nulis sesuatu atau jawab sesuatu, usahakan cari jwban yg kira2 aman dr resiko membahayakan harga diri. Contohnya ky pas ditanya hobby. Jwban semacam nyanyi, akting, nari, nonton tv, dll, rada beresiko. Nyanyi dan nari bisa ribet kita disuruh nyanyi dangdut sambil goyang ngebor, acting bisa malu kita klo disuruh jd orang gila, nonton tv belepotan jg klo disuruh ngegosip non stop beberapa menit. Emg semua pasti beresiko klo otak seniornya super jail ky Lupus. Tp setidaknya dipikirin, yg mana kira2 resikonya plg bisa kita hadapin dg senang hati. Klo hati senang, semua masalah jd enteng buat dilalui. Tp buat yg urat malunya dah putus sih mungkin semua hal ga jd masalah, hehe….

Yang pasti MOS atau OSPEK itu buat kita lbh kenal sama lingkungan kita yg baru. Klo andai kata ada senior yg galak2, itu cuma agar kita segan, saling menghormati dan ga anggap enteng orang lain. Hadapi aja dg hati lapang. Krn ini adalah satu keping kenangan yg bisa kita ingat dan rindukan saat2 perpisahan kembali menjumpai kita. Jd, kumpulkan kepingan2 tsb, susun jd suatu bentuk yg indah, shg jd sebuah kenangan yg selalu membekas indah di hati kita dan dihati semua orang dikeliling kita (penutup aku nih, nyambung ga sih sama bahasan diatas?? What ever lah, yg penting smg ada manfaatnya). Simpan sejuta kenangan perpisahan dan hadapi dg senyuman masa depan yg akan jd kenangan kita selanjutnya. (3am)

0 komentar

Duet Septian-Ify : Sampai Nanti Sampai Mati

Baru-baru ini, aku abis ngudek2 file2 lama di komputer ku, eh ada nemu video lama hasil rekaman iseng2 plus dadakan aku dulu dr penampilan juara Idola Cilik Duet thn 2008 td. Dr pd kehapus nantinya atau ga kepake dan cuma buat konsumsi pribadi, aku pikir mending di upload di blogku, kali aja ada yg mau liat. Ini video blm ada di Youtube, krn dulu papanya Ify, yg biasa upload video2 Ify, ga sempet merekam penampilan mereka krn ada pemadaman listrik di rmhnya Ify pd hari itu. Nah, skrg aku mau berbagi sama tmn2 semua yg suka sama duet IS ini dan buat semua yg blm sempat atau mau ngeliat ulang penampilan mrk yg ini. Jd buat yg mau liat gaya nge-rap ala Ify Septian, hrs liat yg satu ini.

Berikut adalah video duet Septian dan Ify saat mereka sdg berjuang di Idola Cilik Duet dr tgl 2 Juni s.d 6 Juni 2008. Ini adalah Video penampilan mereka saat penampilan hari ke 3, tgl 4 Juni 2008, dimana mereka menyanyikan lagu Letto, Sampai Nanti Sampai Mati. Dan jg penampilan dan lagu yg bisa dibilang turut mengantarkan Ify dan Septian juara di Idola Cilik Duet. Duet yg bener2 nge-grove abizz menurut ku.

Tp sblm liat, aku mau minta maaf dulu. Maaf kl baru skrg uploadnya krn baru kepikiran upload video ini di dunia maya dan maaf jg kl aku cuma upload di blog ini, ga di YouTube soalnya aku ga punya account youtube. selain itu video ini jg kalah kelas bgt sm yg di Youtube, hehe... Maaf jg kl videonya kualitasnya jelek bgt, burem plus byk grs2 hitam (terutama 20 detik awal), soalnya cuma rekam pake HP yg kameranya VGA beresolusi rendah (perasaan dr tadi gw minta maaf mulu, hehe...). Tp lbh baik ada dg kualitas pas2an dr pd ga ada sama sekali. Yah cuma segini sajian dr aku yg ala kadarnya. Semoga msh bisa dinikmati. Aku dedikasikan video ini khusus buat Septian, Ify, beserta para fans2nya. Selamat bernostalgia sama Duet Septian Ify. Enjoy....

video 0 komentar

Pilpres 2009: WHO WILL BE THE NEXT INDONESIAN PRESIDENT???

Hari rabu depan, tgl 8 Juli 2009 pemilihan presiden akan diselenggarakan. Hari itu kita rakyat Indonesia akan menentukan siapa yg akan memimpin bangsa ini 5 tahun mendatang. Dah pd tahu kan siapa aja calonnya (yailah, iklannya berseliuran tiap hari di tv dan media2 lainnnya). Ada 3 pasangan capres dan cawapres. Berdasarkan No. Urut, di urutan pertama ada Ibu Megawati dan Bapak Prabowo, di urutan kedua ada Bapak SBY dan Bapak Boediyono, dan pasangan terakhir urutan ke tiga ada Bapak Jusuf Kalla dan Bapak Wiranto. Sdh sebulanan ini para calon presiden dan wakilnya tsb berkampaye utk menarik perhatian dan simpati masyarakat. Kalau kita liat di tv atau baca dikoran2, hampir tiap hari slalu ada berita perkembangan dan segala kegiatan yg dijalankan tim sukses masing2 capres pd kampaye pilpres kali ini. Cara menarik simpatinya beragam, mulai masang iklan dimana2, ikut debat dan wawancara ekslusif di acara2 tv, sampai turun langsung ke lingkungan kemasyarakat spt jalan2 ke pasar tradisional. Belum lagi manuver2, adu strategi, adu visi misi antar masing2 capres.

Nah 2 minggu terakhir ini diadakan jg debat capres dan cawapres yg disiarkan langsung oleh hapir semua stasiun tv di Indonesia. Disana kita sdh liat masing2 calon adu strategi, saling mempertahankan argumen masing2 dan saling berdebat untuk mematahkan suara lawannya masing2. Di debat pertama capres, debat berjalan layaknya lomba pidato. Masih blm terlalu ada saling centil satu dan lainnya. Tapi di debat capres kedua dan yg terakhir, yg diadakan kamis malam kemaren, angina perseteruan sdh kencang berhembus. Tiap capres sdh berani saling singgung tp tentu saja tetap beretika dan msh dlm kewajaran. Ada beberapa sentilan yg menarik spt ketika JK bilang iklan SBY (yg pake jingle IndoMie) menandakan pendukungan pemakaian bahan impor (Mie pake gandum impor). Tp sama SBY di bantah kl Mie yg pa JK makan itu mungkin 100% gandum, tp Mie pa SBY ada campuran bahan2 lokal, jd barang dlm negeri sangat dipakai shg pertumbuhan produksi local terus berkembang. Orang2 pd tepuk tangan denger sanggahan pa SBY. Ada jg tentang Bu Mega yg bilang pa JK pernah jd bawahannya menangani ekonomi, dan pa JK bilang “kerja saya bagus bu?” eh, bu Mega nyahut “ya enggak..”, lah orang2 langsung pada ketawa. Yah sentil2an ini emang selalu bikin panas tp sekaligus bikin segar debat. Tapi ada satu pertanyaan terakhir yg dilontarkan moderator di debat capres terakhir kemaren. “Apa yg akan anda lakukan jika anda kalah dalam pemilihan presiden nanti?”. Apa jwban ketiga capres?? Bu Mega bilang bakal terus berjuang untuk rakyat. Sementara pa SBY bilang bakal langsung kasih selamat buat yg menang dan akan terus mendukung pemerintahan yg baru. Dan pa JK bilang akan menghormati yg terbaik, tp apabila gagal, beliau bakal pulkam dan ngurus pesantren dan pendidikan di kampungnya (dan statement terakhir dr JK ini langsung mengundang tawa hadirin). Yah, smg mrk semua menepati perkataan mrk tsb, shg siapapun yg terpilih, yg kalah tetap menghormati dan mendukung untuk membangun bangsa ini jd lebih baik. Dan bagi yg terpilih bisa benar menepati janjinya dan mengurus bangsa ini agar jd bangsa yg bermartabat dan sejahtera.

Nah, sebelum kita pd nyonteng nanti, ada baiknya kt coba lbh mengenal ketiga pasang capres dan cawapres ini. Berikut sedikit profil dan cerita ttg ketiga pasangan ini, yg sebagian ada aku kutip dr berbagai koran, berita tv atau media massa lainnya yg pernah aku simak.

Aku mulai dr yg no. Urut 1, Mega-Prabowo. Pasangan yg diusung oleh partai PDI-P dan Gerindra ini punya visi ‘GOTONG ROYONG MEMBANGUN KEMBALI INDONESIA RAYA YANG BERDAULAT, BERMARTABAT, ADIL DAN MAKMUR’ dan Visinya adalah ‘Menegakkan kedaulatan dan kepribadian bangsa yg bermartabat, mewujudkan kesejahteraan social dg memperkuat ekonomi kerakyatan, dan menyelenggarakan pemerintahan yg tegas dan efektif’. Pasangan ini punya slogan Pro-Rakyat. Bu Mega Soekarno Putri yg kembali mencalonkan diri jg presiden ini punya pengalaman cukup byk di pemerintahan dan politik. Kita sebut saja Anggota DPR/MPR RI (1987-1992 dan 1999), wakil presiden RI dr Gusdur (1999-2001) dan terakhir jd presiden ke-5 RI sekaligus presiden wanita pertama RI (2001-2004). Selain itu beliau jg jd ketua umum partai PDI-P. Prestasi beliau saat jd presiden adalah perkembangan ekonomi Indonesia yg mulai membaik shg menciptakan situasi moneter yg stabil. Beliau jg pernah diakui sbg salah seorang wanita terkuat di dunia versi Majalah Forbes edisi 6 September 2004. Dibalik prestasinya, ada beberapa kekurangan saat beliau memimpin negeri ini dulu diantaranya yaitu aksi penjualan beberapa aset BUMN, serta penyelesaian permasalahan Aceh dg mengirim serdadu dan tentara pembunuh untuk menghabisi GAM.

Bu Mega akan didampingi Pak Prabowo Subianto sbg cawapres. Bapak yg satu ini bisa dibilang paling sering menggembor2kan ttg Ekonomi Kerakyatan. Berkat hal inilah pamor Prabowo dan partainya naik popularitasnya. Prabowo dulu pernah menjabat sbg Komandan Jendral Kopassus dan Pangkostrad. Selain itu Probowo punya kerajaan bisnis yg bisa dibilang terbentang dr Kalimantan Timur smp Kazakhstan. Ga heran beliau di nobatkan sbg cawapres terkaya. Bayangkan aja, total harga kuda2nya aja sampe 3 Milyar. Ckckc.... Diluar itu semua, Probowo pernah terlibat kasus dimana beliau dituduh telah melanggar HAM pada orde baru dulu.

Pasangan selanjutnya adalah pasanga dg no. Urut 2 SBY-Boediono. Slogannya tentu saja ‘LANJUTKAN!!!’. Pasangan ini diusung oleh partai Demokrat, PAN, PKS, PPP, dan PKB. Punya misi ‘TERWUJUDNYA INDONESIA YG SEJAHTERA, DEMOKRATIS DAN BERKEADILAN’ dan misinya adalah ‘Melanjutkan pembangunan menuju Indonesia yg sejahtera, Memperkuat pilar2 demokrasi, dan Memperkuat dimensi keadilan di semua bidang’. Bapak Susilo Bambang Yudhoyono kembali mencalonkan diri sbg presiden. Pa SBY merupakan seorang ilmuan teruji. Beliau meraih gelar Master in Management dr Webster University dan meraih Doktor Ekonomi Pertanian di IPB. Th 2005 beliau meraih Doktor Honoris Causa dr Webster University untuk ilmu hukum dan dr Thammasat University, Thailand pd ilmu politik. Sebelum jd presiden RI (2004-2009), beliau pernah menjabat sbg Menteri pertambangan dan energi serta Menteri coordinator politik, social dan keamanan nasional pd masa kepresidenan Gusdur. Kemudian saat zaman presiden Megawati, beliau menjabat sbg Menteri Koordinator Politik dan keamanan. Saat menjabat disinilah beliau dikenal luas sbg orang yg memimpin upaya2 Indonesia memerangi terorisme. Memang dlm pemerintahan beliau 5 tahun terakhir, dlm memerangi terorisme dan penangkapan koruptor menghasilkan prestasi yg bagus. Selain itu di bidang ekonomi di pemerintahan beliau berhasil mengurangi angka kemiskinan dan memangkas utang Indonesia kpd IMF. Tp dilain sisi, pa SBY dinilai byk orang kurang sigap dan cepat dlm menangi kasus yg genting dan memerlukan keputusan yg cepat, ini sejalan dg sifat beliau yg bertipe pemikir dan cenderung ragu2 dan sangat berhati2.

Kemudian yg menduduki cawapres adalah Boediono. Beliau sebelumnya menjabat sbg Gubernur BI (2009). Isu Neo Liberalisme sangat kencang berhembus kpd beliau. Beliau disebut2 menganut paham tsb, dimana faham tsb bila dijalankan akan membuat Indonesia terus2an di Intervensi pihak asing. Padahal pak SBY menunjuk beliau sbg cawapres krn kemampuan beliau yg mumpuni di bidang ekonomi dan prestasi beliau yg pernah berhasil membawa lepas Indonesia dr bantuan dana moneter Internasional dan menguatkan stabilitas makro ekonomi serta menstabilkan kurs rupiah dlm pemerintahan di cabinet gotong royong dulu. Walau begitu byk yg msh meragukan kemampuan beliau dlm berpolitik.

Pasangan terakhir di no.urut 3 ada Jusuf Kalla dan Wiranto. Pasangan ini diusung oleh partai Golkar dan Hanura. Visi pasangan ini adalah ‘INDONESIA YG ADIL, MANDIRI DAN BERMARTABAT’. Misinya adalah ‘Tercapainya Ekonomi bangsa yg mandiri, berdaya saing, dan berkeadilan demi terwujutnya kesejahteraan rakyat, Mewujutkan pemerintahan yg bersih, berwibawa demokratis, dg pengambilan keputusan yg cepat dan tepat, Mewujutkan kesejahteraan sosial, ketahanan budaya dan otonomi daerah yg sehat, efisien, dan efektif untuk lebih memantapkan integritas nasional yg lebih menjamin kebhinekaan, Mewujutkan bangsa yg aman, tentram dan damai dg penegakan hukum dan hak asasi manusia, serta mewujutkan Indonesia yg dihormati dan disegani oleh bangsa2 lain dlm bidang ekonomi dan politik’. Slogannya ‘Lebih Cepat Lebih Baik’. Dr awal pasangan ini memang selalu lbh cepat dr pasangan lain, mulai mendeklarasikan pasangan capres cawapres, mendaftar di KPU sampai tes kesehatan RS jg duluan. Pak JK yg sekarang msh menjabat sbg wapres akhirnya maju jd capres thn ini. Beliau adalah yg jd tokoh utama dlm perdamaian Malino dan mendamaikan masalah GAM di Aceh. Walau beliau blm pengalaman jd presiden, ga ky capres lainnya, tp beliau bkn berarti kalah dlm berkarir. Beliau skrg selain jd petinggi negar, wapres, jg jd seorang pengusaha dan politisi. Beliau adalah ketua umum partai Golkar. Karakter beliau jg mungkin agak berbeda dg 2 capres yg lain, krn pak JK dikenal sbg orang yg lebih egaliter, sangat percaya diri, tidak basa-basi, cepat dan tegas dlm mengambil keputusan, sangat berani mengambil resiko, dll. Jiwa pengusaha benar2 tergambar di sosok beliau. Tp sifat ini jg dipermasalahkan beberapa pihak, krn beliau kdg menjalankan pemerintah spt menjalankan perusahaan dan spt saat jd wapres yg kdg tdk melakukan koordinasi terlebih dahulu dg presiden.

Disisi pak JK ada pak Wiranto yg jd cawapres. Kl dlm hal pengalaman leadership dan pengabdian kpd negara, beliau tdk diragukan lg. Ini dpt dilihat jabatan yg pernah beliau embank yaitu Ajudan Presiden (1989), Kas Dam Jaya (1993), Pangdam Jaya (1994), Kasad (1997), Pengap dan Menhakam (1998) dan Menkopolkam (1999). Beliau dikenal seorang petinggi militer yg keras, berdisiplin tinggi dan menjunjung tinggi aturan hokum tp sangat cinta perdamaian. Saat runtuhnya kepresidenan Soeharto dulu, saat panasnya negeri ini dimana kerusuhan bisa mudah terjadi, beliau yg menjabat Menhankam dg tenang dan sabar menghadapi itu semua agar ketertiban dan keamanan terjaga. Tp ada satu tuduhan yg mungkin byk sulit diterima masyarakat yaitu dugaan kasus pelanggaran HAM di Tim-tim.

Nah, itu uraian ttg calon2 presiden dan wakilnya yg bakal bertarung 8 juli 2009 ini. Skrg tugas kt sbg masyarakat Indonesia utk menentukan siapa pemimpin yg paling pantas dan paling baik utk memimpin negeri ini 5 thn mendatan. Ingat sisihkan waktu anda 5 menit saja di bilik suara utk kebaikan kt semua 5 tahun kedepan. Cukup Contreng 1x pd gambar/nama/no.urut calon pilihanmu. Ingat Cukup 1x. smg kt menemukan pemimpin yg benar berkualitas dan amanah serta mampu membawa Indonesia jd lebih baik. So, WHO WILL BE THE NEXT INDONESIAN PRESIDENT??? (3am)

0 komentar