This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

Pilpres 2009: WHO WILL BE THE NEXT INDONESIAN PRESIDENT???

Hari rabu depan, tgl 8 Juli 2009 pemilihan presiden akan diselenggarakan. Hari itu kita rakyat Indonesia akan menentukan siapa yg akan memimpin bangsa ini 5 tahun mendatang. Dah pd tahu kan siapa aja calonnya (yailah, iklannya berseliuran tiap hari di tv dan media2 lainnnya). Ada 3 pasangan capres dan cawapres. Berdasarkan No. Urut, di urutan pertama ada Ibu Megawati dan Bapak Prabowo, di urutan kedua ada Bapak SBY dan Bapak Boediyono, dan pasangan terakhir urutan ke tiga ada Bapak Jusuf Kalla dan Bapak Wiranto. Sdh sebulanan ini para calon presiden dan wakilnya tsb berkampaye utk menarik perhatian dan simpati masyarakat. Kalau kita liat di tv atau baca dikoran2, hampir tiap hari slalu ada berita perkembangan dan segala kegiatan yg dijalankan tim sukses masing2 capres pd kampaye pilpres kali ini. Cara menarik simpatinya beragam, mulai masang iklan dimana2, ikut debat dan wawancara ekslusif di acara2 tv, sampai turun langsung ke lingkungan kemasyarakat spt jalan2 ke pasar tradisional. Belum lagi manuver2, adu strategi, adu visi misi antar masing2 capres.

Nah 2 minggu terakhir ini diadakan jg debat capres dan cawapres yg disiarkan langsung oleh hapir semua stasiun tv di Indonesia. Disana kita sdh liat masing2 calon adu strategi, saling mempertahankan argumen masing2 dan saling berdebat untuk mematahkan suara lawannya masing2. Di debat pertama capres, debat berjalan layaknya lomba pidato. Masih blm terlalu ada saling centil satu dan lainnya. Tapi di debat capres kedua dan yg terakhir, yg diadakan kamis malam kemaren, angina perseteruan sdh kencang berhembus. Tiap capres sdh berani saling singgung tp tentu saja tetap beretika dan msh dlm kewajaran. Ada beberapa sentilan yg menarik spt ketika JK bilang iklan SBY (yg pake jingle IndoMie) menandakan pendukungan pemakaian bahan impor (Mie pake gandum impor). Tp sama SBY di bantah kl Mie yg pa JK makan itu mungkin 100% gandum, tp Mie pa SBY ada campuran bahan2 lokal, jd barang dlm negeri sangat dipakai shg pertumbuhan produksi local terus berkembang. Orang2 pd tepuk tangan denger sanggahan pa SBY. Ada jg tentang Bu Mega yg bilang pa JK pernah jd bawahannya menangani ekonomi, dan pa JK bilang “kerja saya bagus bu?” eh, bu Mega nyahut “ya enggak..”, lah orang2 langsung pada ketawa. Yah sentil2an ini emang selalu bikin panas tp sekaligus bikin segar debat. Tapi ada satu pertanyaan terakhir yg dilontarkan moderator di debat capres terakhir kemaren. “Apa yg akan anda lakukan jika anda kalah dalam pemilihan presiden nanti?”. Apa jwban ketiga capres?? Bu Mega bilang bakal terus berjuang untuk rakyat. Sementara pa SBY bilang bakal langsung kasih selamat buat yg menang dan akan terus mendukung pemerintahan yg baru. Dan pa JK bilang akan menghormati yg terbaik, tp apabila gagal, beliau bakal pulkam dan ngurus pesantren dan pendidikan di kampungnya (dan statement terakhir dr JK ini langsung mengundang tawa hadirin). Yah, smg mrk semua menepati perkataan mrk tsb, shg siapapun yg terpilih, yg kalah tetap menghormati dan mendukung untuk membangun bangsa ini jd lebih baik. Dan bagi yg terpilih bisa benar menepati janjinya dan mengurus bangsa ini agar jd bangsa yg bermartabat dan sejahtera.

Nah, sebelum kita pd nyonteng nanti, ada baiknya kt coba lbh mengenal ketiga pasang capres dan cawapres ini. Berikut sedikit profil dan cerita ttg ketiga pasangan ini, yg sebagian ada aku kutip dr berbagai koran, berita tv atau media massa lainnya yg pernah aku simak.

Aku mulai dr yg no. Urut 1, Mega-Prabowo. Pasangan yg diusung oleh partai PDI-P dan Gerindra ini punya visi ‘GOTONG ROYONG MEMBANGUN KEMBALI INDONESIA RAYA YANG BERDAULAT, BERMARTABAT, ADIL DAN MAKMUR’ dan Visinya adalah ‘Menegakkan kedaulatan dan kepribadian bangsa yg bermartabat, mewujudkan kesejahteraan social dg memperkuat ekonomi kerakyatan, dan menyelenggarakan pemerintahan yg tegas dan efektif’. Pasangan ini punya slogan Pro-Rakyat. Bu Mega Soekarno Putri yg kembali mencalonkan diri jg presiden ini punya pengalaman cukup byk di pemerintahan dan politik. Kita sebut saja Anggota DPR/MPR RI (1987-1992 dan 1999), wakil presiden RI dr Gusdur (1999-2001) dan terakhir jd presiden ke-5 RI sekaligus presiden wanita pertama RI (2001-2004). Selain itu beliau jg jd ketua umum partai PDI-P. Prestasi beliau saat jd presiden adalah perkembangan ekonomi Indonesia yg mulai membaik shg menciptakan situasi moneter yg stabil. Beliau jg pernah diakui sbg salah seorang wanita terkuat di dunia versi Majalah Forbes edisi 6 September 2004. Dibalik prestasinya, ada beberapa kekurangan saat beliau memimpin negeri ini dulu diantaranya yaitu aksi penjualan beberapa aset BUMN, serta penyelesaian permasalahan Aceh dg mengirim serdadu dan tentara pembunuh untuk menghabisi GAM.

Bu Mega akan didampingi Pak Prabowo Subianto sbg cawapres. Bapak yg satu ini bisa dibilang paling sering menggembor2kan ttg Ekonomi Kerakyatan. Berkat hal inilah pamor Prabowo dan partainya naik popularitasnya. Prabowo dulu pernah menjabat sbg Komandan Jendral Kopassus dan Pangkostrad. Selain itu Probowo punya kerajaan bisnis yg bisa dibilang terbentang dr Kalimantan Timur smp Kazakhstan. Ga heran beliau di nobatkan sbg cawapres terkaya. Bayangkan aja, total harga kuda2nya aja sampe 3 Milyar. Ckckc.... Diluar itu semua, Probowo pernah terlibat kasus dimana beliau dituduh telah melanggar HAM pada orde baru dulu.

Pasangan selanjutnya adalah pasanga dg no. Urut 2 SBY-Boediono. Slogannya tentu saja ‘LANJUTKAN!!!’. Pasangan ini diusung oleh partai Demokrat, PAN, PKS, PPP, dan PKB. Punya misi ‘TERWUJUDNYA INDONESIA YG SEJAHTERA, DEMOKRATIS DAN BERKEADILAN’ dan misinya adalah ‘Melanjutkan pembangunan menuju Indonesia yg sejahtera, Memperkuat pilar2 demokrasi, dan Memperkuat dimensi keadilan di semua bidang’. Bapak Susilo Bambang Yudhoyono kembali mencalonkan diri sbg presiden. Pa SBY merupakan seorang ilmuan teruji. Beliau meraih gelar Master in Management dr Webster University dan meraih Doktor Ekonomi Pertanian di IPB. Th 2005 beliau meraih Doktor Honoris Causa dr Webster University untuk ilmu hukum dan dr Thammasat University, Thailand pd ilmu politik. Sebelum jd presiden RI (2004-2009), beliau pernah menjabat sbg Menteri pertambangan dan energi serta Menteri coordinator politik, social dan keamanan nasional pd masa kepresidenan Gusdur. Kemudian saat zaman presiden Megawati, beliau menjabat sbg Menteri Koordinator Politik dan keamanan. Saat menjabat disinilah beliau dikenal luas sbg orang yg memimpin upaya2 Indonesia memerangi terorisme. Memang dlm pemerintahan beliau 5 tahun terakhir, dlm memerangi terorisme dan penangkapan koruptor menghasilkan prestasi yg bagus. Selain itu di bidang ekonomi di pemerintahan beliau berhasil mengurangi angka kemiskinan dan memangkas utang Indonesia kpd IMF. Tp dilain sisi, pa SBY dinilai byk orang kurang sigap dan cepat dlm menangi kasus yg genting dan memerlukan keputusan yg cepat, ini sejalan dg sifat beliau yg bertipe pemikir dan cenderung ragu2 dan sangat berhati2.

Kemudian yg menduduki cawapres adalah Boediono. Beliau sebelumnya menjabat sbg Gubernur BI (2009). Isu Neo Liberalisme sangat kencang berhembus kpd beliau. Beliau disebut2 menganut paham tsb, dimana faham tsb bila dijalankan akan membuat Indonesia terus2an di Intervensi pihak asing. Padahal pak SBY menunjuk beliau sbg cawapres krn kemampuan beliau yg mumpuni di bidang ekonomi dan prestasi beliau yg pernah berhasil membawa lepas Indonesia dr bantuan dana moneter Internasional dan menguatkan stabilitas makro ekonomi serta menstabilkan kurs rupiah dlm pemerintahan di cabinet gotong royong dulu. Walau begitu byk yg msh meragukan kemampuan beliau dlm berpolitik.

Pasangan terakhir di no.urut 3 ada Jusuf Kalla dan Wiranto. Pasangan ini diusung oleh partai Golkar dan Hanura. Visi pasangan ini adalah ‘INDONESIA YG ADIL, MANDIRI DAN BERMARTABAT’. Misinya adalah ‘Tercapainya Ekonomi bangsa yg mandiri, berdaya saing, dan berkeadilan demi terwujutnya kesejahteraan rakyat, Mewujutkan pemerintahan yg bersih, berwibawa demokratis, dg pengambilan keputusan yg cepat dan tepat, Mewujutkan kesejahteraan sosial, ketahanan budaya dan otonomi daerah yg sehat, efisien, dan efektif untuk lebih memantapkan integritas nasional yg lebih menjamin kebhinekaan, Mewujutkan bangsa yg aman, tentram dan damai dg penegakan hukum dan hak asasi manusia, serta mewujutkan Indonesia yg dihormati dan disegani oleh bangsa2 lain dlm bidang ekonomi dan politik’. Slogannya ‘Lebih Cepat Lebih Baik’. Dr awal pasangan ini memang selalu lbh cepat dr pasangan lain, mulai mendeklarasikan pasangan capres cawapres, mendaftar di KPU sampai tes kesehatan RS jg duluan. Pak JK yg sekarang msh menjabat sbg wapres akhirnya maju jd capres thn ini. Beliau adalah yg jd tokoh utama dlm perdamaian Malino dan mendamaikan masalah GAM di Aceh. Walau beliau blm pengalaman jd presiden, ga ky capres lainnya, tp beliau bkn berarti kalah dlm berkarir. Beliau skrg selain jd petinggi negar, wapres, jg jd seorang pengusaha dan politisi. Beliau adalah ketua umum partai Golkar. Karakter beliau jg mungkin agak berbeda dg 2 capres yg lain, krn pak JK dikenal sbg orang yg lebih egaliter, sangat percaya diri, tidak basa-basi, cepat dan tegas dlm mengambil keputusan, sangat berani mengambil resiko, dll. Jiwa pengusaha benar2 tergambar di sosok beliau. Tp sifat ini jg dipermasalahkan beberapa pihak, krn beliau kdg menjalankan pemerintah spt menjalankan perusahaan dan spt saat jd wapres yg kdg tdk melakukan koordinasi terlebih dahulu dg presiden.

Disisi pak JK ada pak Wiranto yg jd cawapres. Kl dlm hal pengalaman leadership dan pengabdian kpd negara, beliau tdk diragukan lg. Ini dpt dilihat jabatan yg pernah beliau embank yaitu Ajudan Presiden (1989), Kas Dam Jaya (1993), Pangdam Jaya (1994), Kasad (1997), Pengap dan Menhakam (1998) dan Menkopolkam (1999). Beliau dikenal seorang petinggi militer yg keras, berdisiplin tinggi dan menjunjung tinggi aturan hokum tp sangat cinta perdamaian. Saat runtuhnya kepresidenan Soeharto dulu, saat panasnya negeri ini dimana kerusuhan bisa mudah terjadi, beliau yg menjabat Menhankam dg tenang dan sabar menghadapi itu semua agar ketertiban dan keamanan terjaga. Tp ada satu tuduhan yg mungkin byk sulit diterima masyarakat yaitu dugaan kasus pelanggaran HAM di Tim-tim.

Nah, itu uraian ttg calon2 presiden dan wakilnya yg bakal bertarung 8 juli 2009 ini. Skrg tugas kt sbg masyarakat Indonesia utk menentukan siapa pemimpin yg paling pantas dan paling baik utk memimpin negeri ini 5 thn mendatan. Ingat sisihkan waktu anda 5 menit saja di bilik suara utk kebaikan kt semua 5 tahun kedepan. Cukup Contreng 1x pd gambar/nama/no.urut calon pilihanmu. Ingat Cukup 1x. smg kt menemukan pemimpin yg benar berkualitas dan amanah serta mampu membawa Indonesia jd lebih baik. So, WHO WILL BE THE NEXT INDONESIAN PRESIDENT??? (3am)

0 komentar: