This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

Di Kala Perpisahan Disambut MOS & OSPEK

Klo bln Juni-Juli gini pasti kt ketemu sama yg namanya akhir thn pelajaran. Berarti ini waktu akhir semester di tiap tingkat kelas dan jg saatnya naik ke tingkat yg lbh tinggi. Tiap akhir thn pelajaran, di tiap sklh dr SD, SMP dan SMA pasti ada yg namanya perpisahan donk. Yg jalanin perpisahan siapa lg kl bkn kls ujung alias kelas terakhir yg akhirnya terdepak dg hormat dr sekolah tercinta. Ini mungkin saat2 yg membahagiakan sekaligus mengharukan bagi yg ngejalaninnya. Bahagia krn sdh lulus dan bisa ganti kostum, tp dibalik itu jg sedih krn harus pisah sama semua hal yg udah mewarnai hidup kita dg berbagai kenangan yg manis, asam, asin, pahit, hambar, pedas dan rasa lainnya selama beberapa tahun terakhir. Mungkin harus pisah sama temen2 yg jg saksi hidup semua kelakuan dan tempat penampungan unek2 kt, pisah dg guru2 (pengajar sekaligus temen dan org yg sering kt kibulin mungkin), pisah dg kelas, papan tulis, meja dan kursi yg jd saksi bisu kecerdasan sekaligus kebandelan kita, pisah sama makhluk2 tak berdosa spt kucing2 sklh yg suka jd target keisengan, pisah sama kantin (bersama abang2 dan mbak2 yg jualan) yg slalu jd penolong di kala kelaperan dan tentu saja terakhir pisah dg sekolah tercinta yg telah menyimpan dan menyatukan segala kenangan tsb serta memberikan sejuta pengalaman, cita dan harapan.

Byk hal yg biasa dilakukan sblm perpisahan ini trjd. Yah, minimal pasti tiap sklh ngadain perpisahan sekolah yg resmi (semacam acara pengukuhan gitulah). Tp, klo perpisahan tambahan, pasti buat yg rame2. Byk yg bisa diadain. Ada yg ngadain piknik bareng, ngadain perkemahan, traveling bareng, ngadain baksos, pensi, prom night, dll, dst, dsb. Klo boleh curcol dikit, nulis ttg ini aku jd ingat kejadian2 perpisahan aku dulu. Percaya atau ga, klo biasanya ortu slalu dtg dlm acara perpisahan sklh, tp ortu aku ga pernah benar2 hadir dlm perpisahan. Bukannya ga sayang anak, tp keadaan yg membuat bgt (keadaan yg ga tau apa2 disalahin, hihi). Waktu SD sbnrnya abahku dtg, tp kynya gara2 liat wali2 yg datang rata2 ibu2 arisan, akhirnya abah stlh ngambil snack, duduk bentar, eh langsung ngacir jalan2, dan baru balik pas jemput aku. Curang bgt nih si abah, hehe…. Begitulah akhirnya beliau ga liat anaknya jalanin pengukuhan. Dan pas SMP lg2 ini terulang. Tp beda kasus. Kali ini gara2 aku minta anter rada pagi, krn ada pengarahan dulu dan waktu itu blm ada wali yg datang, baru para murid, abah jd pulang dan ga mau balik lg datang ketempat perpisahan. Yah, maklum rada jauh euy tempatnya dr rumah. Nasip.... Nah, pas lulus SMA lebih parah lagi, jangankan ortu aku yg datang, aku aja ga ikut perpisahan, hehe.... Waktu itu kebetulan aku lg umroh sama keluarga, jd ga bisa ikut. Padahal temen2 aku dah nungguin saat2 itu, pada penasaran liat aku yg bisa dibilang rada tomboy ini pake kebaya. Aku sengaja ga bilang mau umroh. Alhasil, pas aku berangkat semua pd kaget pas dikasih tau wali kelas dan aku dah ngilang dr peredaran Indonesia. Hehe....

Selain hal menyakitkan di atas (menyakitkan... ky ketusuk pisau aja), aku jg jd ingat perpisahan diluar sklh waktu SD dulu. Tepat 1 hari stlh kelar UAS, kami diajakin nginep 2 hari 1 malam di Tambela, suatu tempat sejenis cagar alam gitulah. Krn tempatnya di daerah pegunungan gitu, jd adem bgt. Disana banyak villa2 yg dikelilingi pohon2 pinus dan pepohonan lainnya. Tp dr sekian belas villa, Cuma 2 villa dan 1 aula yg terawat, sisanya udah rusak berat, ga keurus. Itupun 2 villa yg msh layak pake, satu ktanya ada penunggunya dan satu ada tokek jumbonya, ini nih yg sempet bikin panik kita2 yg masih imut2 ini. Hehe.... Anak2 cowo yg villanya ktnya ada penampakan pada kabur ke teras aula, sedangkan cewe2 heboh ngusir tokek jumbo, gayanya udah ky org ngejar maling. Klo ingat kejadian waktu itu, aku jg pengen ketawa, kocak bgt waktu itu. Selain 2 villa bikin heboh itu, disana ada lapangan tenis, area luas yg bisa dijadiin tempat outbond dan ga ketinggalan kolam renang. Waktu itu aku sempet belajar renang sama temen disana. Les super kilat, 2 hari kelar. Rumayan dr yg Cuma bisa gaya batu, meningkat jd gaya kucing kecebur, hehe.... Tp gara2 sampe skrg jarang bgt nyemplung buat berenang, akhirnya kucingnya dikutuk jd batu, jd gaya batu lagi deh, hoho....

Dan ada satu acara dsn yg msh aku ingat sampe skrg (Ga 100% sih). Waktu itu malam hari, tengah malam tepatnya, kami semua dikumpulkan di lapangan, kita duduk melingkar hanya diterangi cahaya lilin. Dan disana dg bimbingan guru2, disana kita diajak merenung apa yg udah kita lakukan selama di SD. Apa kita sdh membahagiakan ortu, ga bikin kecewa mrk. Apa kt sdh bisa jd murid yg baik. Dan bgmn kt selama ini berteman. Mungkin ada yg pernah kita sakiti (yah, krg lbh gitulah). Dan ku ingat, disana kami mengungkapkan semua kesan, keluh kesah kpd teman2 semua. Mengungkapkan isi hati. Mencoba terbuka dan lebih mengenal satu dan lainnya. Membuat hati kita bersatu dan semakin erat, menyimpan semua kenangan di hati kita yg paling tulus dan terdalam. Dan kini ku tau, dg begitu kita akan selalu mengenangnya dan akan selalu merindukan saat2 terindah dulu. Huuaa... waduh, tiba2 jd kangen sama temen2 SD aku... Temen2 kapan kita reunian, dah 8 thn nih, masa cuma lwt FB.....

Nah, habis yg sedih2 perpisahan, lulus, pasti rata2 pada lanjutin sekolah. Setelah berpisah dg sekolah lama, menyambutlah sekolah baru, dan pastinya dg tradisi (pra) MOS atau OSPEK buat yg kuliah. Ini mungkin hal yg agak ditakuti sama murid2 baru. Tp, jujur, emg agak ngeselin ikut beginian, tp kl ga melewati ini kynya pasti ada yg kurang. Krn kdg kt bisa nemuin byk hal asik dan tentu aja ini moment pertama kita bisa mengakrabkan diri dg temen2 baru kita. Zaman skrg mungkin yg namanya MOS atau OSPEK ga seganas dulu. Skrg byk diisi dg kegiatan yg positif ketimbang acara2 ploncoan. Tp tetep aja walau gitu, sistem senioritas kakak kls msh ga pudar. Dan ada 2 peraturan yg dimana biasa diterapkan sang senior. Pertama “Senior selalu benar” dan kedua “Apabila Senior berbuat salah, kembali ke point satu”. Bgtlah peraturan egois senior, haha…. Kdg saking egoisnya, walau udah dilarang guru, msh aja nyari celah. Ky aku dulu, gara2 dilarang yg aneh2 dan macem2 (masa cuma disuruh jemur di lapangan aja ga boleh, pdhl matahari pagi kan baik, ada vitamin H nya, vitamin Hitam, hehe…), ya udah semua panitia sekongkol sama penjaga perpus, km masukin semua ke perpus, kunci deh, dan senior bebas. Sampe guru2 pd sadar kl murid2nya pd ngilang setidaknya dan gedor2 pintu perpus, hehe….

Kl udah ky gini berasa jd boneka para junior. Disuruh pake pakaian yg aneh bin ajaib, bawa yg ribet2, disuruh ngelakuin yg aneh, dst. Tp buat junior, apalah daya, ya bikin fun ajalah. Itung2 bikin bahagia orang kan nambah pahala, hehe.... Asal ga main fisik aja ky di STPDN. Ihh, ngerii…. Tp klo OSPEK militer ky aku awal kuliah dulu jg ga enak. Selain diisi pengenalan kampus, kegiatan jg diisi pelatihan ala tentara. Lah, pagi yg ngospek pagi senior, siangan dikit di transfer ke tentara, disuruh latihan disiplin dan baris berbaris. Mau makan dan pulang aja hrs baris rapi dulu. Mana ada sampe nyium lapangan segala. Syukurnya seniornya rada baek2. Jd byk bisa pura2 pusing, sakit, dsb, biar bisa istirahat sejenak. Dan stlh 3 hari melewati hari yg super panas (heran, didoain hujan, ga turun2 jg), akhirnya kelar jg dg wajah sukses menjalankan proses penghitaman kulit. Satu bulanan nih baru balik agak putihan dikit, itu jg ngurung diri dulu di rmh, hehe….

Buat ngindarin keisengan senior emg susah2 sulit. Tp, bukan berarti ga bisa. Tergantung kadar ke’kileran seniornya. Tp aku dulu waktu SMA pernah nerapin strategi ‘Diam Itu Emas’. Jd dulu kita disuruh nulis biodata dan artis favorit. Dan aku waktu itu asal aja nulis artis fav. Siti nur khaliza. Lah, ternyata abis itu pd disuruh niruin artis yg ditulis tsb. Kebetulan aku dipanggil trakhir. Disuruhlah aku nyanyi, lah aku kan ga suka nyanyi (kasian sama yg ntar denger suara aku, hihi...), ngibul aja, ngaku ga tau lagunya satu pun. Diintrogasilah aku, tp aku diem aja, dicontohin kakaknya lagunya, tetep aja aku ga nyanyi, sampe akhirnya mrk semua nyerah. Sebenarnya aku disuruh bdiri didpn smp hbs sesi acara, tp berhubung aku yg trakhrir, ga nyampe 1 menit, dah bebas aku, hoho.... Seneng bisa matahin kekuasaan senior. Padahal klo aku jd mrk, aku ga bkl sebaik hati itu, haha.... eh, ga kok, aku kan thn2 berikutnya dikenal sbg senior yg baek, walau rada jail dikit, wkwkw.....

Mungkin ini saran aja buat ga sering dihukum dan jd target keisengan senior. Pertama jelas penuhi syarat2 yg diajukan, kecuali km ada ide bulus buat berkelit. Ingat biasanya senior itu selalu cari2 kesalahan. Jd, hadapilah mrk se-perfec mungkin. Jgn jg suka cari2 perhatian,byk cuap2 ga penting atau byk tingkah, nih bisa bikin penasaran dan nafsu org buat ngerjain. Trus bila ada disuruh nulis sesuatu atau jawab sesuatu, usahakan cari jwban yg kira2 aman dr resiko membahayakan harga diri. Contohnya ky pas ditanya hobby. Jwban semacam nyanyi, akting, nari, nonton tv, dll, rada beresiko. Nyanyi dan nari bisa ribet kita disuruh nyanyi dangdut sambil goyang ngebor, acting bisa malu kita klo disuruh jd orang gila, nonton tv belepotan jg klo disuruh ngegosip non stop beberapa menit. Emg semua pasti beresiko klo otak seniornya super jail ky Lupus. Tp setidaknya dipikirin, yg mana kira2 resikonya plg bisa kita hadapin dg senang hati. Klo hati senang, semua masalah jd enteng buat dilalui. Tp buat yg urat malunya dah putus sih mungkin semua hal ga jd masalah, hehe….

Yang pasti MOS atau OSPEK itu buat kita lbh kenal sama lingkungan kita yg baru. Klo andai kata ada senior yg galak2, itu cuma agar kita segan, saling menghormati dan ga anggap enteng orang lain. Hadapi aja dg hati lapang. Krn ini adalah satu keping kenangan yg bisa kita ingat dan rindukan saat2 perpisahan kembali menjumpai kita. Jd, kumpulkan kepingan2 tsb, susun jd suatu bentuk yg indah, shg jd sebuah kenangan yg selalu membekas indah di hati kita dan dihati semua orang dikeliling kita (penutup aku nih, nyambung ga sih sama bahasan diatas?? What ever lah, yg penting smg ada manfaatnya). Simpan sejuta kenangan perpisahan dan hadapi dg senyuman masa depan yg akan jd kenangan kita selanjutnya. (3am)

0 komentar: