This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

INDONESIA & MALAYSIA yg Ga Akur

Bbrp tahun terakhir, kita ga bisa menyangkal klo Indonesia sering bgt cekcok sama Negara sebelah, Malaysia. Baik itu masalah hanya antar penduduknya ataupun masalah2 yg ngelibatin pemerintah dan kedaulatan Negara. Kasus yg paling baru dan hot, apalagi klo bukan kasus Manohara Odelia Pinot yg konon menerima kekerasan dlm rumah tangga, baik scr fisik maupun psikis dari suaminya, Teuku Fakhri yg seorang pangeran Kerajaan Kelantan, Malaysia. Ini berita, 1 minggu terakhir sering bgt nongol di tv, sampai bosen liatnya (berasa milik Mano dan kerajaan Kelantan tuh semua stasiun tv, hehe…). Dan Manohara yg udah lepas dr cengkraman kerajaan kelantan stlh melewati tragedy pembebasan yg alot di Singapura, menuntut scr hukum suaminya. Kasus ini tak hanya menarik perhatian masyarakat kedua Negara, tp juga masing2 pemimpin tiap Negara ini. Tanggapan masyarakat? Ya, ada yg pro ada yg kontra. Masing2 pihak sama2 bilang kl pihaknya yg benar dan pihak lawan memutar balikkan fakta. Bikin bingung euy, tp kynya byk yg pro Manohara sih, walau kynya byk jg yg mulai meragukannya…. Yah, kita tunggu aja perkembangan selanjutnya.

Nah, itu baru satu kasus. Sebelum kasus Manohara, byk bgt kasus perselisihan 2 negara ini. Yg skrg jg msh panas, adalah kasus Ambalad. Daerah Ambalat seluas 15.235 km persegi ini jd bahan perselisihan krn daerah ini diduga mengandung kandungan minyak dan gas yg dpt dimanfaatkan smp 30 thn (Wow!!, makmur abiz). Malaysia yg sdh lama ngincer pulau Ambalat, mulai cari masalah lg diperbatasan Indonesia. Kapal perang Malaysia yg mulai sering keluar masuk wilayah Indonesia di sekitar blok Ambalat, mulai bikin panas Indonesia. Bahkan para personel TNI AL yg bertugas menghalau ini sebenarnya sdh geregetan pengen melepaskan tembakan. Tp hal ini tak dilakukan krn pa SBY ga ngasih ijin, krn beliau ga ingin kt terpancing buat perang dan beliau yakin Ambalat adalah bagian dr RI, bukan Malaysia dan masalah ini bisa diselesaikan di meja perundingan. Pak SBY menegaskan tak ada satu jengkal pun boleh dimasuki Malaysia, walau pihak Malaysia jg ngotot klo Ambalat bagian dr teritorialnya (sumber koran Bjm post). Setahu aku Indonesia yg merupakan negara kepulauan, punya hak lebih kl ada masalah pulau diperbatasan seperti ini. Yah, saya sbg rakyat Indonesia berdoa smg pulau Ambalat bisa di pertahankan Indonesia. Amin.

Selain 2 masalah diatas, sebenarnya byk lagi perselisihan yg terjadi selama ini, yg cukup bikin panas kedua belah pihak negara. Kita sebut aja, pertama masalah hak cipta bbrp kesenian Indonesia yg diakui Malaysia (wah ini mah ga Cuma Malaysia, yg lain jg ada), spt Reog Ponorogo (ayo Indonesia, lindungi kebudayaan nusantara). Trus ada dulu masalah pembatasan pemutaran lagu2 Indonesia dan lagu asing lainnya di Malaysia krn dianggap menenggelamkan musik asli Malaysia (bilang aja kalah bersaing, hehe... waduh bisa digebukin orang Malaysia nih aku, piss...). Trs ada jg masalah ttg TKI dan TKW di Malaysia. Byk terjadi penganiyaan kpd TKW tsb. Selain itu jg byk TKI dan TKW gelap. Bukan kulitnya yg gelap item, hehe.., tp maksudnya elegal gitu, ga pake ijin. Kl yg elegal ini sih, masalah Indonesia yg ga bisa menjaga dan mengurus rakyatnya yg pengen kerja di luar negeri. Jd buat para petinggi negara, ni masalah tolong lebih diperhatikan. Jgn sampai warganya yg ada di luar negeri, sampai ada yg elegal dan mendapat ketidak adilan, ya dilindungi lah.

Nah, itu bbrp perselisihan dan masalah antara Indonesia dan Malaysia selama ini. Sebenarnya Indonesia dan Malaysia udah mulai ada cekcok dr jaman kepresidenan Ir. Soekarno dulu. Pada masih ingat sama perang yg di sebut Ir. Soekarno ‘Ganyang Malaysia’ pd thn 1961-1965??? yg ga ingat buka buku sejarahnya waktu SD dulu deh, hehe.... masalah itu terjadi jg karena persengketaan wilayah. Tapi diluar perseteruan itu semua, Indonesia dan Malaysia sebenarnya jg punya byk hubungan yg cukup baik. Byk orang Indonesia belajar dan bekerja di Malaysia, begitu jg sebaliknya. Kan negara ini tetangga. Masa tetangga pd berantem terus. Kan ga enak diliat yg lain. Pada akur dunk.... Cuma itu yg bisa aku serukan. Smg 2 negara ini bisa akur dan semua masalah dpt diselesaikan dg sebaik2nya shg ga ada pihak yg sampai dirugikan. Sekian posting aku kali ini. Kalo ada yg tersinggung dan merasa aku nulisnya ga objektif, berat sebelah, ya maaf bgt, maklum kan warga Indonesia, masa negara sendiri ga dibelain, hehe.... Semoga bermanfaat. (3am)

0 komentar: