This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

TUNJUKKAN RASA NASIONALISME KITA

Merah putih berkibar perkasa di tiap sudut kota. Gaung lagu2 kebangsaan, pembangkit rasa cinta pd tanah air serta pengobar rasa perjuangan pejuang tempo dulu, terdengar dimana2. Apakah rasa nasionalisme kita bangkit melihat, mendengar, dan merasakan suasana itu semua???

Tanggal 17 agustus kemaren kan kita merayakan hari kemerdekaan RI ke 64. Biasanya 17an gini pasti diperingati dg upacara pengibaran bendera sang saka merah putih. Mulai dr di tiap2 sekolah, kantor2, di seluruh pelosok negeri ini pasti mengadakan ini. Banyak kreasi upacara yg dilakukan orang2 untuk menunjukan kecintaannya dan rasa nasionalisme kpd bangsa dg mengadakan upacara di tempat2 ga biasanya. Tahun ini ada satu upacara bendera yg spesial dlm menyambut kemerdekaan thn ini. Ya, yg nonton berita pasti tahu ttg upacara pengibaran bendera di dalam laut Bunaken, yg memecahkan rekor dunia menyelam bersama, yaitu sebanyak 2000 lebih (2800an klo ga salah). Salut buat penyelam2 yg berhasil mengibarkan bendera dan melakukan upacara bendera di dlm laut. Itu Cuma salah satu bentuk nasionalisme yg ditunjukan para penyelam bagi negara Indonesia tercinta ini. Ada jg yg berjuang naik ke puncak gunung Elbruz, Rusia buat ngibarin bendera. Dan msh byk lg yg lainnya.

Ngomongin upacara, jujur pasti byk dr kita semua yg males2an klo di suruh ikut upacara bendera. Ga usah jauh2 upacara buat 17an, upacara tiap hari senin (atau tiap bln) aja kdg pasti malesnya minta ampun. Baris pasti ngincer paling belakang. Dan klo bendera dinaikan, ogah2an angkat tangan buat hormat (wahh, gw bgt nih, hehe…). Memang ga harus rajin upacara untuk menghormati bangsa, dan memang ga harus upacara untuk menunjukan rasa cinta kita kpd negeri ini. Tp kita diminta sedikit waktu dan tenaga untuk hormat, menghormati sang saka merah putih yg sedang dikibarkan aja kdg males2an bin ogah2an, gmn mau berjuang untuk bangsa untuk hal yg lebih besar. Padahal kl ingat pd zaman kemerdekaan dulu, para pejuang dulu hrs susah payah agar bendera merah putih dpt dikibarkan di tiang tertinggi. Ketika ada upacara bendera semua masyarakat segera meninggalkan pekerjaannya, hanya untuk mengikuti pengibaran bendera dg hikmat. Maka dr itu, sudah sepantasnya kita para penerus bangsa bisa tetap menghormati dan meneruskan perjuangan bangsa. Krn bangsa yg hebat adalah bangsa yg bisa menghargai para pejuangnya.

Selain upacara apaan yg di kerjain untuk merayakan hari kemerdekaan??? Mungkin2 di sekitar lingkungan kita pasti byk yg ngadain perlombaan, mulai makan kerupuk, balap karung, masukin pensil ke botol, balap bakiak, tarik tambang, dll. Yg pasti dr sekian byk lomba, pasti yg ga ketinggalan yaitu lomba panjat pinang. Saking lekatnya panjat pinang sama 17an, dr sebuah survey kecil, dr 100 koresponden menunjukkan ternyata sekitar 64% menyatakan lbh ingat panjat pinang dr pada upacara bendera di hr kemerdekaan. Sebenarnya apa makna panjat pinang??? Sebagian orang mengartikan sbg penggambaran perjuangan pejuang jaman dulu, yg saling berkerja sama dan berjuang sampai tetes darah penghabisan untuk satu tujuan, Merdeka. Nah, dlm permainan panjat pinang jg begitu, tim bekerja sama memanjat dan berjuang habis2an, sampai belopotan Lumpur oli, dkk, dg satu tujuan, agar dapat meraih puncak dan memperoleh hadiah. Tp sebagian orang jg ada yg mengartikan permainan panjat pinang ini sbg bentuk pengkritikan dan peringatan kpd penguasa, bagaimana bangsa Indonesia skrg sebagian rakyatnya, hanya demi memperoleh rezeki (yg kadang ga seberapa), tp harus berusaha mati2an, sedangkan yg mampu cuma diam menonton bahkan ada yg mentertawakan. Apa ini gambaran Indonesia skrg???

Ada sebuah petuah berkata, “Jangan kau pikirkan apa yg akan bangsa berikan untuk diri kita, tp pikirkan apa yg dapat kita berikan untuk bangsa”. Jd, bangsa akan memberikan sesuatu yg baik jika rakyat di dlmnya jg memberikan yg terbaik untuk bangsanya. Apa yg bisa kita berikan untuk bangsa??? Ga mesti dg prestasi yg dikenal dunia, ga mesti semua harus jd pejabat yg ngatur bangsa, ga harus jg berjuang perang ky zaman penjajahan dulu. Jk kita ga sanggup memberikan hal2 tsb, mjd rakyat yg berjiwa bersih dan selalu menjaga keutuhan bangsa, itu sdh sangat baik. Cth sederhana, klo kita jd warga negara yg baik, ga pernah bikin onar, selalu harmonis kpd sesama anak bangsa, ini akan jd pengikat kuat kebersamaan dan persatuan bangsa. Klo kita berhati bersih, selalu menggunakan hati nurani yg benar, insyaallah ga ada tuh yg namanya KKN, terror bom, kerusuhan, dll.

Sbg anak bangsa penerus bangsa, sudah seharusnya kita menjunjung tinggi bangsa. Mulai aja dr hal yg kecil. Mulai dr pake produk local, asli bikinan Indonesia. Trus mensejahterakan ragam budaya bangsa, spt alat musiknya, tariannya, adat istiadatnya, bahasanya, dll. Kita mesti malu, orang asing aja byk yg cinta dan mau mengembangkan budaya asli Indonesia, knp kita orang Indonesia asli nggak??? Dan satu lagi yg penting yg harus tetap dijaga yaitu sifat orang Indonesia yg dikenal ramah dan murah senyum. Ini sangat penting untuk tetap dijaga. Jd, apa yg harus kita lakukan untuk nunjukin nasionalisme kita kpd bangsa Indonesia??? MERDEKA!!! (3am)

0 komentar: