This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

PANGERAN ANTASARI di Uang Rp2000

Udah pernah liat duit kertas diatas belum?? Klo selama ini kan kita udah kenal dan make duit kertas yg nilainya 1rb, 5rb, 10rb, 20rb, 50rb dan 100rb. Dah tau kan bentuk dan gambarnya masing2kan? Klo lupa, sok atuh periksa dompet masing2 dan pelototin gambar duitnya (klo ga ada duitnya di dompet, bisa make duit orang, tp jgn lupa dibalikin ntar, jgn dibawa pulang.. hehe). Duit seribu dg wajah kapitan patimura, pahlawan dr maluku dan gambar pulau maitaradan tidore. Trus ada 5rb, gambar imam bonjol, pahlawan dr tanah Sumatra. Dst, dll, dsb… liatin deh sendiri, cape nulisnya, bisa liat sendirikan?? (bilang aja duitnya cuma sampe 5 ribu doank, hihi). Nah, dr semua duit kertas yg udah beredarkan blm ada tuh yg gambarnya diambil dr tokoh pahlawan asal borneo alias kalimantan. Tp, buat orang kalimantan jgn berkecil hati dan merasa dianak tirikan (duileh… ga sampe segitunya kali) krn orang kalimantan ga ada satupun yg nongol di alat pembayaran yg beredar di Indonesia selama ini. Sejak 10 agustus kemaren, pemerintah resmi melepas kemasyarakat duit pecahan baru seharga Rp 2000. Dan kali ini gambar yg nongol adalah Pangeran Antasari, pahlawan nasional asal Kalimantan Selatan. Pada senengkan orang kalimantan (ahh.. ga jg, biasa aja… hehe).

Uang 2rb ini berwarna coklat2 gitulah (blm pernah liat langsung jg soalnya aku), mungkin agak mirip dg yg pecahan 5rb. Nah, knp jd gambar yg dipake adalah Pangeran Antasari dan gambar penari Dayak dibagian belakangnya??? Ya, spt yg aku tulis diatas, krn yg dr Kalimantan blm pernah ada. Dan akhirnya diputuskan dipakai gambar pangeran antasari. Ttg pemakaian gambar antasari ini, katanya sih sempat susah jg nyari gambarnya yg benar2 dipercaya. Krn gambar yg beredar selama ini ada beberapa versi gitu katanya. Jd perlu sedikit penelusuran dan penelitian (alaah, ribet ya..). Tp klo aku liat gambar2 Antasari di buku2 sejarah, di gambar2 poster pahlawan, dll, kynya sama2 aja di mana2, Tetep aja semua pake kumis, ga ada yg dicukur kumisnya, hihi….

Trus knp bikin pecahan 2rb, bknnya sdh ada pecahan 1rb?? Katanya sih buat menuhi kebutuhan masyarakat dan mengurangi peredaran duit kertas di masyarakat. tp peredarannya katanya ga langsung byk, cuma beberapa lembar gitu katanya per minggunya yg dilepas kepasaran. Katanya lg, duit seribu bakal segera menyusul nasip pecahan kecil lainnya, sebangsa 100, dan 500 yg sebelumnya jg berbentuk uang kertas, sekarang dijadikan uang logam alias recehan. Mungkin yg jd keuntungan, lembaran uang yg digunakan jd lebih sedikit. Jd skrg klo mau byr parkir 2rb, Cuma perlu 1 lembar uang. Tp masalahnya, klo aku takutnya, klo duit 1rb mulai berkurang peredarannya, susah nyari kembalian. Lagian jg, pecahan 1rb msh sangat dibutuhakan masyarakat. Lbh butuh dr pecahan 2000 malah. Mungkin hampir sama ky pecahan 200. Ttg keperluan uang seribu sbg uang kembalian ini mungkin bisa sedikit tergambar lewat sedikit cerita aku ini. Jd aku pernah belanja di salah satu toko roti sama kakaku. Nah waktu itu kakaku yg kebetulan guru bayar pake duit ribuan semua. Sengaja emg, krn beliau baru ngumpulin duit tabungan anak2 didik beliau yg ternyata ribuan semua. Supaya gampang nyimpennya, makanya sama kaka ku, uangnya dipake dulu dan nanti biar tabungan anak2 dituker sama yg pecahan yg lbh gede gitu maksudnya. Jd, pas itukan byr pake ribuan semua jd kasirnya rada ribet jg ngitungnya. Kakaku sambil becanda bilang ke kasir ‘gpp kan duinya ribuan semua’. Eh, sama kasirnya malah bilang ‘kl ada lg jg gpp, malah bagus lg’. Eh, ternyata kata itu kasir, uang pecahan ribuan itu perlu bgt soalnya biar gampang buat ngasih kembalian. Bahkan katanya, dlm sehari itu ada kali sampe ratusan ribu harus nukerin uang ke bank biar bisa byk pecahan seribuan. Jd, kl aku pribadi sih ga pengen pecahan seribuan jd dikurangin peredarannya di Indonesia.

Nah, mungkin ini sedikit tulisan aku ttg pecahan uang rupiah yg baru yg memuat gambar pahlawan asal Kalimantan untuk pertama kalinya. Anggap aja ini salah satu bentuk apresiasiku terhadap munculnya duit rupiah bergambar tokoh dr asal daerahku, South Borneo, Kalimantan Selatan. Smg orang jd lbh tau dg pahlawan asal Kalimantan yg terkenal dg selogan “haram manyarah, waja sampai kapunting ini. Dan aku cuma mau ngomong satu hal buat gambar Pangeran Antasari yg udah mulai disebar diseluruh Indonesia (yah, ngomong sama gambar…hihi), aku cuma mau ngomong: met keliling Indonesia, kada suwah kalo pian bakuliling ka rumah sabarataan urang Indonesia (yg ga ngerti aku terjemahin: tidak pernah kan anda keliling ke rmh semua orang Indonesia), hahaha…. Peace and love for Indonesia. (3am)

1 komentar:

BandarKoin mengatakan...

http://bandarkoin.blogspot.com/

Check It Out!

Thanks