This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

Lebaran yg Kian Dekat (plus Bbrp Tips Mudik Aman)

Tinggal bbrp hari lg, hari kemenangan, hari lebaran, hari raya idul fitri menjumpai kita. Banyak hal yg biasa orang lakukan ketika mendekati lebaran. Mulai bersih2 rumah sampai persiapan mudik. Semuanya pasti melakukan aktivitas yg ga jauh berbeda. Mau yg di Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Papua, mau yg lebaran minggu atau senin (aku ikut yg mana ya???), semua umat Islam pd antusias menyambut lebaran. Buat yg mau mudik pake transportasi umum atau kendaraan pribadi, hati2 dijalan. Yg pake kendaraan pribadi, periksa mesin2 mobil anda baik2. Semua Jaga stamina baik2, jgn sampai ntar sakit dan ga bisa berlebaran. Apalagi yg di kalimantan, lagi musim kabut asap dan kemarau yg super panas (32-36 celcius coy suhunya, derita tinggal dekat garis katulistiwa).

Bagi yg mau mudik dan meninggalkan rumah dlm keadaan kosong selama bbrp hari, ada sedikit tips dan hal2 yg menarik yg mungkin bisa sedikit membantu anda. Kemaren pagi aku nonton Apa Kabar Indonesia di TVone. Di sana ada menghadirkan 2 perampok yg biasa beraksi di musim mudik ky skrg. Ini mungkin bisa dijadikan peringatan dan gambaran buat kita yg mau ninggalin rumah dlm keadaan kosong buat lbh waspada. Kata mrk, biasanya rmh yg mau mrk habisin sdh di survey dan dimata2in sekitar 5-10 hari. Jd mrk tau, itu rmh byk barang berharga atau tidak (mungkin dilihat dr pekerjaan pemilik rmh), gmn situasi sekitar rmh itu, mencakup apa ada portal, satpam, anjing, tinggi pagar rmh, dll. Sebelumnya mrk jg gambar sketsa lingkungan rmh tsb, jd tahu seluk beluk cara masuk yg aman dan cara kabur yg cepat. Mrk katanya bekerja pake tim, sekitar 8 org gitulah. Jd ada yg tugas jaga, ada yg tugas masuk rmh dan cari barang berharga, ada yg tugas bawa motor, ada yg tugas ngalihin perhatian saham, dll. Pokoknya aku bilang ini pencuri udah professional.

Biasanya mrk tahu rmh itu kosong dr lampu yg msh menyala di siang hari, selokan air yg kering krn ga ada air yg mengalir dr dlm rmh, dan koran2 yg bergeletakan di teras rmh. Utk ngindarin hal ini saat rmh ditinggalkan emg rada susah. Tp bisa kok, ky minta tolong tetangga buat matiin dan nyalain sekring biar lampu teras bisa mati di siang hari, trus hindarin selokan kering??? Susah klo ini, dan trakhir, stop langganan Koran selama mudik. Mungkin ini bisa mengansipasi maling, tahu rmh kita lg kosong. Tim TV one jg nampilin bbrp tips2 aman ninggalin rmh (tp hampir semua dianggap ga ngaruh sama 2 maling td, hehe..). Ya spt kunci baik2 pintu dan jendela rmh (msh bisa dibobol), titipin sama tetangga yg ga mudik (pasti msh ada lengahnya), pasang alarm (kalau terdeteksi msh bisa dimatiin), pasang byk anjing penjaga dan satpam (ihh, klo gini, ngapain nyuri dsn, cari penyakit aja, hehe…). Klo ada CCTV jg katanya mempersulit aksi pencuri (tp mahal kl hrs masang CCTV). Jd, gmn biar aman???

Tips yg dikasih tim TV one itu udah bagus, setidaknya itu akan mempersulit dan memperkecil kemungkinan pencurian. Tp, klo boleh usul, aku mungkin ada tips tambahan. Mungkin kita bisa minta keluarga / org yg kita percaya buat jaga rmh kita, jd rmh kita ga kosong. Trus andai ga bisa jg, kita mungkin bisa ngakalin maling2 tsb, biar aksi mrk walau bisa bongkar rmh, tp dg hasil nihil. Mrk membobol rmh kitakan buat nyuri barang2 berharga (prioritas biasanya yg mudah dibawa spt uang tunai, perhiasan, atau HP). Jd klo kita ga bisa bawa barang2 tsb, simpan barang2 berharga kita ditempat2 yg tersembunyi, aman, dan ga wajar (maksudnya??). Hindarin tempat yg sdh umum, ky dlm lemari baju, laci meja, dibawah kasur, dibawah bantal, dll. Cari tempat2 lain yg jarang terpikirkan org, spt dlm rak piring, disela2 tumpukan buku, di dlm TV , di dlm toilet (gmn nyimpennya nih, hihi), atau di atas loteng (lah, ini hati2 di curi tikus, hehe..). Ky cerita ini, temen kakaku kan nyimpen kantor uang jutaan, tp dia simpan di kantong kresek hitam dan digantung di dinding. Eh ternyata malamnya itu ada maling masuk rmh dia. Dan mujur atau emg masih rezeki, uang dikantong itu ga disentuh sedikit pun sama itu maling. Ini memberi contoh kita, nyimpen duit di tempat yg ga biasa, memperkecil kemungkinan maling tau tempat kita nyimpen duit. Jd, trik ini mungkin bisa diterapkan. Pokoknya simpen ditempat2 yg kira2 maling ga curiga dan nafsu buat bongkar. Silahkan lah pikir2 sendiri. Klo perlu buat tempat persimpanan rahasia. Atau klo nggak, titipkan barang2 berharga kita kpd org yg terpercaya dan kita yakin aman. Jd kita bisa ninggalin rmh tanpa brg2 berharga di dlmnya.

Sebenarnya ini kasusnya sama dg ngindarin dicopet di bis atau kereta. Simpan uang kita terpisah2, dan letakkan ditempat yg tdk terjamah oleh pencuri, ky dlm kaos kaki, dlm sepatu, kantong dlm celana/baju, kantong rahasia di dlm/dasar tas, dll (lahh, ini sih tempat2 rahasia aku nyimpen HP biar ga diambil guru waktu SMA dulu, hehe..). Klo nggak, ya ga usah bawa brg berharga. Masalahnya sama dg ninggalin rmh dlm keadaan kosong ini kan??? Antisipasi biar pencuri tdk bisa menemukan brg yg dia cari. Jd biar dia bisa membobol rmh, tp klo ga ada yg bisa dicuri krn kita sembunyiin, sama aja percuma kan??? Walau sedikit agak ribet, tp mungkin ansipasi ini bisa sedikit mengurangi resiko pencurian di rmh kita. Smg tips2 yg aku tulis bisa bermanfat buat kita menjaga barang berharga kita dr tangan2 panjang tsb. Smg bermanfaat dan Selamat berLebaran…. (3am)

0 komentar: