This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

Perenungan anak Indonesia

Mau nulis apa ya??? Rada buntu nih akhir2 ini, hehe…. Ttg nasionalisme aja kali ya. Numpung bbrp hari yg lalu bangsa Indonesia habis memperingati hari Sumpah Pemuda. Ada baiknya kan kita sbg pemuda pemudi Indonesia kembali mengingat ttg peristiwa ini dan kembali merenungkannya.

Msh ingat apa isi Sumpah Pemuda??? Pd intinya mengatakan, kami pemuda-pemudi Indonesia bertanah air satu, tanah air Indonesia, berbangsa satu, Bangsa Indonesia, dan berbahasa satu, Bahasa Indonesia. Apa kita sbg anak asli Indonesia sdh ngejalanin janji ini??? Seberapa mencitainya kita thd bangsa ini dan brp besar kesadaran kita utk membangun negeri ini??? Nilai2 ini sptnya skrg sdh ga sekental 81 thn yg lalu, thn 1928. Kita mungkin byk yg hanya berpikir dan hanya sadar, kita berkewarganegaraan Indonesia yg lahir dan tinggal tentram di tanah air ini, dan terbiasa berbahasa Indonesia. Ga lebih…. Apa kita memeng begitu???

Btw, ngomongin kewarganegaraan, aku rada tertarik sama diskusi di pelajaran kewarganegaraan aku bbrp waktu lalu. Tp ini hanya sekedar, opini, yg mungkin bisa benar, tp jg mungkin salah besar. Jd gini, kitakan udah belajar yg namanya PPKN atau kewarga negaraan atau sejenisnya dr kls 1 SD smp 3 SMA, bahkan ketika masuk PT jg msh jg diajarkan. Jd bisa dibilang ini ky pelajaran wajib di Indonesia. Sama ky pelajaran B.Indonesia dan Agama yg jg selalu ada. Klo belajar bahasa Indonesia, kita jd bisa membaca dan berbahasa Indonesia dg cukup baik, serta kita belajar agama bisa melaksanakan ajaran agama dan ibadah2 dg benar, trus apa bukti nyata dan manfaat yg kita rasakan dr belajar yg namanya PPKN atau sejenisnya??? Klo boleh jujur, tak byk nilai yg benar2 tertanam di sebagian besar diri anak2 Indonesia.

Selama ini, kl aku yg ngerasain belajar pelajaran ini, mungkin nilai2 yg namanya tenggang rasa, saling hormat-menghormati, norma social, norma agama, dan norma2 lainnya yg sering bgt di sebut pas pelajaran ini, emg diingat. Tp kita sbg pelajar hanya diberikan teorinya, jarang di berikan pelajaran secara prakteknya. Emg di lingkungan kita bakal menemukan masalah yg bersinggungan dg hal2 ini. Tp sekali lg, kita ngejalanin hidup bermasyarakat ky belajar otodidak lwt lingkungan. Kl gini, utk apa belajar ttg hal ini di sekolah lbh dr 12 thn kl akhirnya tanpa belajar ini pun, lingkungan sdh mendidik kita lbh baik utk hal tsb???

Sebenarnya kl pelajaran kewarganegaraan ini diajarkan kpd anak2 Indonesia scr praktek / terjun langsung, melihat dlm bentuk nyata, mungkin pelajaran ini ga bakal sekedar lewat begitu aja di kebanyakan anak2 Indonesia, tp bisa benar tertanam dan melekat di jiwa. Spt pelajaran Bhs.Indonesia, klo kita ga praktek membaca, pidato, mengarang, dsb, ga bakal bisa berbahasa Indonesia dg benar. Begitu jg dg agama, ada pelajaran praktek yg bisa diterapkan di kehidupan langsung. Tp dg pelajaran kewarganegaraan, seringkali guru hanya mengajarkan teori, dg contoh2 yg ala kadarnya. Dg begini, nilai nasionalisme yg seharusnya ditanamkan di hati sanubari tiap anak yg bisa ia bawa ke depan, ga bakal bisa benar2 mendarah daging.

Dg rasa kebangsaan dan nasionalisme yg dangkal, ga heran skrg byk org yg cuek bahkan ga menghargai bangsanya sendiri. Mungkin kadang2 tumbuh, tp hanya krn habis nonton film nasionalisme shg terbawa perasaan, atau baru peduli saat2 terancam, spt kasus mencurian aset2 bangsa atau budaya bangsa oleh negara lain. Tp, selebihnya, kdg kita sendiri ga merasa telah menghancurkan bangsa sendiri, spt jd anak bangsa yg rusak moralnya atau ky para koruptor yg memanfaatkan negara utk sekedar kenikmatan pribadi atau golongan semata. Aku ga mukul rata semuanya, tp ini memang ada. Tp, sekali lg, ini hanya opini anak bangsa yg mungkin ga penting buat dibaca.

Jd, apa yg harus kita lakukan utk negeri ini??? Spt yg pernah aku tulis di post aku di hari kemerdekan lalu, sbg anak bangsa, utk bisa menghargai negeri ini, ga harus dg memberikan prestasi2 gemilang di kancah internsional atau ikut berperang melawan penjajah ky zaman kemerdekaan dulu. Jdlah anak bangsa yg baik dan berbudi luhur, ini sdh lbh dr cukup. Walau kita ga bisa memberikan sumbangsi utk bisa bikin negeri ini berubah jd lbh baik, maka jgn membuatnya jd lbh buruk. Maksudnya, walau orang lain byk yg melakukan hal2 yg tdk baik, jgn kita ikut2an begitu, tp perbaiki diri kita sendiri, shg kita tdk memperparah keadaan. Say no for tawuran, no for tindak asusila, no for drug, and say no utk segala bentuk kejahatan. Bisa saling menghargai satu sama lain, menjaga dan mensejahterakan negerinya (min. sekelilingnya), shg bisa bikin negeri ini jd damai dan sejahtera.

Mungkin cuma ini tulisan akhir bulan ini. Maaf kl rada aneh, asal, rada ga nyambung dan ga jelas, maksa sih soalnya, buat menuhin target 4 post tiap bulan, hehe…. Smg ada manfaatnya dan bisa dijadikan bahan perenungan, paling nggak buat aku yg nulis ini. Amin…. Peace and love for Indonesia!!! (3am)

0 komentar: