This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

Idul Adha 1430 H: Ayo Saling Berbagi

Alhamdulillah Besok udah hari raya Idul Adha alias hari raya haji atau hari raya qurban. Dikala orang2 yg menunaikan ibadah haji di arab Saudi yg nan jauh disana, kita sbg umat muslim di seluruh penjuru dunia merayakan hari raya idul adha. Selain itu, kita jg bisa melaksanakan ibadah qurban. Hikmah apa yg bisa kita ambil dr idul adha dan ibadah qurban??? Mungkin salah satunya sebuah pengorbanan yg tulus krn Allah SWT semata serta keikhlasan dan rasa bersyukur kita pd nikmat yg diberikan Allah.

Yg pernah nginjak bangku sekolah atau sering dengar ceramah agama pasti sdh tau bgmn sejarah atau kisah dibalik ibadah qurban yg disunahkan ini. Berawal dr kisah nabi Ibrahim AS yg diperintah Allah utk menyembelih anaknya sendiri, nabi Ismail AS. Krn ketaatannya kpd Allah nabi Ibrahim AS pun menjalankan perintah itu dan nabi Ismail pun mengikhlaskan dirinya utk disembelih utk melaksanakan perintah Allah tsb. Dan ketika proses penyembelihan tsb dilaksanakan, Allah mengganti posisi nabi Ismail yg ingin disembelih menjadi lembu (atau sejenisnya gitu lah). Ternyata Allah hanya ingin menguji keimanan nabi Ibrahim AS dan Ismail AS. Inilah yg mendasari dilaksanakanlah ibadah qurban sbg tanda syukur dan pengorbanan kita utk Allah SWT (bener gitu kan ceritanya???).

Selain tanda syukur dan pengorbanan kita, ada satu hikmah lagi yg tertuang di ibadah qurban, yaitu saling berbagi kpd sesama dan orang2 yg membutuhkan. Dikala kita melakukan ibadah qurban dg menyembelih hewan qurban, berarti kita melakukan pengorbanan utk mendapat keridhaan-Nya, serta utk dpt berbagi pd sesama lwt daging2 qurban yg akan bisa dinikmati oleh byk keluarga di hari Idul adha. Dg begitu akan muncul rasa kebersamaan dan persaudaraan kita. Selain itu, pd sadar nggak, saat proses menjalankan ibadah qurban, mulai dr proses penyembelihan, pemotongan, pengulitan, dst, byk terjadi ikatan kebersamaan, kekerabatan, keakraban antar warga yg saling bergotong royong. Ini tandanya tali silaturrahmi akan semakin erat. Oh iya, ngomongin berkorban utk berbagi pd sesama, aku jd ingat dg salah satu episode salah satu reality show di tv, yg ttg nolong org itu (pd tau kan?? Itu lho, acara tol**g). Tayangan acara ini emg selalu bisa mengajarkan kita utk bisa peduli sesama dan saling berbagi dg ikhlas. Walau sedikit ga nyambung sama tema aku ttg idul adha ini, tp bolehlah di share jg, sekalian manjangin tulisan, hehe….

Nah jd gini, dlm satu episode ada seorang ibu2 penjual asongan mainan kaki lima (kl ga salah). Dia jualan didepan mesjid gitu. Nah, saat itu ada seorang nenek atau anak kecil gitu (aku lupa lg, sori..) yg minta tolong buat membeli barang mrk yg tak begitu berharga dg sejumlah uang (rumayan jg, sekitar puluhan ribu dia nawarin harganya). Dan ibu2 penjual mainan td krn kasian bersedia membelinya dg uang yg dimilikinya (mungkin itu uang seluruh keuntungan dia berjualan seharian itu). Singkat cerita, terakhirnya itu kan si penjual mainan td di kasih hadiah uang sama yg empunya acara. Nah, ini yg bikin aku rada salut. Setelah uang itu dikasih (dia msh sempat ga mau nerima uang itu), lalu dia pertama2 bukannya lgsg nangis, sujud syukur atau apa. Tp langsung masuk ke mesjid, dia masukin tuh uang ke dlm celengan sumbangan di mesjid itu (ga jelas brp byk). Subhanallah. Disaat dia jg msh memerlukan, dia msh mau berbagi pd org yg membutuhkan. Bahkan saat dia dpt rezeki lg, dia msh sempat berpikir, msh ingat utk menyisihkan sebagian rezekinya utk bersedekah/berinfaq. Ini yg patut kita tiru. Jgn takut bersedekah krn takut harta jd berkurang. Sesungguhnya sedekah itu akan membuat harta kita jd berkah dan krn di beri Allah gantiannya, malah akan bertambah semakin byk. Ada sebuah nasehat yg aku ingat. Jangan pernah takut miskin harta. Tp takutlah kita jk kita telah miskin hati, miskin iman. Kata dosen aku, tak ada org di dunia ini yg miskin. Miskin itu hanya di pikiran mrk saja. Jika kita bisa selalu mensyukuri atas apa yg Allah berikan, maka kita tak akan pernah merasa kurang. Selain itu, andai semua bisa saling berbagi, selalu peduli pd sesama, peduli pd lingkungan sekitar, yg mampu bisa membantu kpd org sekitar yg memerlukan bantuan, Insyaalla semua bisa memperoleh kesejahteraan. (Btw, knp bahasan aku jd ngelenceng jauh sampai sini ya, hihi…).

Sekian tulisan dr penulis super amatir yg ilmunya msh dangkal dan msh perlu byk belajar ini (tp smg kedepan bisa trs bertambah cerdas, amin!). Akhir kata, Smg dg ibadah qurban di hari raya idul adha ini, kita menjadi hamba2-Nya yg semakin memiliki keimanan yg kuat, tak pernah lupa bersyukur pd nikmat-Nya, serta selalu peduli pd sesama utk saling berbagi. Akhir kata, Mohon Maaf Lahir Bathin, Selamat Idul Adha 1430 H. Mari saling berbagi utk kesejahteraan bersama. (3am)

0 komentar: