This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

Makna Ulang Tahun

Mau nulis dikit, ttg moment ultah. Sbg pengingat bagi diriku, dg umurku yg semakin bertambah di bulan ini. Umur dmn udah cukup utk bisa bisa nyalon jd presiden (nah lho, tebak sendiri deh, hihi..). Menyadarkan aku kl aku...... Sudah semakin tua. Hiks..hiks... Tp msh berjiwa muda kok, berjiwa anak2 malah kadang, hehe....

Semua orang pasti ngelewatin ulang tahun tiap tahunnya toh? Tp, apakah ultah itu hanya sekedar pengingat klo, sekian thn yg lalu itu lho, aku terlahir kedunia. Apa cuma itu? Enggak lah... Sebenarnya byk makna di hari ulang tahun (atau milad, atau hari lahir, atau hari jadi, atau terserahlah mau nyebutnya apa, hoho..). Apa aja? Yok kita bahas satu-satu.

Pertama, kl ultah yg pasti menandai bertambahnya umur. Semakin lama hidup, semakin byk umur, dan bakal trs bertambah tiap thnnya. Semua pd sepakat toh ultah berarti bertambahnya umur? (Ada yg merasa umurnya berkurang? Ada sih, tp nanti kita bahas di point ke dua). Ini jg mengingatkan kita, sdh seberapa lama kita hidup. Dan jg sedikit menyentil kita, selama kita hidup itu, apa aja yg sdh kita lakukan? Seberapa byk kebaikan yg sdh di lakukan? Apakah seiring dg umur yg semakin bertambah byk itu? Saatnya intropeksi diri.

Kedua, ultah sebenarnya bagi sebagian orang, menandakan berkurangnya umur. Jumlah perjalanan umur emg terus bertambah, tp sisa umur utk hidup semakin berkurang. Bukankah hidup, mati, jodoh itu sdh di gariskan oleh Tuhan? Jd, semakin kita bertambah umur kita, semakin lama kita hidup, berarti semakin dekat jg kita dg akhir hidup kita (kematian). Berarti, bertambahnya umur, jg mengingatkan kita utk ingat akan kematian, agar kita ingat utk tidak menyia-nyiakan waktu sisa hidup kita, trs menyiapkan bekal utk kehidupan nanti.

Ketiga, kl ultah itu akan banyak orang yg mendoakan kita. Pasti kl lg ultah, byk dpt ucapan dan doa yg ditujukan pd kita. Smg panjang umur (amin..), byk rezeki (amin..), di sehatkan badan (amin..), makin berberkah hidupnya (amin..), makin dekat dg Allah (Aminn..!!) makin baik (amin..), smg cepet dapet jodoh (AMINN..!!), makin sering ntraktir temen (am.. Eh, Nggak dink! Jgn, bisa bangkrut bandar, Hehe..). Dan msh byk doa2 lainnya yg diberikan kpd kita saat berultah. Semua itu pasti mendoakan agar kita jadi lbh baik. Apa kita terus menjadi pribadi yg lbh baik setiap tahunnya? Aku.... Nggak selalu sih.. Hehe... Eh, ga tau jg sih. Yg pasti, kita pasti trs berusaha utk itu. Ingat akan salah satu makna ultah ini, yaitu seiring bertambahnya umur, kita hrs bisa menjadi sosok yg lbh baik. Harus.

Keempat, ultah itu, seiring bertambahnya umur, berarti kita semakin menuju kedewasaan yg lbh matang. Semakin dewasa, semakin matang jg berpikirnya. Semakin peka dg sekitar. Smg semakin santun jg. Amin.... Ini msh seiring dg point ke 3 kok. Setiap tahun, kudu trs ada peningkatan. Bukankah orang yg beruntung itu adalah orang yg bisa lbh baik dr menjalani hidupnya dibanding hari sebelumnya? Kl kita sama atau lbh buruk, maka kita adalah orang yg merugi, bahkan celaka. Smg kita termasuk orang2 yg beruntung... Amin....

Dan, terakhir yg kelima. Ultah berarti, sebuah kebahagiaan, keceriaan. Keceriaan si yg ultah dpt byk doa dan kado. Keceriaan temen2 yg jail yg dg senang hati ngerjain yg ultah. Keceriaan temen2 saat dpt traktiran. Hehe.... Yah, tak apa2lah, sekali setahun. Sekalian ini dijadikan moment 'Saatnya berbagi'. Walau, ini jg berarti, siap2 kantong tebel jd, kanker alias kantong kering. Habis ludes, kerampokan temen2 yg minta traktir. wkwkwk.... Tp, itulah kebahagiaan yg bisa kamu dapat sepenuhnya bila kamu bener2 bisa meresapi semua makna di hari ultah ini dg hati yg tulus dan ceria. (3am)

0 komentar: