This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

Red Cross in Memorial

Sekali lg, ini tulisan curhatanku yg ga penting buat dibaca, so, kl ada yg ga sengaja buka posting yg ini, monggo klik link yg lain, biar waktu mu lbh bermanfaat, dr pd baca tulisan ga jelas ky gini, hehe... Tp, kl msh bandel jg, ya wes silakan, hoho...

Hari valentine kemaren hari yg menyenangkan buat ku. Seharian aku ga ada di rmh saat itu, hehe.... Bukan utk merayakan valentine, tp utk hal yg lbh bermanfaat. Krn, kasih sayang ga hanya utk satu hari kan? Tp, kita hrs selalu bisa memberikan kasih sayang kita setiap hari, ke semua orang. Ke orang tua, saudara, teman, guru, dll. Sayang itu universal, ga hanya ditujukan buat yg pasangan tercinta (makan tuh cinta! Haha..). Dan hari itu, aku berbagi keceriaan dg teman2 SMA ku. Pagi-sore itu aku sempet jalan2 sama anak2 kampoeng naga (kamGa), temen2ku semasa SMA dulu. Sekalian melayani nafsu mrk ngerampok aku dan salah satu temanku sesama anak kamga jg, yg kebetulan kami nambah umur di bulan februari ini. Sempet makan2 dan nonton film. (parah bgt, udah tau budge terbatas malah nonton hari minggu, mahal saudara2..!). Walau sblm milad udah tekor duluan, gpp deh, yg penting semua bisa seneng, hehe... (muna bgt gw, padahal nyesek jg liat duit ga bersisa, tp syukur uang beasiswa habis byr SPP, msh ada sisanya, wkwk..).

Sore harinya, walau badan cape luar biasa, sempet2in deh mampir ke SMP aku dulu, udah niat soalnya. Di sana ada lomba PMR. Yah ga abdol dong alumni ga ikut nimbrung. Sekalian bantu2in jg. Nyampe sana, udah mau kelar, tinggal nyisa final lomba bikin tandu dg mata tertutup. Lomba Pertolongan Pertama (PP), lomba Perawatan Keluarga (PK), udah pada kelar semua. Jiah... Telat bgt gw.. Tp gpp kok, msh sempet bantuin nempelin nilai hasil lomba, hehe....

Seneng deh liat PMR spm aku ini msh bisa trs berdiri smpai skrg. Byk yg udah berubah. Skrg udah punya ruangan uks tersendiri yg luas, fasilitas lbh lengkap, dll. Tp satu yg ga berubah, lapangan basketnya knp msh sama spt sejak aku tinggalin dulu?!! Msh aja meninggalkan retak sana sini yg ga di benerin jg! Masa hampir 6 thn ga ada perubahan sedikit pun?! Payah bgt!! haha... Balik ke PMR. Kl ingat masa2 aku dulu, wah aku bakal ngamuk kl PMR di SMP aku sampe terbengkalai atau sampe mati alias bubar. Knp? Soalnya kira2 7 thn yg lalu, saat aku msh kls 2 smp, PMR kami hampir aja bubar. Wah, kl ingat perjuangan mempertahankannya dulu, beneran aku bejek2 kl ada yg mau ngancurinnya skrg. Dulu aku sempet jd ketua, jd ketua yg ke-2, ketua paling payah sepanjang jaman mungkin, hehe.... Habis, sapa nyuruh ngecalonin aku, aku ga kepengen jd ketua jg, aku baru msk ruang rapat aja udah main tunjuk aja, ya ga berkutik aku. Walau aku msh bertanggung jwb dan ga akan pernah ngelantarin PMR, tp aku itu bener2 ga ada jiwa kepemimpinannya bgt. Aku itu seorang plagmatis yg cinta damai tp paling susah kl disuruh ngambil keputusan, aku bukan seorang koleris yg punya pengaruh kuat dan berjiwa pemimpin sejati. Mana aku jd ketua pas udah mau naik kls 3 lg. Jd sori dulu aku suka ngindar dikala bertugas, apalagi kl disuruh ngadep kepsek, hehe... Maklum, aku ini gugupan orangnya, hehe... Tp, syukurnya aku punya sekretaris dan bendahara aku yg super the best, hehe.... Para adek2 kelasku yg sangat bertanggung jwb, walau kl pas lg ada masalah dg urusan cintanya msg2, aku dan pelatih aku yg gelabakan akhirnya balikin mood mrk, hoho... Ah, masa2 yg tak pernah terlupakan itu. Aku msh ingat pas hari valentine, kami habis latihan pd patungan buat beli pizza, trus makan bareng, walau cuma dapet secuil2, tp yg penting kebersamaannya itu. Pas ngadain lomba, sempet pontang-panting, panas2an jg sama kepsek, abis pak kepseknya susah bgt di ajak kompromi. Sampe pd demo kecil2an tuh anak2 di ruang kepsek. Tp alhamdulillahnya bisa berjalan dg lancar jg. Pertama kalinya tuh aku ngetuain acara rada gede. Ah, pengalaman dan kenangan tak terlupakan lah itu semua...

Di PMR aku belajar ttg kepalangmerahan (mulai dr PP, PK, pembalutan, tandu, RJP sampai nafas buatan), dan disini jg aku pertama kali belajar berorganisasi. Selain itu, byk bgt pelajaran dan pengalaman yg aku dapetin disini. Aku bisa belajar ttg sebuah kebersamaan, belajar ttg rasa setia kawan, belajar bgmn berbagi, saling menolong antar sesama, dan segala pelajaran berharga yg ga aku dapet di buku pelajaran. Dan semua itu, bikin aku makin cinta dg dunia kepalang merahan. Mungkin krn ini jg, smpai skrg aku msh berusaha terlibat di palang merah dg ikut jd anggota KSR (Korp Suka Rela) PMI kota bjm sejak 3 thn yg lalu (walau rada pasif jg sih, suka kabur dr tugas, hehe.. Abis aku kan cewe, dan anggota cewenya itu dikit bgt, jd kl cewe2nya pd kabur semua, ya aku ikut kabur jg, dr pd cewe sendiri di tengah para penyamun, mati kutu aku, wkwkwk...).

Selama aku aktif di PMR semasa sekolah dulu, byk hal berharga yg aku dapat dr kaka pelatih PMR kami itu. Beliau di mata kami adlh sosok pelatih yg begitu baik, sabar, care, dan sayang dg semua anak didik beliau. Bahkan malah udah ngenggep lbh dr seorang pengajar, tp ky teman. Teman buat becanda, teman buat curhat, sampai tempat ngutang duit, hehe... Aku tau sekali betapa besar keinginan beliau utk memajukan Palang Merah. Beliau orang yg ga pamrih, benar2 ga mementingkan seberapa byk materi yg beliau peroleh. Kadang kala malah smpai dr dompet beliau sendiri yg keluar utk kepentingan kegiatan PMR ini. Aku sadar betul akan itu. Makanya aku bilang di atas, kl PMR di tempat aku sekolah itu benar2 ga bisa terus bertahan, aku bakal kecewa bgt. Dan kl itu sampe kejadian, yg aku tau, mungkin pelatih kami orang yg paling kecewa diantara semuanya.

Sering bgt byk masalah, mulai pihak sekolah yg sangat membatasi atau bikin peraturan yg ga menguntungkan buat kegiatan ekstrakulikuler ky PMR, anggotanya yg cuma sedikit, yg ngilang, atau ga punya semangat buat aktif, dan msh byk masalah lainnya yg sering muncul, tp 10 thn ini, terbukti PMR di SMP aku ini msh bisa bertahan, msh bisa berprestasi (walau ga di setiap angkatan cemerlang), msh tetap berdiri tegak smp skrg. Apalagi Alhamdulillah, kepsek dan pembina PMR di smp ku skrg jauh lbh peduli dg kegiatan PMR ini, shg jalannya lbh mudah dr thn2 sebelumnya. Ini jd bikin aku optimis, PMRku ini bakal kembali mendapat kejayaannya dulu sbg salah satu PMR madya (tk. SMP) yg sangat diperhitungkan krn prestasinya yg jempolan. Dan aku tau, itu semua, sedikit byk adalah andil dr kegigihan pelatih kami itu dlm mempertahankannya. Kl mau sebernanya bisa saja beliau meninggalkan PMR sklh aku itu, secara beliau adalah salah satu pelatih terbaik di Provinsi ini, dan cukup byk sklh yg ingin mendapat jasa dr beliau. Tp beliau ttp bertahan, PMR di sklh aku ttp di jadikan beliau prioritas. Beliau ttp megang buat ngelatih PMR di SDnya, SMP dan di SMAnya.

Btw, ngomongin SMA aku itu, aku rada kecewa nih. Sklh aku itu satu komplek yayasan yg terdiri Play Grub s.d SMA, dan PMRnya itu dr SD-SMA dilatih oleh pelatih yg sama, ya pelatih ku itu. Dan aku sklh di sana mulai SD-SMA (betah bgt dah gw selama itu sklh di kawasan yg sama.. hehe...). Dan di SMA itu, aku adalah salah satu pendiri PMR disana. Aku angkatan 1 disana. Sblmnya tdk ada PMR disana, tp dg anggota seadanya, kami mendirikan PMR. Sebenarnya, dr aku kls satu SMA, kaka pelatih ku itu udah sering bilang mau nyoba msk melatih di SMA, dan aku sih oke2 aja buat bantuin beliau mendirikan PMR di SMA itu. Tp, pas aku udah kls 2 baru kebentuk. Itu pun kami kudu menangin salah satu lomba PMR tk. Kota dulu di salah satu sklh, baru pihak sklh bener2 niat dukung anak2 didiknya mendirikan PMR. Berbekal kenekatan, kami ikut lomba dg modal anak2 yg punya pengalaman semasa SMP dulu. Syukurnya kaka pelatih di SMP aku itu mau bantu ngelatih. Dan semua itu ga sia2, dr 3 cabang lomba, berhasil jg nyabet juara 3 lomba PK. Yah, maklum, pelatih aku itu kan salah satu dr 2 orang pelatih PK jempolan di kalsel, jd ga heran, anak buah beliau pasti berjaya di lomba PK. Aku satu thn kemudian (pas kls 3) jg sempet nyabet juara 1 lomba PK, seneng jg, diakhir masa2 sklh di SMA bisa ngasih piala ke sklh, hehe....

Kembali ke PMR SMA yg aku bilang, aku kecewa!! Knp, krn kami itu udah susah payah mati2an, biar PMR di SMA terbentuk, tp apa jdnya skrg? Emg sih msh berdiri, msh ada anggotanya, tp ga lebih dr para penggembira. Waktu zaman aku dulu, 10 org dr sklh kami (termasuk aku), beserta puluhan anak PMR kota bjm lainnya ikut serta di jumbara tingkat provinsi mewakili kota bjm dan dr situ, akhirnya 2 orang dr sklh kami terpilih beserta anak2 PMR kalsel pilihan lainnya mewakili provinsi di jumbara tingkat nasional (kl di pramuka sama ky jambore), dan kalsel berhasil nyabet juara 5 se-Indonesia.... Selain itu, dulu kami msh aktif ikut lomba2 PMR di kota bjm, kegiatan jalan trs, pernah ngadain lomba, donor darah, dll, tp skrg? Kynya pada pasif semua tuh. Apa mau dikata, kata pelatihku itu sih, anak2nya pd ga punya semangat. Tp udah lah, smg msh bisa terus berdiri deh, msh bisa trs jalan, biar cuma sekedar latihan doank.. Walau bgmn pun keadaannya, jgn smp bubar..!!

Balik lg ngomingin PMR di SMP aku. Ga kerasa, umur PMR SMP aku ini udah menuju 10 thn. Aku dulu adalah angkatan ke-2, dan skrg udah nyampe angkatan ke-10. Liat para penerus2ku itu, seneng dan bahagia jg. Walau angotanya byk yg petenteng2, cuma kerja cepet dan semangat pas sesi foto-foto, sisanya cuma bbrp yg aktif, tp gpp lah, msh anak2 kls 1-2 soalnya, anak2 yg pengalaman ky anak kls 3 sengaja ga dilibatin, mau UN euy. Dan imbasnya dg para alumni ini, ya ky kemaren, terpaksa kami ikut turun tangan jg bantuin, ikut ngurusin ini itu jg. Tp spt kata temanku (adik klsku) sesama alumni, kita ikhlas kok, apa sih yg nggak demi bantuin kaka pelatih kami yg super the best itu. Yap, ga tega jg liat beliau sibuk ngurusin macem2 sendirian. Yg pasti, kami semua para alumninya, pasti bakal terus dukung semampu kami. Dan terakhir, maju trs PMR @ South Borneo..!! (3am)

0 komentar: