This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

RODA DUA HARAP MINGGIR

Di awali dg judul yg rada ga jelas: "Roda dua harap minggir". Judul diatas bukan maksud menyepelekan atau meremehkan roda dua alias motor, secara aku jg pengguna setia si roda dua, kl ngeremehin roda dua, jgn2 ntar motor aku ngambek lg ga mau dikendarain aku lg, wkwkwk.. (ce'elah, jayus bgt lu!!). Judul diatas cuma menggambarkan sebuah peraturan yg dlm bbrp bulan terakhir di berlakukan kpd motor2 di Bjm, kota tercinta ini. Sebenarnya aku mau numpang ngomel2 di blog, dr pd setiap hari, tiap otw rumah-kampus-rumah, aku ngomel2 sendiri, mending aku puas2in ngomel2nya disini deh, cepe jg ngedumel mulu tiap hari, hihi... Kl ada om, mas, pak, akang atau mamang polisi Bjm yg baca ya syukur, kl ga ya gpp lah, biar buat lahan aku puas2in tumpahin segala hal yg numpuk di kepala aku ini, hoho.... Jd gini ceritanya...

Mulai awal tahun 2010 ini di Bjm mulai disosialisasikan sebuah program utk peraturan lalu lintas dr kepolisian. Kl palangnya labelnya itu: program kanalisasi jalur kiri utk sepeda motor. Nah itu dia yg aku bilang, roda dua harap minggir, minggir ke jalur kiri maksudnya... Jd yg ngerasa roda dua, kudu harus jalan di jalur sebelah kiri, ga boleh nyampur sama si roda 4 di jalur kanan kecuali mau nyebelah alias mutar ke jln sebelah. Program ini awalnya cuma di berlakukan di jln A.Yani km 2,5- km 3,5, jalur arah luar kota. Jd disepanjang jalan sejauh 1 km itu dibagi 2, jalur buat roda 2 sama jalur buat roda 4, dan sebagai tanda pembatas di jeretin palang2 orange yg bentuk kerucut. Tp sebulan terakhir, jalur ke arah kota jg diberlakukan hal yg sama. Motor kudu make jalur kiri. Dan kl polisinya rajin, ada yg tugas ngejaga biar motor2 pd nurut ngambil jalur kiri semua.

Aku sih bukannya ga ngedukung program ini. Aku tau itu maksudnya pasti jg buat kebaikan, keamanan dan kelancaran lalu lintas. Jalurnya dipisahin gitu biar kendaraan roda dua yg sudah super semerawut itu bisa lbh teratur. Mungkin dg begitu, tingkat kecelakaan bisa ditekan. Tp.... Kl aku boleh komentar ya... Andaikan program ini mau di patenkan (eh emg hak cipta pake dipatenin?!), maksudnya mau dijabanin tak sekedar di 1 km itu aja, tp dipanjangin jd 10 km mungkin, atau dilakukan utk sepanjang jalan di seluruh kota, aku harap hal2 yg bikin aku kesel ini benar2 diperhatikan dan ditangani. Hal2 itu yaitu:

Pertama, jalan di lajur kiri ya dimulusin donk. Jgn ky skrg, lubak (lubang) dimana2, byk gundukan krn ada tutup lubang gorong2 atau selokan, jalan ga rata, dll, dst, dsb. Kan bisa membahayakan pengguna jalan toh? Kl orang hamil lewat, bisa2 lgsg keguguran tuh, hihi... Jd, tolong di bikin senyaman dan semulus jalur tengah/mobil lah... Sebenarnya motor itu pd dasarnya lbh cenderung ngambil jalur kiri semua kok, tp krn alasan inilah motor kadang lbh suka ngambil jalur kanan, ga byk hambatan dan ga byk lubang!

Kedua, kl bisa dilebarin dikitlah lebar jalur kiri. Kan tuh lebarnya cuma sekitar 2,5-3 meter, yah buat kenyamanan pengguna motor, lbh enaknya itu 5 meter. Jd lbh luwes bergeraknya. Ini udah sempit, ada palang pembatas lg. Kan ribet ngindar2 pembatas jalur itu. Blm lg kl ada mobil yg ikut nimbrung di jalur kiri, wah bakal lelet nih jalannya. Trus jg kl udah ada beca, gerobak sama motor yg jalannya lambat jejer semua. Wah, ini yg paling bikin aku kesel nih! Ga bisa jalan cepet! Kl di bebas pembagian jalur, aku msh bisa ngebut jalan 40-70 km/jam (maklumlah, msh saudaraan sama rossi, doyan ngebut, hihi..) tp kl sdh di jalur kiri gini, wah... jalannya cuma bisa kisaran 20-40 km/jam. Kl lg ngejar jam msk biar ga telat, jd ribet nih ceritanya. Tp, yg ini agak susah sih, secara kl dilebarin jalur kiri, jalur buat roda4 yg jd korban. Yg skrg aja muat 2 jalur mobil udah pas2an, apalgi di sempitin, bisa ikut2an kau pd protes, hehe...

Ketiga, kl ga bisa lebarin jalur kiri, bebasin bahu jalan dr yg namanya tempat parkir dan pedagang kaki lima! Ini rada sama tingkat kekesalan dg alasan kedua. Lebar jalur kiri itukan cuma sekitar 2,5 - 3meter, kl ada mobil parkir di bahu jalan atau pedagang, berarti makan tempat, dan berarti jalur kiri yg udah sempit itu jd makin sempit. Jalan motor jg terpaksa harus lbh hati2, kl ga bisa keserempet mobil orang atau keserunduk dagangan orang. Kl ky gitu, bisa tekor bandar buat ganti rugi, hoho... Dan pd akhirnya ini mengakibatkan ga lancarnya alur lalu lintas. Kl ga lancar, berarti aku ga bisa ngebut! Hihi... Mungkin inilah alasan knp walau udah ada aturan motor hrs lewat jalur kiri, tp aku kl ga ada polisi msh suka msk jalur kanan. Ya iyalah, lbh mulus, dan bisa ngebut semaunya, dr pd ngikut jalur kiri yg lelet bgt, hoho...

Dan terakhir, ga usah pake pembatas! Ribet tuh buat ngindarinnya. Perlu kehati2an dan tingkat kewaspadaan ekstra tuh biar ga nyenggol tuh pembatas. Mobil2 jg kynya rada susah jg gara2 ada pembatas itu. Spt saat mau menghindari deretan mobil yg mau muter di sebelah kanan, berarti hrs ngambil jalur lbh kekiri, dan krn ada pembatas itu terkadang jd ga bisa krn kl dipaksain bakal nabrak tuh pembatas. Kl mau belok ke kiri atau menepi jg mobil kadang mengalami kesulitan krn hrs nerobos jalur padat kendaraan di jalur kiri. Beda masalahnya kl ga ada pembatas, tanpa perlu takut nabrak pembatas bisa lbh leluasa ngambil jalur manapun. Tp, kl ga pake pembatas, berarti ga ada tanda lgsg kl jalan telah dibagi jd jalur kiri jalur kanan donk. Berarti motor bebas ngambil jalur semaunya, haha... Jd serba salah...

Yah, mungkin ini aja deh. Puas udah ngomel2nya, hehe.... Pada intinya, aku cuma mau ngungkapin uneg2 aku sbg pengguna setia jalan raya. Aku tau, pasti mas2 polisi dan pemerintah kota udah tau hambatan2 ini. Jd, kl udah pd ngerti dan sadar, ya wes lah lbh diperhatikan. Kan buat kenyamanan semuanya jg. Kan orang2 kdg suka ngelanggar aturan krn buat matuhin aturan itu suka bikin ribet. Jd, jgn lah bikin ini jd nyusahin dan ribet. Kl semua gampang dan bikin nyaman, ya masyarakat bakal dg senang hati kok mematuhinya. Hoho.... Pokoknya, maju trs anak Indonesia! *ga nyambung, wkwkw*. Wassalam... (3am)

0 komentar: