This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

BIG FOUR of Idola Cilik 3

Mau nulis apaan ya? Bingung... Post bln ini blm menuhin target, hehe... Yah, balik lg deh, nulis ttg IC, tontonan yg sudah sukses selama 2 thn terakhir ini jd obat mujarab aku kl lg sress. Hehe... Cekidot....

Ga kerasa, skrg IC3 udah nembus 4 besar. Perasaan ky baru minggu kemaren nulis ttg profil 14 besar IC3, mulai ngenalin mrk dr nama lengkap, TTL, alamat, fansite, smp koment ga jelas aku itu, hehe... Eh, skrg tau-tau udah nulis ttg 4 besar aja. Ky, cepet bener... Hehe... Oke, skrg aku mau bahas lg perjalanan IC smp dg 4 bsr ini. Selama pentas IC3 ini bergulir, aku liat2, konsep acara IC3 terasa lbh berbobot dr IC sebelumnya. Msh ada canda2annya, tp jg byk di kasih sesuatu yg bermanfaat dan mendidik bagi anak2 yg nonton, spt menghadirkan anak2 yg punya kekurangan tp msh bisa berprestasi. Trus jg ada anak2 yg dikasih cobaan, mendapat penyakit parah, tp mrk msh bisa trs semangat utk hidup, belajar, berprestasi dan segala hal utk memberikan yg terbaik utk orang2 sekitarnya. Selain itu jg sering dihadirkan anak2 Indonesia berbakat lainnya dr berbagai bidang, serta hal2 lainnya yg dapat menginspirasi para penonton utk mengikuti nilai2 positif yg di tunjukan semua anak atau penampil itu. I like this.

Kembali lg kita ke kontestan IC3. Selama pentas berlangsung 2,5 bln ini, satu per satu kontestan telah tersisih. Mulai dr Rizky di 14 besar, dan trs menyusul Keke, Zevana, Ray, Deva, Olivia, Daud, Dea, Nyopon, dan terakhir hari minggu kemaren, di 5 besar ada Ozy dr makasar yg hrs out. Yah, aku sih cukup menyayangkan ozy. Di 5 besar, aku akui dia kontestan yg paling khas dan paling enak diliat krn dia luwes bgt koreo dan pengusaan panggungnya. Setiap penampilannya, aku rasa benar2 terasa lepas shg penonton yg nonton jd benar2 bisa terhibur, ikut merasakan keceriaan dia. Tp, udah lah, mungkin blm rezekinya ozy. Smg selepas pentas IC ini ozy nisa trs berkembang dan eksis (amin!). Tenang aja para freenzy, 5 besar ditangan, insyaallah ozy ga bakal tersisihkan kok selepas pentas IC di pentas hiburan tanah air. Setidaknya, wajah ozy udah dapat jatah jd cover depan album IC3 nanti bersama anak2 di 5 besar lainnya, hehe... Nah, skrg, spt yg udah diketahui, 4 besar IC3 menyisakan 4 kontestan dr 4 daerah berbeda. Ada Nova dari Medan, Lintar dari Padang, Alvin dari Malang, dan Rio dari Manado. Apa kualitas mrk semua memuaskan dan memenuhi standar? Ya, coba kita utak-atik dikit ttg mrk lg. Kita coba telusuri kualitas mrk, dr sudut pandang yg jelas bukan dr yg ngerti musik apalagi seorang pengamat musik, tp cuma dr teropong seorang penikmat dr acara IC ini. Bisa dibilang, ini cuma lbh ke opini pribadi aku aja, jd kl ada yg kurang berkenan, tolong jgn dimasukin hati, hoho...

First, aku mau bahas Alvin. Wah, aku cukup tertarik ngebahas kontestan yg satu ini. Bukan krn tampangnya yg keren itu, tp krn sepak terjang, kemajuan yg udah dia tunjukin ke semua orang. Di post aku di profil 14 besar yg lalu aku bilang aku ga suka Alvin krn dia ga punya semangat dan kemauan. Tp aku senang, alvin mampu merubah itu semua. Alvin yg aku liat dulu adalah alvin yg cuek bgt, ga punya semangat/kemauan berkompetisi, kurang PD dan suka ga nyampe kl ngambil nada tinggi krn selalu ragu kl nembak nada. Tp, Alvin yg aku liat skrg, bener2 Alvin yg lbh berbeda. Alvin yg lbh bersemangat utk bersaing, alvin yg lbh punya keinginan utk memperbaiki kualitas nyanyinya, mau belajar lebih, nyoba2 hal baru spt berimprove ria, alvin yg yakin kl ngambil nada tinggi (jd nyampe), dan alvin yg bener2 ngeluarin aura bintangnya, ga ky dulu, senyum aja pelit, hehe.... Walau kadang saat bernyanyi msh suka goyang2 di ujung2 nada, tp overall menurut aku, Alvin salah satu kontestan IC3 yg nunjukin kemajuan yg pesat. Apalagi mulai penampilannya sekitar 7-8 besar, stlh deva dan ray sahabat2nya di IC3 tersisih, kynya mulai itu dia yg keliatan perubahannya, mulai tancap gas pol-polan, hoho..... Dan, satu yg aku suka dr alvin... Nge-rapnya keren, hehe... Ttg posisi Alvin di 4 besar?? Ya, kl dia bisa konsisten tampil luar biasa sih, smp GF jg ya ga masalah... Hoho...

Next, kita bahas Lintar. Wah, kontestan yg satu ini rada bikin pro kontra nih gara2 cerita sedihnya. Krn cerita plus2nya itu, lintar sering digadang2 buat jd the next Idola Cilik, menyusul 2 seniornya Kiki dan Debo. Iya sih, kl liat dr juara IC terdahulu, Lintar punya kesamaan yaitu kontestan yg selain berpotensi dan berbakat, dia jg punya cerita menarik. Kontestan yg berasal dr kalangan yg layak dibantu di angkat derajat hidupnya jd lbh baik. Tp, yah kl emg spt itu, ga ada yg salah jg toh? Bukan mrk yg milih utk berada dlm posisi spt itu. Yg jelas, aku cuma mau nekanin, andaikan Lintar emg nantinya juara, itu semua emg krn kerja keas dan kualitas dia, bukan krn cerita sedihnya itu. Kan, diluar itu semua, Lintar ttp kontestan yg punya kualitas jempolan. Dibanding kontestan lainnya di 4 bsr, dia punya keunggulan di penghayatan dan permainan emosinya saat membawakan lagu yg sangat mengena. Aku suka ini. Setidaknya kl dia nyanyi lagu slow, buat aku, klimaks lagu dia benar2 megang. Teriakannya saat menembak nada tinggi, permainan emosi, bahasa tubuh smp penghayatannya, bikin kita yg nonton bener2 dapet feel lagu itu. Nonjok abis lah, kerasa bgt di hati, hehe... Tp, kurangnya Lintar, harus diakui, dia tdk cukup konsisten dg penampilan memukaunya itu. Apalagi kl dapat lagu ngebeat, walau msh bisa, tp dia emg msh kurang mengusai. Tp, walau begitu, dg kualitasnya skrg, Lintar ttp menjadi salah satu kontestan IC3 yg layak menempati posisi di 4 bsr ini, bahkan utk posisi yg lbh tinggi, di 3 besar, bahkan GF.

Lanjut lagi, Rio. Wah, ini sih dr awal audisi udah jd fav aku, hehe... Semua pasti setuju suara lembut rio sering bgt menghipnotis pendengarnya. Improvisasinya dan kemampuannya mengolah nada2, bisa dibilang paling oke dibanding 3 temannya yg lainnya. Itu salah satu kelebihan rio selain kemampuannya menguasai berbagai macam lagu mulai dr yg slow smp yg upbeat dg koreo yg lincah. Kurangnya rio? Mm... Mungkin cuma dr segi penghayatan, dan ekspresi. Kl aku ngerasanya ya, rio emg selalu nyanyi dr hati. Tp entah knp gitu, aku jarang ngerasa emosi dia dlm bernyanyi itu nyampe. Ky nanggung gitu kesannya. Semriwing di hati, tp ga nonjok. Apalagi utk klimaks lagu. Jujur aku, lbh suka gaya Lintar dlm nembak nadanya di bag klimaks lagu. Emg bener, gaya rio ya dg falset2nya itu, bukan ky Lintar yg lbh sering pake head voice. Kl rio cara nyanyinya ky gitu jg aku ga demen jg. Ky penampilannya di bbrp minggu terakhir yg kynya suara lembutnya agak menghilang. Yg aku harapin sih, rio ttp pertahanin ciri khas dia dg kelembutan suaranya itu, tp kl dia bisa ngasih kejutan tembakan, teriakan yg menohok hati di klimaks lagu, kynya itu bakal lbh oke, lbh dapet feelnya. Yah, just my opinion.

Balik lg ke perjalanan Rio smp 4 bsr ini. Byk bilang penampilan rio akhir2 ini mulai menurun. Sekitar 8 besar kynya penampilannya yg mulai agak menurun. Bisa dibilang rada berkebalikan sama Alvin. Yah, emg setiap kontestan pasti mengalami pasang surut. Mungkin rio sedang mengalami masa2 sulit ini. Kabar yg beredar sih, penampilan rio menurun krn ada bbrp gosip miring yg beredar ttg rio shg sempat membuat rio down. Kemudian jg kesehatannya yg mulai menurun jg. Tp, kl munurutku, ada satu faktor lg yg mungkin membuat sebagian orang menilai rio tampil mengecewakan. Yaitu faktor pengharapan yg terlalu besar / berlebihan. Bisa dibilang sejak awal kemunculannya, rio emg sdh hadir dg segala kualitas unggulannya. Ibaratnya kata om duta, rio itu kelas akselerasi. Jd, kl mau di ibaratkan lg. Standar nilai penampilan rio di mata pemirsa itu dr awal emg udah tinggi. Kita misalkan saja, standar nilai dia itu 9. Dan ketika penampilannya mengalami penurunan sedikit, misalnya mjd 8,5 , maka orang2 jd beranggapan, dia jd jelek krn menurun. Padahal dg 8,5 nya itu, dia msh bagus, walau itu dibawah standar dia. Berbeda mungkin dg yg lain, yg standarnya cuma 8, dan saat dia mendapat 8,5 (nilai yg sama), maka itu akan jd suatu yg wah dimata pemirsa. Itu pandangan dr aku. Tp secara keseluruhan, rio ttp salah satu kontestan yg sangat layak utk menempati 4 bsr, bahkan smp ke GF.

Terakhir kita bahas ttg cewe satu2nya yg tersisa, Nova. Kl opini aku waktu nulis profil 14 besar 2 bulan yg lalu, aku bilang Nova anak yg punya suara powerfull dg pencapaian nada tinggi yg oke. Skrg? Ya tetap ga berubah. Malahan makin kesini, makin dahsyad aja. Nada2 tinggi yg susah sih, bakal di lahap abis sama ni bocah. Lengkingan suara tingginya itu lho, makyus bgt! Hrs ku akui, Nova adalah salah satu kontestan yg mengalami paling byk peningkatan. Setidaknya dia udah berhasil bikin aku yg awalnya kurang demen, jd bisa suka bgt. Hehe... Yah, memang sih, blm bisa ngalahin rasa demen aku ke anak2 IC fav aku terdahulu, tp kl skrg aku nilai, Nova layak utk masuk ke 4 besar. Wild card satu2nya yg dikeluarkan di 5 besar utk nyelamatin dia jg, pantaslah keluar utk nyelamatin anak sekualitas dia.

Ngomongin wild card (WC), aku mau ngebahas ttg ini dikit. Sejak di ketahui kl di IC3 ada sistem baru yaitu pemberian hak veto ke para komentator utk bisa nyelamatin salah satu kontestan yg tersisih / Tinggal Kelas (TK), muncul bbrp spekulasi dr byk orang, khususnya di dunia maya ini. Yg jd question utama yaitu: 'apa tujuan dr wildcard ini?'. Aku sempet punya bbrp pikiran dulu ttg adanya wild card ini. Pertama, mungkin emg krn murni bertujuan buat antisipasi biar 1 org yg dianggap komentator ga pantes TK, msh bisa diselamatkan. Kedua, mungkin biar seru, beda dr yg dulu shg rating acara bisa naik. Dan terakhir, perkiraan ketiga adalah, mungkin WC ini buat meredam isu alias gosip yg beredar selama ini (dr ic 2-3), kl di IC itu selama ini ada 'permainan' dlm poling SMS (bahkan smp main katrol2an). Jd, kl ada WC gini, kesan yg terbentuk adalah poling SMS itu emang murni 100%, dan yg TK itu emg benar2 rendah SMSnya. Kan logikanya, buat apa menghadirkan wildcard kl bisa di main2in poling SMSnya, knp ga lgsg aja diotak-atik dr pd ribet2 pake wildcard segala?

Pendapat2 di atas itu cuma sebagian opini, isu2 yg berkembang di komunitas penonton setia IC. Yg jelas, WC sempat jd bahan diskusi cukup panas jg. Apalagi di saat pentas berjalan, WC tidak digunakan saat ada kontestan yg bagus TK. Yg jelas hal ini pastinya bikin kesel pendukung masing2 kontestan yg ngerasa fav.nya tampil bagus dan layak mendapat WC. Orang2 mulai bertanya2, "sebenarnya komentator nungguin siapa sih yg TK baru mau ngeluarin WC?". Prediksi pertama yg berkembang adalah buat nyelamatin salah satu kontestan cewe yg jumlahnya semakin sedikit itu. Tp ini jd terbantahkan saat Dea, kontestan yg bagus dan sering memukau, tp ttp saja tak mendapat WC. Lalu muncul prediksi kedua, 'apa komentator nyimpen WC buat 2 kontestan yg di gadang2 jd grandfinalis?'. Dan sampai akhirnya di 5 besar, saat WC akhirnya keluar buat Nova, pertanyaan2 itu terjawabkan, tetapi sebuah isu mulai merebak. Poling SMS yg msk selama ini udah di manipulasi, posisi anak2 IC udah diatur, dan WC ada hanya agar pengerukkan keuntungan SMS selama 1 minggu lbh banyak. Belief it? Wah, kl ini bener, berarti ada pembohongan public nih... Tp, kl ini isu ga bener, berarti ada pihak yg di cemarkan nama baiknya.

Kl anda orang yg doyan selancar sana sini di antara komunitas pencinta IC, baik itu di ning.com (mulai dr ICLovers, atau fansite2 tiap kontestan), atau di grub2 IC di FB, atau suka ngobrol bareng fans IC lainnya di twitter, pasti udah tau dan sering bgt dengar ttg berbagai gosip2 miring ttg penyelenggaraan acara ini. (kl blm tau, silahkan kunjungi IC Lovers atau salah satu fansite tsb). Aku sih, ga bilang mana yg bener, mana yg salah. Aku jg cuma orang awam yg cuma bisa denger kabar tanpa bisa bertindak meneliti kebenaran yg sebenarnya terjadi. Pendapat aku sih, jgn mudah percaya sama isu spt ini. Walau mungkin saja itu benar, tp tetap kita ga boleh ngejudge tanpa bukti yg kuat. Mungkin saja isu ini merebak utk ngejatuhin semangat juang salah satu kontestan IC tsb, sekaligus ngejatuhin poling SMSnya jg. Dan, mungkin jg isu ini merebak utk ngejatuhin yg punya acara. Krn menurut aku pribadi, IC adalah acara yg di garap dg profesional, di buat oleh orang2 yg profesional jg, di promotori oleh sebuah Tv swasta yg punya nama besar di Indonesia. Rasanya terlalu picik utk sebuah pertelevisian yg katanya terbaik di Indonesia, smp bertindak tak bermoral, membodohi bahkan menipu masyarakat terutama anak2, hanya utk mengeruk materi. Allahualam... Hanya Allah yg tau segala kebenaran yg terjadi. Kita sbg penonton awam ini sih cuma bisa menerka2. Jd, ini semua kembali ke kepercayaan masing2 aja.

Kl aku sih, mau bener, mau nggak, ya ga masalah, krn dr dulu aku emg ga pernah mau dukung ngirim SMS buat ginian. Bukannya ga ngedukung fav aku, tp menurut aku, ada cara lain yg lbh baik utk men-support fav kita. Buat aku, mau berapa pun posisi kontestan fav kita selama pentas IC, aku yakin, kl kita percaya kl fav kita bener2 punya kualitas, mrk bakal trs eksis di belantika dunia hiburan tanah air. Aku udah pernah bahas ttg hal ini thn lalu (klik link berikut utk baca: IC Kelar, Kualitas yg Bicara). Yg benar2 berkualitas, dan mempunyai daya jual tinggi, pasti bisa berjaya. Setidaknya anak2 IC sebelumnya udah buktiin itu. So, percaya atau tidak, yg jelas, IC tetap acara yg jd tontonan fav aku. IC tetap sebuah wadah yg udah berhasil menemukan bibit unggul dr anak Indonesia berbakat. Dan anak2 itu perlu dukungan dr kita semua, apapun bentuknya itu. So, dukung trs anak2 berbakat itu, karena they are is a future. Mrk masa depan Indonesia. Jd, Maju trs anak Indonesia! (3am)

0 komentar: