This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

Andai Ada Sekolah Yang....

Beberapa waktu yang lalu, pernah baca sebuah catatan di Facebook guru SMA aku dulu. Catatan itu berjudul "Suatu Hari Nanti...". Sedikit aku kutipkan sebagian isi tulisan itu...

"Suatu hari nanti kita akan membangun sekolah untuk anak-anak dari golongan sisa-sisa yang ditolak oleh lingkungannya oleh berbagai alasan. Mungkin karena kenakalannya, mungkin karena kedunguannya yang luar biasa, mungkin karena kemiskinannya, mungkin karena apa saja yang distigmakan kepadanya.

Suatu hari nanti, kita akan membangun sebuah sekolah untuk anak-anak itu, sebagai upaya kita untuk membawa mereka pulang kepada kesempurnaan mereka. Kesempurnaan yang tlah di hembuskan oleh Dia Yang Maha Sempurna. Di sekolah itu, semogalah mereka tumbuh dalam kegembiraan sejati seorang anak. Sekolah yang memungkinkan mereka untuk menjadi kegembiraan bagi semesta, kebahagiaan bagi langit dan bumi."

-------------------------------------------------------------------------------------

Baca tulisan ini, aku tak tau pasti apa maksud di balik tulisan ini. Mungkin memang tulisan akan sebuah keinginan, sebuah impian untuk membangun sebuah sekolah yang di peruntukkan anak-anak "golongan sisa". Mungkin juga sebuah keinginan untuk bisa selalu mendidik setiap anak seperti layaknya seorang orangtua yang akan selalu mendidik anaknya sepenuh jiwa, bagaimana pun keadaan anaknya. Atau mungkin dengan maksud lain....

Tp yg jelas, sesaat setelah aku membaca tulisan ini, seketika aku jd teringat dengan sebuah angan-anganku dulu waktu zaman SMA dulu. Agak aneh dan agak mengada-ngada sebenarnya. Dulu sempet mikir, ada ga ya sekolah yg berkualitas bagus, penuh dengan berprestasi, tp hanya merima murid-murid barunya bukan berdasarkan nilainya. Dalam artian, sekolah itu ga nerima siswa yg terbaik, tapi malah nerima siswa-siswa yg biasa saja bahkan yg bermasalah. Agak aneh emang pikiran itu, hehe.... Kl di pikir-pikir, pikiranku memang agak mengada-ngada. Mana ada sekolah yg hanya mau nerima murid paling bobrok. Ini realita yang ada. Pasti berebut untuk mendapatkan yg terbaik. Siapa juga yg lebih milih ngajar siswa-siswa yg bandel-bandel di banding yang manis-manis? Andai ada, mungkin itu sedikit sekali....

Tetapi, kl begitu sistemnya, yg terbaik bakal dapetin yg terbaik. Yang tak mampu memberikan yang terbaik, jangan terlalu berharap mendapat yang terbaik juga. 'Apa yang engkau tanam, itu pula yang akan engkau petik nanti'. Yah, memang begitu hukum alam bertindak. Memang begitu yg adil. Tp kl yg terburuk selalu dapat yg terburuk, tak pernah di berikan kesempatan mendapat yg baik jg, bagaimana bisa berubah jadi yg terbaik. Mungkin hanya faktor X dan kuasa Tuhan yg bisa mengantarkan menjadi seperti itu...

Btw, woii..!! 3am!!, Knp bisa kepikiran hal seperti ini sih?? Hufftt... *menghela nafas berat* Jujur aku dulu sempat merasa jadi seorang murid yg gagal. Aku emang bukan murid yg berprestasi. Cuma seorang murid yg selalu berusaha jadi siswa yg rajin dan ga byk bikin masalah. Sebandel-bandelnya aku, cuma sebatas sering telat, kerja sama saat ujian, lupa ngerjain PR, ngobrol dan main-main saat belajar, atau kenakalan-kenakalan kecil anak-anak pada umumnya... Ga sampai berantemlah, krn aku emg ga suka cari ribut (phlegmatis bgt). Kl bolos? Ga juga... Absen ku kl mau di hitung-hitung, dari SD sampai SMA mungkin msh bisa di hitung pake jari aku pernah absen (termasuk izin sakit). Trus knp jd sempet merasa gagal? Mungkin krn nilai hasil UN SMP ku dulu yg rada hancur. Ga hancur amat sih, setidaknya msh bisa membawa aku dg kata yg namanya LULUS. Tp nilai itu ga mampu membuat aku bisa masuk sekolah-sekolah negeri favorite. Rata-ratanya emang rada jongkok. Parahnya lagi nilai mtk aku hancur bgt. Padahal itu yg dulu bobotnya paling tinggi. Ini yg membuat bobot total nilai UN aku pas-pasan bgt buat di ajak battle sama nilai bobot ribuan anak yg bersaing daftar msk SMA. Yah.. Kecewa sih... Kecewa krn ga bisa masuk SMA negeri favorite... Kecewa ga bisa bikin ortu bangga... Kecewa sama diri sendiri...

Bisa dibilang saat-saat proses pencarian sekolah ke jenjang SMA agak bikin aku gondok. Dulu itu, aku daftar di 2 SMA negeri favorite. Sampai hari terakhir pendaftaran, aku msh masuk data base di kedua sekolah itu. Tiga jam sebelum penutupan pendaftaran, nama ku msh masuk. Tp naasnya, gara-gara daftar sementara pendaftar tiap sekolah bisa di liat di setiap sekolah, byk anak (yg udah positif ga keterima di sekolah lain tp nilainya lebih tinggi dari ku) yg sebenarnya ga daftar di sana, jadi cabut berkas di sekolah sebelumnya, dan masukin pendaftaran di sekolah inceran aku di saat-saat terakhir sebelum penutupan pendaftaran. Inilah yg bikin aku harus rela out dari daftar siswa yg msk ke sekolah itu di saat-saat terakhir. Dan akhirnya, dengan berat hati sampai saat itu, aku belum terdaftar di sekolah manapun. Apes?? Apes banget... Krn hasil ga maksimal, aku ga dapet yg terbaik. Salah siapa? Salah aku sih... :(

Syukurnya orang tua aku termasuk yg cukup berada. Jdlah aku kembali masuk sekolah swasta (lagi), yg msh satu yayasan dg SMP dan SD aku dulu, yg jelas kualitasnya aku tahu, walau tdk begitu tenar dan favorite, tp disana cukup terjamin. Yah, aku lebih milih sekolah di sana yg kualitasnya lbh terjamin, dari pada daftar di sekolah negeri pinggiran, yg selain jauh dari rumah, lingkungannya jg aku blm tau pasti terjamin atau tidak. Setidaknya ortu aku lebih bisa tenang nitipin aku di sekolah swasta yg berbasis Islam itu. Apa pada akhirnya nyesel? Ga muna sih, pasti ada rasa sesal, tp ga terlalu di dramatisir lah... Yg pertama krn aku emg niat balik ke yayasan sekolah itu lg kl aku gagal ke terima di SMA negeri favorite. Yg kedua krn aku percaya ini yg terbaik utk saat itu. Percaya kalau segala hal yg kita jalanin itu udah di atur sama yg diatas. Pasti ada hikmah di balik segala peristiwa kan?

Huhh... Itulah masa lalu aku yg rada pahit. Tp alhamdulillah, waktu SMA setidaknya aku msh bisa merasakan kebahagiaan sebagai anak putih abu-abu. Aku msh bisa balas dendam dalam hal pelajaran. UN aku bagus, dan bisa nganterin aku msk universitas NEGERI (akhirnya setelah dari kls 4 SD sekolah di swasta, ngerasain jg sekolah di negeri, hihi...). Termasuk kpd yg namanya matematika. Yap, Matematika. Dulu aku emang rada payah sama pelajaran yg satu ini. Walau ga sepayah pelajaran bahasa inggris (yg ini sampai skrg jg parah bgt, hehe...). Waktu SD mtk aku rumayan bagus. Tp waktu SMP, Matematika yg bikin UN SMP aku hancur bgt. Tp, setidaknya di mulai SMA aku kembali suka dg pelajaran yg satu ini. Krn salah satu guru aku itu tuh... Walau beliau udah diberhentikan dari sekolah aku dulu 1 tahun stlh aku lulus gara-gara sedikit kelakuan minus beliau, tp aku tetap bilang, beliau salah satu guru terbaik yg pernah aku temui. Beliau yg bikin tampang garang matematika di pikiranku, jd tampak jinak di otak ku... Luv u full deh pak, hehe....

Kembali ke topic paling atas. Krn hal-hal di atas itulah, mungkin yg membuat aku kepikiran hal ini. Aku cuma mikir, kl buat yg mampu, mungkin bisa ngambil jalan lain ky aku. Tp kl ga? Apa hanya bisa pasrah menerima menjadi yg terpinggirkan? (Jd ingat film Laskar Pelangi...). Emang sih, sekolah itu mau di mana pun sama aja, yg penting siswanya punya keinginan belajar buat maju. Tapi kita juga perlu dorongan positif dari luar juga kan? Lingkungan jg sangat mempengaruhi itu kan? Seperti seorang anak yg nakal. Aku yakin tiap sekolah pasti ada anak yg nakal. Eh, aku sih lebih suka pake kata 'super aktif' drpd nakal. Di lingkungan yg mendukung dia, ke'super aktif'annya itu akan tersalurkan ke hal-hal yg positif. Tp dikala bertemu lingkungan yg negatif, maka makin menjadi-jadilah kebandelannya itu. Ku rasa, kembali lingkungan dan orang dewasa yg mempengaruhi sikap seorang anak. Dg otaknya yg pas-pasan atau kelakuan agak minus, tp tdk di motivasi dg benar dan di dukung lingkungan yg kurang kondusif, apa msh bisa jamin dg keoptimalan hasilnya?

Yah, mungkin apa yg aku tulis ini hanya omongan kosong belaka. Mungkin byk salahnya dari pada benernya (maaf kl ada kata-kata yg salah..). Aku emang ga tau gmn susahnya jadi pengajar (jd sampe ngarepin ada guru yg mau ngajar anak-anak 'golongan sisa', hehe...). Tp aku mungkin bisa ngerti perasaan jadi anak yg tersisihkan. Harapan seperti apa yg di tulis di catatan FB guru aku itu, mungkin bukan suatu yg mengada-ngada. Begitu jg mungkin dg angan-anganku dulu. Itu semua hanya sebuah impian dari sebuah harapan utk kesetaraan kualitas dan kesempatan bagi semua anak, bagaimana pun keadaannya, bagaimanapun kondisinya. Apa mungkin ini terjadi? Semoga suatu saat nanti impian ini terkabul.... (3am)

0 komentar: