This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

Tragedi Rantai Motor di Pagi Jumat

Gara-gara kejadian sesuatu di pagi hari tadi, jadi pengen nulis tentang hal ini di blog. Bukan suatu yang perlu dibesar-besarkan sih, cuman mau cerita aja. Rada ga penting malah, hehe... Tp gpp lah. Sekalian buat ngisi blog ini yang udah seminggu ini ga ngepost apa-apa, hehe....

Pagi tadi, seperti biasa pergi kuliah naik motor. Dan dasar kebiasaan, sukanya berangkat mepet-mepet waktu masuk kuliah banget, hehe.... Alhasil, seperti biasa juga, bawa motor rada ngebut. Tp cerita belum di mulai disini. Cerita dimulai ketika di pertengahan perjalanan 9 km antara rumah dan kampus, aku mulai ngerasa ada yang ga beres dengan rantai motor. Sebenarnya udah dari kemaren-kemaren aku tau kalo rantai motorku itu longgar. Kalo jalan suka bunyi 'kretak kretak' kalo motor aku pacu rada ngebut. Dan sebenarnya, udah dari kemaren juga mau bawa ke bengkel buat di kencangin. Tapi maklum lah, pelupa, dan akhirnya ga kebawa-bawa jg ke bengkel. Saat itu aku jalanin motor rumayan kenceng, dan bunyi itu muncul lagi. aku langsung mikir, "wahh... Beneran longgar banget nih... Bahaya nih kalo sampe putus". Karena takut rantainya lepas atau bahkan putus, aku pelanin motor aku. Karena kalo sampai lepas apalagi putus, terancam telat masuk kuliah nih... Kalo lepas atau putus harus bawa kebengkel donk. Wah, pulsa cukup ga ya buat hubungin temen2 di kampus buat ngasih tau kl telat. Trus kepikiran duit di dompet. Seingat aku di dompet duit ga nyampe 30 ribu, kalo sampe putus, ga bakal cukup tuh. Wah, kl gini jangan sampe kejadian deh...

Sekian kilo berikutnya, jalan motor masih terkendali. Sampailah aku di sebuah lampu merah yang mengarah ke sebuah jalan panjang di depan mesjid Sabilal (kalo orang banjar pasti tau dengan mesjid terbesar di Bjm ini). Dan dasar kelakuan udah kaya Valentino Rossi, ga bisa liat jalan lurus dan rada lempeng, pas lampu udah ijo, kaya biasa, aku langsung tancap gas pol-polan. Apalagi jam udah hampir nunjukin 8.30. Kalo lewat dari 8.30, aku ga bakal diijinin masuk sama dosen. Dan tragedi itu terjadi di sini. Lagi asyik-asyiknya macu kendaraan (ga kenceng banget sih, krn byk kendaraan lain), kemudian tiba-tiba ada bunyi 'kletak' di roda belakang aku, dan selang sekian sekon kemudian mulailah motor yang aku bawa oleng sana sini, udah kaya orang balapan motor yang ban belakangnya slip dan mengeluarkan bunyi Citt... Citt... Cittt... dari roda belakang. Untung motor masih bisa di kendalikan, dan akhirnya berhenti total hampir di tengah jalan. Pas nengok kebelakang, ya ampun... Rantainya putus! Ah, kenapa firasat buruk aku jadi beneran kejadian sih?

Petaka ini belum berakhir. Rantai kendaraan itu ternyata nyangkut di gigi roda belakang motor (apa namanya ya?), sehingga roda belakang motor sama sekali ga bisa di jalanin. Waduh, gmn nih? Masa di biarin di tengah jalan gini? Beberapa waktu kemudian, di tengah kebingungan aku, datang 2 orang bapak-bapak yg kebetulan lagi lari pagi di sekitar sana. Terima kasih Tuhan... Ternyata masih ada orang baik yg mau nolongin orang yg sama sekali ga ngerti masalah perbengkelan gini... Bapak-bapak itu yg akhirnya mau bantuin lepasin rantai biar roda belakang aku bisa jalan. Tp, berhubung bapak-bapak itu udah rumayan tua, ga kuat buat ngelepas baut gigi. Akhirnya si bapak ngasih saran buat ninggalin kendaraan di sana, dan nyari montir. 'waduh.. Nyari montir dmn nih?' saking bingungnya jadi garuk-garuk sendiri. Mau minta bantuan, sama siapa? Otak aku bener buntu tuh.. Mau nelpon rumah, jauh banget. Mau nelpon temen-temen kampus, pasti udah masuk semua, lagian juga msh jauh dari kampus. Tapi kemudian terbersit mau minta tolong sama satpam di SMP aku dulu. Kebetulan tempat tragedi itu tepat di samping SMP aku yg ada di dalam komplek masjid yg ada di samping jalan itu.

Eh, tapi belum sempet jalanin ide sendiri, datanglah malaikat penolong aku yg berikutnya (alah, lebay). Seorang pengendara motor yang kebetulan melintas di sana berhenti dan nyamperin kami. Dari bajunya sih, kayaknya petugas pemadam kebakaran gitu. Eh, ternyata om yg satu ini kenal sama bapak-bapak yg nolongin aku sebelumnya. Dan akhirnya beliau lah yg nolongin ngelepasin rantai yg nyangkut di gigi roda itu. Untung di motor aku peralatan kaya obeng, tang, kunci inggris, dll lengkap. Dan setelah sekian puluh menit, rantai berhasil di lepas. Fiuhh... Akhirnya...

Udah selesai?

Belum... Hehe... Kemudian harus nyari bengkel dulu. Dan bengkel terdekat kayaknya sekitar lebih dari 1 kilo dari tempat kejadian. Untung si om penolong msh mau bantuin, dia yg dorong motor aku. Ga di tuntun biasa. Tapi aku naikin motor, beliau yg dorong motor aku pake sebelah kakinya sambil naik motor beliau (ga ngerti? Ngerti aja deh.. Hehe..). Dan begitulah caranya motor aku sampai dengan selamat di depan bengkel.

Dan tantangan belum berakhir disini. Rantai yg putus ga bisa di pake lagi, dan harus di ganti. Dan harga rantai yg baru lebih dari 30 ribu. Waduh, kan uang di dompet aku ga nyampe 30ribu, gmn nih? Mau ga mau, ya di iyain aja deh pas abangnya nawarin masang tu rantai. Ya wes lah, dg berat hati kita harus muter-muter di sekitar sana buat nyari yg namanya 'Anjungan Tunai Mandiri alias ATM'. Waduh, dmn ya? Tabungan ku ada di BNI. Kl nyari ATM BNI seingat aku ga ada tuh di sekitar sana. Ya udah lah, jalan dulu. Kebetulan di sekitar sana banyak perkantoran milik pemerintah. Masa ga ada ATM? Setelah jalan sekian ratus meter, akhirnya nemu sebuah ATM BPD. ATM bersama ga ya? Eh, ternyata ATM Bersama. Yeah! Bisa ngambil duit! Mari kita ucapkan Alhamdulillah...

Dan pas balik lagi jalan ke bengkel buat ngambil kendaraan dengan hati yg sudah lega dan pikiran yg jernih, baru keingetan. Ya ampun...! Tadi aku udah ngomong makasih ga ya sama bapak-bapak dan om yg nolongin aku tadi? *langsung tepok jidat* Aduh, parah bgt nih gua, hehe... Kebiasaan buruk aku ini kayaknya harus beneran dienyahkan jauh-jauh biar ga bisa balik-balik lagi. Kebiasaan, kalo dapet masalah, dan pikiran benar penuh pikiran ke masalah itu, saya jadi benar-benar bisa jadi orang yg lupa sama sekitar. Bahkan ya itu akibatnya, sampai lupa ngucapin terima kasih sama yg nolongin. Walau dalam hati aku yg terdalam dan yg tertulus, aku super duper sangat berterima kasih udah di tolongin, tapi karena hal itu ga terlontar dari mulut saya, ya jadi ga enak juga. Tapi semoga bapak-bapak dan om itu bisa liat rasa berterima kasih aku dari pancaran mata saya (cielah, kata-katanya....). Sori bgt pak, om... Beneran lupa deh td ngucapin makasih... Saya doain semoga amal kebaikannya di terima oleh Allah SWT, dan di lipatkan berkali-kali lipat atas kebaikannya di hari yg begitu baik ini, hari Jumat. Amin! :)

Dan atas rentetan kejadian di atas, aku tetap mau bersyukur sama Allah SWT. Rantai putus saat memacu kendaraan dengan cepat, biasanya berbahaya. Kendaraan yang di gunakan bisa-bisa mental kedepan, gara-gara roda belakang ga bisa di gerakkan karena rantai nyangkut di gigi roda. Dan, kalo saat itu motor aku mental, aduh.. Ga bisa ngebayangin deh nasip aku kedepannya, apakah masih bisa sehat wal afiat kaya skrg nulis blog kaya sekarang, apa nggak. Alhamdulillah Allah masih kasih kesehatan. Bersyukur juga sama Allah udah ngasih hati yg baik buat orang-orang yg mau nolongin aku tadi. Kalo ga, waduh, bisa-bisa aku cuma bisa bengong di pinggir jalan, liat motor aku yg di ajakin buat minggir ke pinggir jalan aja ga bisa, apalagi buat di ajakin ke bengkel. Dan bersyukur juga, dosen saya masih mau nerima masuk mahasiwanya yg udah telat hampir 1 jam ini. Bersyukur pagi tadi aku ga lupa bawa HP, kl ga bakal ga bisa SMS temen buat mintain ijin telat sama dosen. Alhamdullah, bener kata orang, setiap masalah pasti punya jalan keluar.

Jadi pelajaran yamg bisa dipetik hari ini: Pertama 'jangan anggap sepele sama rantai motor yang longgar'. Kedua, 'jgn ngebut banget kalo bawa kendaraan, apalagi dg keadaan kendaraan yg membahayakan, kaya rantai longgar td'. Dan ketiga, 'sebengong-bengongnya kita, sepanik-paniknya kita, jgn sampe lupa berterima kasih sama orang' karena kalo ga, alhasil jadi ngerasa ga enak kaya yang aku rasakan sekarang. Dan terakhir, kalau jalan naik motor, selain jangan lupa bawa surat menyurat, jangan lupa bawa HP dan uang lebih, minimal ATM lah, hehe....

Dan sekali lagi, buat bapak-bapak yg ramah itu, trus om petugas pemadam kebakaran, yg kl ga salah denger namanya om yus, sorry deh om, pak.. Saking kacaunya pikiran aku, sampe lupa ngucapin terima kasih.. hehe... Semoga Allah nyampein terima kasih aku dan kebaikannya di hari Jumat, hari yg sangat baik ini, dibalasan oleh Allah SWT berkali-kali lipat. Amin.. :) South Borneo, 21 Mei 2010 (3am)

0 komentar: