This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

PRIVASI, Suatu Hal yg Harus Dijaga dan Dihargai

Aku rada heran, rabu kemaren kok bisa ya masalah2 yg sama aku jumpai bbrp kali dlm 1 hari. Pagi kan aku kuliah tuh. Pas pulang kuliah ada temen aku yg ngomelin temenku yg lain gara2 ngintip dan ngebaca SMSnya. Sebel bgt lah dia, isi SMSnya dan rahasianya dibaca org. Privasinya dah dilanggar gitu. Nah, abis itu kan aku pulang, mampir bentar dulu ke warnet, nyari bahan kuliah sekalian nengokin blog, email, dll. Sempet jg bentar liat blog salah satu anak IC. Disana ada tulisan baru ttg jwban dia atas pertanyaan yg sering bgt muncul di CBox blognya (aku tau itu tulisan baru soalnya pas pertama buka blognya, itu tulisan msh ga ada, pas aku mau liat post yg lain, klik link, eh baru keluar tuh tulisan). Dia nanggepin pertanyaan ttg permintaan no. HP dan alamat dia dan anak2 IC lainnya. Dan dia minta maaf ga bisa ngasih informasi ttg itu semua krn dia pengen ngobrolnya lewat blog, fs atau fb aja biar semuanya bisa baca dan tau. Ttg alamat rumah dia jg ga ngasih, bukannya ga mau menerima tamu, cuma (pengalaman dulu) ntar kl byk yg tau alamatnya, byk yg datang bertamu dr pagi sampe malam, ntar malah jd keganggu kegiatan sehari2nya. Pada intinya dia minta dimengerti dan dihargai hak kebebasan dan privasinya. Trus pas sorenya aku kan nonton sinetron Kepompong, eh hari itu temanya jg ttg gmn m’hargai suatu rahasia pribadi dan privasi orang. Lah, kok bisa samaan ky gini sih (sampe aku mikir, ini hari privasi sedunia ya?? Hehehe…). Gara2 kejadian ini, aku jd pengen nulis ttg Privasi. Gini ceritanya….

Kt kan sering tuh denger org ngomong, “Hargain dong privasi gw!”. Sebenarnya apa sih maksudnya Privasi alias Privacy??? Klo kata wikiepedia sih gini katanya:

Privacy is the ability of an individual or group to seclude themselves or information about themselves and thereby reveal themselves selectively. Nah, kl mau ditranslate ke bhs Indonesia tuh artinya kurang lebih gini, Privasi itu adalah kemampuan seseorang/sekelompok individu buat mempertahankan/menjaga/merahasiakan kehidupan dan urusan pribadinya dr public atau orang banyak dan mengontrol arus informasi mengenai diri pribadi. Banyak org mau dihargai Privasinya krn ga mau kehidupannya jd santapan public atau data2 pribadinya diketahui org lain / org byk shg kehidupan pribadinya keganggu ketenangan dan haknya untuk melakukan berbagai kegiatan keganggu kebebasannya.

Jd ga heran byk org mau privasinya tetap terjaga. Terutama para publik pigur. Kan byk tuh ky artis, ngerasa dibongkar2 rahasia kehidupan pribadinya. Namanya jg public pigur. Pasti byk yg pengen tau informasi pribadinya, mulai dr wartawan sampai fans2nya. Tp ky kasus anak IC diatas, kl dipikir2 kasian jg kan anak2 ky mrk udah diganggu privasinya. Mrk kan msh anak2, yg hrs sekolah dan perlu kebebasan beraktivitas ky anak2 lain pd umumnya. Pernah tuh aku denger ktnya ada anak IC sering dpt telepon malem2 atau ada jg yg dlm satu hari dpt SMS ratusan bahkan ribuan kali, sampai2 HPnya di set biar ga bisa nerima SMS. Kl ky gini kan ganggu bgt. Jd wajarlah kl mrk beberapa ga ngasih no HP ke sembarang org. Begitu jg dg alamat rumah. Memang sih namanya fans pasti pengen tau semua ttg idolanya, dan pengen bisa kontak2an langsung sama idolanya. Tp klo sampe ganggu bgt, wah ini udah ga sehat. Mungkin kt bisa bilang, “ah, kan aku cuma SMS 1 kali, ga ganggu jg” atau “berkunjung kermh mrk sebentar aja, paling ga ganggu”, tp klo yg mikir ky gitu 100 org/lebih, dan dilakukan setiap hari, yah kl gini kejadiannya bakal ky yg aku bilang diatas, mereka bkl dapet SMS ratusan sehari atau dikunjungi fans dirmh siang malem. Klo ky gini apa bisa dibilang ga ganggu??? Dan mrk jd serba salah jg, mau ditanggepin semua, kewalahan, mau dicuekin, ntar dibilang sombong. Yah, kita sbg public (masyarakat, fans, dll) aja lah yg bisa2 menghargai privasi mrk dan mengerti posisi mrk. Jgnkan public pigur, kt yg orang biasa aja kdg suka sebel jg kl data dan rahasia pribadi kita ketahuan dan disebarluaskan, contohnya ky isi SMS, buku harian, no. HP email, atau data penting lainnya Kita jg ga mau kan dilanggar dan diganggu privasinya?

Masalah privasi memang masalah yg agak bertentangan jg sama kebebasan berbicara org lain. Ini tinggal pintar2 kita aja yg mana yg layak jd konsumsi public dan mana yg ga layak. Bisa2 menghargai privasi org. Masalah privasi ini dpt dilindungi dg tidak memberikan informasi pribadi kesembarang org yg ga berkepentingan. Apalg yg pribadi bgt, sampe nyangkut nama baik atau hal2 yg sensitive bgt. Soalnya kl hal pribadi kita dah diketahui byk org, susah tuh mengontrolnya. Apalagi kl ada yg sampe menyalahgunakan. Itu bakal ganggu bgt, kl aku bilang sih itu dah melanggar HAM dan nyangkut nama baik. Kasus berat nih…. Yah, cukup segini aja opiniku ttg hak privasi. Udah mulai blank dan ngawur kynya otak gw. Dr tulisan diatas aku tangkap garis besarnya adalah hargai privasi org lain kl mau privasi kita juga dihargai serta jgn ngasih data pribadi kesembarang org kl privasi kt ga mau di usik byk org.

0 komentar: