This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

My Graduation & kenangan ALKS

Alhamdulillah…. Akhirnya! :D Mungkin itu yang diteriakkan hati yang bersemayam di dalam diri aku saat perjuangan selama 4 thn ini berakhir juga. Aku jadi sarjana juga akhirnya cooyyyy hahaha…. Alhamdulillah yah u,u

Jadi setelah menggarap skripsi alias TA dengan penuh perjuangan dari awal tahun tadi, kemudian ngadepin sidang akhir juli lalu yang berujung dengan senyuman itu :) akhirnya awal September lalu, tepatnya tanggal 9 September 2011 aku di yudisium juga. Apa itu yudisium? Yudisium itu semacam sidang penetapan keputusan mahasiswa yang dinyatakan telah menyelesaikan tugasnya dari dunia perkuliahan dan resmi nyandang gelar sarjananya. Kalo wisuda itu semacam tinggal pelepasan perpisahan dari kampus gitulah. Jadi ibarat orang nikah, yudisium itu akad nikahnya, nah ntar wisuda baru dah resepsinya. Nah kalo wisudanya kemaren dilaksanain tanggal 22 September 2011 yang lalu. Ini foto buktinya:

Pas yudisium bareng temen-temen 1 kelas ALKS ’07 kelas A…

Pas wisuda, rame-rame dengan beberapa temen2 ALKS juga, sebelum proses wisuda nih heboh-hebohan dulu, tali toganya belom pindah, belom sah banget, hehehe…

Yah, itulah akhir perjuangan ini. Dan mulai sekarang aku sah nyandang gelar S.ST di belakang nama aku, hohoho… Sarjana apaan tuh S.ST?? sarjana saraba telat (dlm bhs Indonesia artinya selalu telat) hahaha… gak, itu cuma guyonan temen2 aku dulu buat yang suka telat hehehe… S.ST itu singkatan dari Sarjana Saint Terapan. Belom pernah dengar? Ya maklum2 aja sih. Karena S.ST diperuntukkan bagi lulusan diploma 4.

Yap, bagi kami yang kuliahnya ngambil jalur vokasi (layaknya di politeknik2 pada umumnya) adanya emang cuman Diploma1 (D1), D2, D3, D4, dan nyambung yang setara S2, S3 itu namanya Sp1, (setara S2), SP2 (setara S3) (tapi D4 masih bisa juga dilanjutin ke S2 jg walau dg syarat tertentu). Berbeda dengan jalur akademis yang biasa dipakai universitas2 / perguruan tinggi di Indonesia pd umumnya, lulusannya akan bergelar strata1 (S1) , strata 2 (S2), strata3 (S3) (walau ada juga sih D1-D3). Jalur pendidikan vokasi biasanya lebih mengutamakan skill diluar teori (lbh byk praktek ketimbang teori shg lbh siap utk dunia kerja), berbeda dg jalur akademis yg lbh mengutamakan aspek analitis (teori lbh byk ketimbang praktek). Jadi ibaratnya sekolah menengah itu, jalur vokasi itu SMK, kalo akademis itu SMA biasa. Walau berbeda, tapi jangan salah. D4 itu setara dengan S1 lho. Makanya gelarnya juga sarjana. Jadi salah kalau ada yang bilang D4 itu S0 (lebih rendah dari S1). Sering kali banyak yang bilang begitu. Padahal total SKS minimal yang diambil sama dengan S1, mata kuliah yang diambil juga tak jauh berbeda, dan kualitas lulusannya juga tak kalah cemerlangnya dengan lulusan S1 (tergantung orangnya sih kalo ini ._. haha… ). Tapi ini cuma mau nekanin, D4 itu punya derajat yang sama dengan S1. Kalo gak percaya, baca aja UU di kementrian pendidikan tentang kesetaraan keduanya ini.

Sok atuh, itu sekilas tentang latar belakang gelar pendidikan aku. Pokoknya aku seneng perjuangan selama 4 tahun ini berakhir baik. Jelas banget say Thx buat Allah SWT yang dah ngasih berkahnya yang luar biasa selalu shg bisa kelarin kuliah dengan lancar ky gini, buat kedua orang tua dan seluruh keluarga yang ngasih byk bgt support dan dukungan yang luar biasa, baik itu moril maupun materi.

Buat para dosen yang udah ngasih ilmunya dengan sepenuh hati. Kemudian dosen-dosen yang ngajar selama 8 semester ini, dimulai dr bapak2 dosen: bapak Arief (yang dulu aku masih inget wawancara aku pas ujian masuk, hehehe….), trus pak jul (dosen kami yang lucu nih), pak trisna (ketua jurusan yg gaya ngajarnya santai bgt =) ), pak sira (ini dosen TERdisiplin kami hahaha…), pak ogie (demen dah sama statistiknya pak, sampe TA jg pake statistic saya hahaha), pak mahyuni (dosen computer sekaligus dosen pembimbing TA aku nih, thx pak! :D), pak heru (thx buat ilmu pemograman kom yang seru itu), pak serta bapak2 dosen lainnya yg gak bisa disebutin satu2 ._. dan gak boleh ketinggalan, thx jg buat bp Agil (alm), dosen kami yg super bersahabat dan penuh kehangatan, yg 2 thn lalu meninggalkan kami selama2nya. Moga pian tenang disana pak lah… :’)

Kemudian para ibu-ibu dosen: bu manik (bu ketua Prodi ALKS nih sekaligus dosen yang paling aku fav dan segani :D), bu lea (ibu wali kelas ALKS 07 A nih, ibu paling gaul), bu helda (dosen pembimbing TA jg, dosen kami yang kocak hehehe), bu ainun (mantan wali kelas kami yg skrg ke australia), bu aan (salah satu dosen yg aku fav dan segani jg nih), bu ida (ibu yg keibuan bgt nih), bu nay dan bu emy (yg super murah senyum), bu nurul mukhlisah, bu qolbi, bu ayu, dan ibu2 dosen lainnya yg ga bisa disebutin satu2 ._. Dan tak lupa juga say thx buat staf2 akuntansi: Bu nisa, ka zaki, ka hendra, ka jupri, pak mawardi, dll yang suka bantu-bantuin mahasiswa ngurus macem-macem. Thx! :)

Dan terakhir tentu saja BIG thx buat teman2 seperjuangan, teman2 ALKS angkatan 2007 baik yg kelas pagi maupun kelas sore. Teman2 ALKS pagiku: mariam (tmn seprjuangan dr SMA nih), mahrita (tutuha di kelas, hahaha), vera dan reni (temen2 sekongkol dan gosipan di twitter hahaha), sesama org pal 5: rina, sisti, si lia (the best student, suhu aku nih di kelas, hehehe), si rajanya pasar: ainah hahaha, si duo dewi2: dwi dan dwe ‘puput’, si icha beib dan icha hoo, trio tanjung: rima, rikha, dan alm.nurul *we miss u rul :’)*, ifit, risa dan nopi yg suka menggemparkan kelas (?) haha, nina, jannah.

Kemudian cowonya ada koko (si ketua kelas dan tmnku dr SD nih), agus riza bayu & fai (tmn2 PKL ku dulu, aku bakal selalu ingat kegokilan kalian selama 2 bulan itu hahaha), si boy: udud, abul (si ustadz kedua stlh agus), si abay akbar, dan si superaktif rudi, hohoho…. Jgn kada ingat berataan kakawanan lah. Perjuangan kita dari awal msk yg kd kenal lalu, lawas kelawasan jd akrab. Ingat2 manis pahit kita kuliah, beampar di koridor mehadang dosen, kesana kemari mencari bahan tugas, tepuntal tebulilit beteronan menggawi tugas wan ujian, sampai menggawi tugas berataan rakat membantui satu lwn lainnya, seberataan sedih menangis pas nurul, pa agil, kdd lg :') jgn kd ingat wan kawan yang kaya dingsanak ini sdh laahhh...*keluar bhs banjarnya, wkwkwk* Segalanya, Itu kenangan kita yang tak bakal pernah terlupakan! Love u all <333

Tak lupa thx juga buat bbrp anak2 kelas sore yg aku kenal baik: dede (sesama anak KamGa nih, hohoho), shila (tmn seperjuangan dr SMA), dwi (tmn 1 pleton pas ospek dulu, hehehe), umay, kiki, inez, huda, dkk yg jd ramah suka negor dan jd akrab, saling membantu saat TA. Thx All :)

Dan kini, aku sudah sarjana. Perasaannya? Yah bahagia jelas, lega pasti, dan galau juga iya ._. kenapa galau? Lepas dari mahasiswa, berarti status jadi pengangguran dong sekarang -_______- hahaha…. Dan jadi pengangguran tanpa ada kegiatan apa-apa itu sungguh membosankan. Yah, jujur sih sebagai mahasiswa yang baru lulus, dan baru aja mulai memasuki fase baru dari kehidupan yaitu dunia kerja, pasti berasa gimanaa gitu ._. Yah, semoga ini cepat berakhir, semoga cepat dapet kerja, dan semoga apa yang selama ini aku pelajari di bangku sekolah bisa segera dijadikan sesuatu hal yang berharga dan bermanfaat bagi banyak orang, amiin... So, saatnya action coy! Bismillah…. Bimbinglah hambamu ini ya Allah, Amiin…. (3am)

Ini terakhir ini ada beberapa foto yang mau aku abadikan disini. Foto2 kenanganku selama kuliah bersama temen2 ALKS ’07… I miss u all :’)

0 komentar: