This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

Dunia Baru: Balada si Pengangguran

Huaahhh.... Lama betul kayaknya aku gak nengokin dan ngepost sesuatu di Blog ini. Dah semeter kali yah ini debunya *lebay* hahaha...

Ya maklumlah, pasca lulus dan dah jadi sarjana, aku mulai menggeluti sebuah kesibukan dari profesi baru yang aku emban sekarang. "PENGANGGURAN" HAHA!!

Yap, itulah kenyataan pahit yang harus aku terima saat ini. Emang awalnya enak, santai, bisa berleha-leha di rumah. Tapi lama kelamaan suntuk juga euy :/ Lagian berasa kurang enak juga, dan tinggi-tinggi sekolah, tapi ujung-ujungnya nemplok di rumah aja malas-malasan kayak kucing -_- hahaha...

Alhasil, mulailah aku mengarungi pertualangan aku sebagai Pengangguran yang ingin mengubah nasip. Apalagi kalo bukan yang namanya Ngelamar-lamar kerja, buka-buka koran tiap hari, nyebar-nyebar biodata dan nomer telepon kali aja ada yang tertarik (?) *apaan coba ini bahasanya* hahaha.... HP pun gak lepas dari tangan, takut ada yang menghubungi *berasa orang penting bgt wkwk* Ternyata ini bukan pekerjaan yang mudah kawan. Percayalah. Apalagi bagi pemula seperti aku yang mungkin masih agak buta dengan dunia kerja yang sesungguhnya. Di awal-awal aku sering ngerasa takut mencoba. Sering ragu dalam bertindak. Dan penuh pertimbangan dalam memutuskan langkah-langkahku. Dunia ini masih terasa begitu asing buatku. Tapi setelah dipikir-pikir, kalau kita takut begitu terus, gak berani 'menjerumuskan' kita di dunia yang baru itu, bagaimana kita tau rasanya disana?

Satu yang terpikir olehku, aku harus mulai bergerak, dan mengejar ketertinggalanku. Dan begitulah saat itu, aku mulai bangkit untuk berjuang tuk segera mengakhiri masa-masa penuh kebosenan sebagai pengangguran hehehe.... Tapi rupanya perjalanan masih sangat panjang saudara-saudara. Melamar, udah pasti ada ujian dulu. Orang mo kawin aja di tes dulu biar gak kayak beli kucing dalam karung *kucing lagi dijadiin perumpamaan* hehehe...

Sedikit cerita di tes perdanaku. Kebetulan aku melamar di salah satu Bank besar di kotaku. Pertama aku dipanggil buat ikut tes pertama. Tes tertulis. Keyakinan masih tinggi nih. Dan alhamdulillah masih lumayan lancar aman terkendali. Dan keyakinanku itu berbuah hasil. Aku dipanggil lagi untuk tes tahap selanjutnya. Tes Interview. Ini pengalaman perdanaku. Kalau tes tertulis mungkin mirip-mirip kita ujian pas kuliah dulu itu aja mungkin ya. Tapi kalo interview? Wah ini sudah diluar pengalamanku nih. Gugup? pasti. SANGAT -_- hahaha... Dan sialnya aku gak berhasil naklukin rasa gugup aku itu. Buat anda-anda sekalian ketahuin, kelemahan terbesar aku adalah paling gak bisa ngadepin orang baru untuk diajak diskusi atau sejenisnya. Yah, aku itu seringkali demam panggung sodara-sodara. Aku bukan pembicara yang lihai. Dan anda tau jika yang namanya gugup dah menuhin otak kita saat di tanya-tanya begitu? BLANK. Yah, interview itu agak berjalan kacau dan sedikit memalukan sebenarnya -_- hahaha... Dengan IPK aku yang agak tinggi, trus hasil tes tertulisku yang kata mereka cukup tinggi nilainya, 2 bapak-bapak pewawancara itu agak banyak membeberi aku dengan pertanyaan-pertanyaan bak sidang dulu. Hiayaaaa.... Aku yang notabane dah lama gak buka-buka buku kuliah lagi, jelas agak gelabakan jawabnya. Apalagi dengan kegugupan yang tak terkendali itu. Innalillahi deh sudah -_- hahaha...

Dan hari itu, aku pulang dengan sedikit rasa hopeless. Nothing to lose deh. Sepanjang perjalanan itu dah banyak ngelamun. Syukur gak nabrak orang ._. hahaha.. Ini pengalaman baru buatku untuk tak menganggap enteng segala hal. Termasuk untuk belajar lebih tenang dengan orang lain dan juga tidak melupakan dan terus mengasah pengetahuanku yang sudah pernah aku pelajari. Aku mungkin emang sangat kurang persiapan dan mungkin selama aku nganggur terlalu banyak berleha-leha. Terus belajar itu kapanpun dan dalam keadaan apapun itu emang penting sodara-sodara :) Dan kekacauan di tes interview perdana seperti itu udah sangat lumrah terjadi pada setiap pemula sepertiku, hehehe... Syukur gak parah kayak temen aku yang pas interview perdananya, saking gugupnya, judul skripsi dia aja dia sampe gak inget lagi -_- wkwkwk....

Akhir cerita, keajaiban masih berpihak padaku rupanya, aku masih lolos ke tahap selanjutnya ke tes psikotes -_- hahaha.... Tapi di tes kali ini aku jatuh. Dan kaget kah? gak terlalu sih. Aku tau kenapa aku gugur :) Tapi gpp. Kita harus segera kembali moving on. Jadikan aja semuanya itu pengalaman berharga yang bisa dijadikan pegangan dimasa depan.

Dan sampai sekarang, aku udah melamar di beberapa tempat dan sempet tes juga. Tapi emang belom rezekinya kali yah? Sampe detik ini aku masih berstatus pengangguran hehehe... Sekali lagi gpp, terus berjuang yang paling penting. Kita berusaha, tapi kan Tuhan juga yang ngasih dan ngatur rezeki kita :)

Doa aku selalu sih, cuma pengen dapat kerja yang benar-benar ber'efek' baik terhadapku. Setidaknya membuatku nyaman, dan sesuai kemampuanku. Kalian pikir aku terlalu pilih-pilih? Gak ada salahnya juga kan pilih-pilih dikit? Kalau kita sendiri bekerja tanpa sebuah kenyamanan, bagaimana mungkin kita bisa bekerja dengan baik dan ngasih kinerja yang optimal bagi tempat kita bekerja? :)

yah semoga kepengangguran ini segera berakhir hihihi... Dan sekarang yah dari pada nganggur banyak waktu terbuang ya paling aku ngisi waktu dengan nulis-nulis nyalurin hobby gini, atau ikut les2, atau ngojek tapi khusus buat ortu hihihi :p Tapi pasti aku bakal terus berusaha untuk bisa bekerja. Atau mungkin nanti bisa malah bikin pekerjaan sendiri? Ini cita-cita aku waktu kecil dulu lho walau sebenarnya aku rada gak punya jiwa bisnis ._. wkwkwk... Yah doaku cukup simple. Semoga aku masih bisa ngasih banyak manfaat buat banyak orang, bikin bahagia ortu dan keluarga dan semoga Tuhan ngasih jalan yang TERBAIK untuk mewujudkan itu semua. Amiiin.... Doakan saya yah teman-teman semuaa :) (3am)

1 komentar:

butterfly_free mengatakan...

wish you all the best kak... semoga cepet dapet kerja yang terbaik. amin. :)

btw, congratulation udah lulus.. :D yeay! maaf yah telat banget. maaf... T_T.

semangat kak, fighting!! \^^/