This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

HARRY POTTER and The Deathly Hallows Part 1

Bulan November ini kayaknya kurang kalo aku gak bahas film yang satu ini. HARRY POTTER and DEATHLY HALLOW - Part 1. Yap, film dari seri terakhir Novel Harry Potter ini akhirnya beredar juga di bioskop2 di tanah air. Untuk buku HP7 ini filmnya di bagi menjadi 2 part. Dan November ini adalah film untuk part 1. Sedangkan HP7 part 2 akan diputar sekitar bulan juli 2011 nanti.

Sebenarnya rada telat juga sih nulis skrg, secara film ini udah diputer hampir 2 minggu, aku aja udah nonton dari 2 minggu yg lalu pas tayang perdana 19 November yang lalu, hehe…. Tapi gak ada salahnya aku nyurahin koment2 aku atas film ini di post kali ini. Cekidot…

Kalo di seri-seri sebelumnya, terus terang banyak yang mengeluh kalau filmnya sedikit mengecewakan karena banyak perbedaan antara film dan novel, tapi untuk kali ini, aku rasa ini film memuaskan dari seri 1-7 part1. Walau ada sih bagian-bagian yang berbeda dari novel, tapi masih bisa dimaklumi (nanti kita bahas bagian2 yg hilang ini). Yang jelas part2 favorite aku di film ini, diantaranya:

Adegan paling kocak>> Harry kembar 7 dan adegan di kementrian. Kynya pasti byk yg setuju 2 moment ini adegan terkocak di cerita ini. Berdasarkan cerita-cerita temen2 yg udah nonton juga, 2 adegan ini yg paling sukses ngocok perut sampe ngakak gila. Wkwkwk. Harry kembar 7 adalah penyamaran ron, Hermione, fred, George, fluer, dan mundungus menjadi kembaran Harry. Dan perubahan2 mereka menjadi sosok harry itu yg aku bilang sih sukses menggambarkan seperti yg di ceritakan di novel. Apalagi pas fleur dan Hermione berubah, pas jadi harry kan jadi pake baju perempuan gitu. Wkwkwk… ngakak abis dah liat Daniel (pemeran Harry Potter) make baju cewe sampe ke pakaian2 dalamnya gitu (spt, maaf, misalnya bra ._.) wkwkwk…

Dan adegan yg super bikin ngakak penonton adalah bagian di kementrian. Sebenarnya menurutku apa yg diceritakan di novel, bagian ini cukup serius. Tapi entahlah, saat jadi film, ini malah dibikin banyak adegan2 lawak, wkwkwk…. Mulai dari saat harry, ron, Hermione menyamar dg ramuan polijus jadi sosok orang kementrian. Nah, pemeran orang2 kementrian itu yg bikin ngakak. Mulai dari cara jalannya, trus tingkah kikuk jiwa kekanak2an, dan segala macam ekspresi kekanakan dari 3 sosok remaja yg menyamar jadi orang dewasa itulah yg aku bilang dapet banget. Cengok abis hahaha… Dan segala kekocakan itu di akhiri dengan adegan si pemeran dewasa ‘ron’ yg dicium istrinya, dan saat telah selesai, samara dewasa ron tsb sdh berubah jadi ron yg asli. Ngakak aja liatnya. Gimana kagetnya si istri ketika suami yg dia cium tiba2 berubah jadi ron, wkwkwk. Dan si ron juga dengan santainya bilang ‘senang bisa kenal dengan anda’. Dan setelah adegan ini, aku bilang adegan2 mulai banyak di dominasi adegan2 serius dan menegangkan.

Adegan paling menegangkan>> adegan pemindahan harry dari rumah paman bibinya ke rumah anggota orde phonix. Tapi rada aneh juga tuh, soalnya perang sama pelahap mautnya sampe ke jalan raya gitu. Tapi oke lah, dapat seru peperangannya. Dan satu lagi yg lebih menegangkan dan paling bikin jantung rasa copot. Adegan pertarungan harry dan Hermione melawan ularnya voldemort, nagini, di rumah balthilda. Arrgghhh. Gila! Bikin jantung hampir copot tuh pas lagi tegang-tegangnya, ularnya tiba2 nongol dari bawah dan langsung mau nerkam gitu. Temen gua aja tereak kenceng bgt saking kagetnya pas nonton bagian itu, wkwkwk. Kalo tayangannya 3D, wah, bisa jantungan beneran gua tuh. Gak 3D aja liatnya berasa kita yg mau dimakan, apalagi kl 3D -___-“

Adegan paling frontal>> adegan penghancuran horcrux liontin. Ini saat berhasil harry menemukan pedang griffindor bersama ron, dan akhirnya harry meminta ron menusuk liontin agar dapat dihancurkan. Saat ingin dihancurkan itulah horcrux tsb mengeluarkan pertahanan terakhirnya, yaitu dengan melemahkan keyakinan orang yang ingin menghancurkannya. Disini horcrux memanfaatkan kelemahan ron yg sering cemburu pada harry karena harry lebih unggul darinya, termasuk tentang kedekatan harry dan Hermione yg sempat membuat ron cemburu. Nah, pas panas2in ron ttg harry-hermione itukan horcrux memunculkan sosok bayangan menyerupai sosok harry dan Hermione yang mengelurkan kata-kata menyudutkan pada ron. Dan ini bagian frontalnya. Di bagian akhir, sosok horcrux harry-hermione itu ciuman dg sangat mesra dan penuh nafsu (kl kata daniel, emma ciumnya ky binatang, haha...). Dan anda tau, parahnya lagi, yg ‘Tampak’ di gambar film adalah 2 sosok itu dalam keadaan topless alias semi tel****ng -_-“ Tp itu kameranya dari samping kok dan sebagian ketutup asap, gak porno2 amat jd jatuhnya, hehe….

Adegan menguras perasaan>> Kalo aku baca novelnya, sebenarnya cukup banyak adegan menguras perasaan ky gini. Seperti adegan perpisahan harry dan duddley, cerita usaha Hermione utk menjauhkan orang tuanya, pertengkaran ron dengan harry, rasa kehilangan Hermione akan ron yg kabur, saat Hermione disiksa bellatrix, kematian dobby, dsb. Atau saat Harry menemui makam kedua orang tuanya. Tapi di film, ada beberapa yg hilang, ada juga yg lebih digambarkan, tapi rata-rata, kl boleh jujur, feelnya sih aku lebih dapet pas baca novel. Entah kenapa, lebih berasa aja permainan perasaan dan rasa sedihnya :’( Tp yg di film bbrp cukup sukses kok :)

Adegan paling sedih>> Saat Dobby meninggal. Saat menyelamatkan harry dkk di rumah malfoy, dobby tertusuk belati bellatrix. Dan dobby akhirnya meninggal di pangkuan harry. Yah, di novelnya pun adegan dobby meninggal juga jadi salah satu adegan paling menguras perasaan. Kata-kata terakhir dobby itu lho, bikin yang denger luluh. Perkataan dia tentang dirinya yang sang peri rumah merdeka, yang tlah menjadi sahabat harry potter dkk, dan kan selalu siap menolong pada para sahabatnya. Bener-bener deh, walau sederhana, tapi ketulusan seorang dobby benar-benar menggetarkan hati para penikmat. Dan ketika dobby meninggal dengan tenang, huah! Gimana gak terharu coba kalo sblm dobby meninggal, dia tlah nolong harry dkk dan mengungkapkan kebanggaannya sbg peri rumah yg merdeka, serta ketulusan rasa sayangnya akan orang-orang yg ia anggap sahabat. Dan pendapat aku ttg ini gak salah, karena byk orang yg berpendapat sama, kalo adegan dobby adalah yg paling menguras perasaan dan air mata. Bahkan di twitter, RIP Dobby sempat menjadi trendtopic no.1 di kalangan pengguna twitter dari seluruh dunia.

Adegan yg hilang atau diganti>>

  1. Adegan perpisahan harry dan duddly, ini sebenarnya termasuk adegan yg so sweet krn duddly akhirnya menunjukkan sedikit rasa sayangnya pd harry. Tapi di film hanya di tunjukkan saat mereka berkemas dan meninggalkan rumah.
  2. Kematian Hedwig. Kalo di novel Hedwig saat malam pemindahan itu ikut harry di dalam kandang, dan akhirnya mati karena kena kutukan tongkat pelahap maut. Tapi kl di film Hedwig di lepas sblm harry berangkat, dan akhirnya mati krn menyelamatkan harry dari serangan pelahap maut di udara. Karena usaha Hedwig itu jua pelahap maut jd tau sosok harry yg asli dr kembar 7 harry. Padahal kl di novel, harry yg asli ketahuan krn kecenderungannya yg tak mau melancarkan kutukan berbahaya pd orang yg sebenarnya tak salah (di novel harry di ceritakan melihat stan stupike yg dlm kuasa imperius, menyerang dirinya. Krn harry tau stan bukan pelahap maut, dia tak menyerang dg mantra bius dsb, tp memilih memakai mantra andalannya ‘stupefy’ alias hanya melucuti senjatanya. Krn inilah sosok harry yg sebenarnya ketahuan).
  3. Cerita tentang keberadaan foto phineas nigellus, mantan kepsek Hogwarts. Foto sihir yg bisa berpindah dari bingkainya di rumah black dg Hogwarts, dibawa Hermione dalam perjalanan mereka. Dalam novel, sebenarnya krn Hermione membawa bingkai foto itu, akhirnya snape mengetahui keberadaan mereka dan mengirim pedang griffindor secara diam-diam. Tapi di film tak diceritakan sedikit pun tentang hal ini. Jadi, karena part 2 belum tayang, kita tunggu saja, kalau di film karena apa keberadaan harry dkk di ketahui snape sebelum ia mengirim pedang griffindor.
  4. Cerita tentang kata tabu ‘voldemort’. Dg kata inilah kan para pelahap maut bisa mengetahui keberadaan order phonic yg bersembunyi. Dan krn hal ini jg harry dkk ketahuan saat di cafĂ© yg kabur utk pertama kali, kemudian tertangkap saat di hutan. Tapi di film sptnya tak ada di bahas sama sekali. Harry ketahuan karena mereka ber-apparate ke tempat yg salah, ditempat yg secara tak sengaja telah ada para anak buah pelahap maut.
  5. Dalam novel, saat pernikahan bill dan saat ke godric’s hollow, harry menyamar jadi orang lain demi keamanan dan tak diketahui pelahap maut. Tetapi di film hal ini tak dilakukan.
  6. Wormtail tidak mati. Di film di ceritakan wormtail hanya pingsan saat harry menyerangnya utk melarikan diri dr penjara bawah tanah kediaman malfoy. Padahal di novel, saat ia bertarung dan berebut tongkat sihir dengan harry, harry sempat menyinggung ayahnya sbg sahabat wormtail dulu. Dan saat itu wormtail sempat tergerak rasa kasian dihatinya. Tp krn sedikit rasa sesal itu, akhirnya tangan mulianya –tangan pemberian dr voldemort- tanpa bisa di tahan dg sendirinya mencekek leher wormtail dan akhirnya membunuh wormtail.
  7. Cerita masa lalu dumbledor yang tidak terlalu digambarkan. Jadi mungkin di film tidak terlalu jelas tergambar perihal barang2 hollow yang menjadi perburuan dumbledor bersama Gellert Grindelwald. Padahal sebelum voldemort mendapatkan tongkat elder, dia mencari Grindelwald. Dan karena cerita masa lalu dumbledor itu juga, harry dkk jadi tau bahwa voldemort sedang mencari tongkat elder.

Hal-hal diatas itu mungkin hanya sebagian adegan atau moment2 yg kurang tergambar di film jika dibandingkan cerita di novel. Diluar itu masih cukup banyak bagian2 dlm novel yg ditinggal. Tapi, overall oke kok, gak terlalu melenceng dari track seharusnya. Tapi sekali lagi, memang apa yg di sajikan di novel dg film tak dapat kita bandingkan, krn keduanya menyajikan suatu sensasi yg berdeda. Dan kl aku bilang, film HP7 kali ini berhasil menyajikan tampilan, visual gambar yg benar2 oke. Btw, aku suka animasi yg dibuat utk menggambarkan dongeng Beddle.

Pada intinya, film ini tak terlalu mengecewakan krn lumayan banyak memberikan kejutan2 yg tak disangka2 para penikmat film HP7. Yg jelas, kl menurut aku pribadi, film ini sangat menghibur, dan jelas sekali jauh lebih memuaskan dibandingkan HP6 yg banyak melenceng dari novel, hahaha…. Dan harapan terakhir, untuk film selanjutnya, Harry Potter 7, Harry Potter and The Deathly Hallows part 2, smg jauh lebih memuaskan dibanding part 1 ini, amin…. Kita nantikan saja pertengahan tahun 2011 nanti. (3am)

0 komentar: