This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

Yang BERKAH di Ramadhan

Ga kerasa beberapa hari lagi lebaran. Bentar lagi kita harus ninggalin bulan Ramadhan yang penuh berkah ini. Mau nulis rada random tentang tradisi ramadhan. Kalo tahun2 sblmnya aku sudah cukup sering nulis sesuatu yang berhubungan dg ramadhan atau lebaran, kaya tahun lalu sempet nulis hal-hal yang dikangenin saat ramadhan, atau nulis ttg asyiknya reunian di Ramadhan, ttg acara tanglong Ramadhan, ttg ramadhan dan zakat atau cara2 ampuh mudik di tahun2 sblmnya itu, kali ini nulis random ttg yg berkah-berkah di ramadhan yaa, hehehe….

Kalo diliat-liat tiap ramadhan gitu banyak berkah. Tidur aja dinilai berpahala, apalagi kita ngelakuin ibadah-ibadah sunah maupun yg fardhu gitu? Lebih gede lagi pasti kan? Ga cuma dari amal ibadah kita yang bisa berlipat ganda nilainya, tapi juga masalah rezeki. Mungkin beberapa usaha yang bikin makmur banget kalo udah ramadhan gini itu misalnya….

Penjual takjil alias makan buat bukaan. Sdh bukan pemandangan langka lagi kalo tiap bulan ramadhan pinggir2 jalan tiap sore gitu banyak orang jualan. Mulai dari macem2 es, sampe macem kue-kue. Kalo di Banjarmasin itu sepanjang jalan besar kaya jalan A.Yani atau jalan-jalan S.Parman sampai Bridgen H Basri, arah ke kayutangi gitu kalo sudah sore gitu ada kali tiap 5-10 meter gitu ada penjualnya -_- hahaha.

Trus itu tadi yang kecil, ada juga yang lahan lebih besar yaitu PASAR RAMADHAN. Kalo di bjm sih biasanya di sebut Pasar Wadai. Ini bukan pasar kaya biasanya, tapi pasar yang khusus dibikin khusus di bulan Ramadhan saja. Kalo di bjm kita bakal gampang banget nemu yang namanya Pasar wadai ini. Misalnya aja di daerah siring depan mesjid sabilal muhtadin. Itu setiap tahun pasti ada khusus dibikinin pasar wadai *sampe jalan dikorbanin buat bangun stan-stan jualan -_- hahaha* Jualannya lebih gede lagi jelas dan macemnya lebih beragam juga. Gak cuma kue-kue dan minuman segar buat bukaan, tapi juga makanan besar lauk pauk sayur-sayuran kumplit buat berbuka! Dan biasanya pasar kaya gini kalo udah malam harganya bisa turun, hehehe….

Trus ada banyak pasar wadai gitu, pasti bikin makmur yang namanya TUKANG PARKIR. Yap, dimana ada pasar, pasti ada pembeli yang pasti transport naek motor atau mobil gitu. Trus kadang kalo pasar khusus gitu tukang parkirnya suka rese netapin harga buat parker, bisa naik 2 kali lipat -_- gimana gak makmur?

Kemudian kaya sekarang nih, kan lebaran udah deket. Kalo lebaran gitu kan terkenal dengan tradisi “salam tempel” alias bagi-bagi THR. Nah biasanya orang banyak nukerin uangnya jadi pecahan gitu. Jadi pecahan seribuan, 2ribuan, 5ribuan, 10ribuan, sampe 20ribuan. Nah kebutuhan ini juga jadi salah satu mata pencaharian musiman masyarakat biasanya. Di bjm aja, kalo kita jalan ke daerah jalan deket Bank Indonesia sana, sepanjang jalan udah berjejer aja tuh orang-orang nawarin tukeran uang gitu. Dah macem penjaja penjual di lampu2 merah biasanya. Kadang aku kalo ngelewatin gitu jadi suka mikir, kalo niat jahat enak bgt ni ngerampok duit segepok gitu tinggal rampas dari tangan salah satu penjaja hahaha… Tapi itu daerah jalanan rame sih, jadi rada rawan digebukin orang juga hehehe….

Mungkin itu beberapa lahan basah pas ramadhan yang jadi lading berkah banget buat orang yang menaruhkan rezeki hidupnya dari sana. Kaya perjual pakaian atau alat sholat dipasar-pasar biasa juga pasti dapat rezeki lebih. Begitu juga rumah-rumah makan, walau gak bisa buka di siang hari, tapi aku pikir tiap jam buka pasti mereka dapat pendapatan yang besar juga akhirnya.

Yang jelas, seberkah apapun rezeki anda di bulan ramadhan ini, tapi jangan lupa dengan zakat dan sedekahnya sebagai tanda syukur kita. Zakat infaq sedekah gak bakalan mengurangi harta anda, malahan bakal melipat gandakan harta anda. Itu sudah hakikat dari zakat itu sendiri. Gak ada kan orang bisa jatuh miskin karena kebanyakan berzakat atau bersedekah? Hehehe…. Malahan bakal terus ditambah Allah berkali-kali lipat. Itu sudah janji Allah. Belief?

Nah kalo diatas ngomongin rezeki yang berkah banget, kalo soal ibadah bagaimana? Sudahkah kita mampu mendapatkan berkah yang maksimal di bulan Ramadhan ini. Jika belum *kaya penulis* semoga di sisa beberapa hari ini bisa dimaksimalin yah ._. Moga Ramadhan kita benar-benar mendapat berkah, tak sekedar mendapat haus dan lapar dari puasa saja, amiiin…. (3am)

0 komentar: