This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

ASAP: As Soon As Possible

Posting kali ini mau sedikit curcol tentang kesibukan aku akhir-akhir ini. Terus terang selama 2 bulanan terakhir ini agak disibukkan dengan urusan kerjaan seorang mahasiswa tingkat akhir. Gara-gara ini juga nih blog ini gak terlalu keurus lagi, hehe… Dan kerjaan itu di awali dengan ngurus tempat PKL sampai membuat proposal TA alias Tugas Akhir. Kebetulan aku itu D4, jadi TA itu hampir sama aja sih sama skripsi sebenarnya, hehehe…. Dan emang D4 itu setara sama S1, pas lulus juga gelarnya sarjana kok. Cuma di Indonesia tak terlalu banyak orang mengenal ini dan menganggap D4 dibawah S1. Padahal gak lho, bahkan D4 lebih baik karena kami tak hanya diajarkan kemampuan teoritis layaknya S1, tapi juga diajarkan kemampuan lapangan layaknya D3. Ntar kapan2 aku bahas lebih lanjut soal ini.

Balik lagi sama kerjaan puyeng bikin proposal TA td. Ini baru Proposal udah bikin kalang kabut, apalagi kalo ntar udah ngerjain yg betulan. Dan aku ngerasain kalo ASAP itu emang sangat penting disaat selama proses aku nyari tempat PLK dan proposal TA ini.

Sekalian curhat ya. Aku sempet beberapa kali ganti judul dalam pembuatan proposal ini. Alasannya sih rata-rata aku ragu ngambil judul itu karena merasa tidak sanggup kedepannya nanti. Sampai akhirnya aku nemu satu judul yang aku pikir aku Insyaallah mampu ngerjainnya kedepannya. Yah, tentu donk semangat 45 ngerjainnya. Apalagi pas sudah dikonsul ke dosen, katanya boleh. Ya udah sudah agak tenang aku dan cukup lancar ngerjainnya. Dan sampai akhirnya problem itu datang. Disini nih mulai semeraut lagi aku, hehe…. Nah, pas udah hampir selesai, tinggal menyempurnakan beberapa bagian aja lagi, aku dapat kabar kalo udah ada temen yang ngambil judul yang sama kaya punya aku. Persis! Dan dia sudah ngumpul proposal duluan dan sudah diseminarkan juga. Manteb gak tuh? Kebayang gak semerautnya saya saat itu? hehe….

Kesalahan satu, agak komunikasi yg lepas sama temen aku itu. Sebenarnya dari sebelum-sebelumnya aku udah sering mastiin ke dia kalo dia gak ngambil judul yang sama. Tapi kayaknya dari akunya jg error mungkin, gak pernah ngasih tau judul engkap ke dia. Dia juga gitu. Jadi kita berdua sama-sama bilang perkiraan-perkiraan. Ya jadilah hal tersebut. Da yang jadi korban adalah saya. Salah siapa? Gak ada yang salah kok. Dia gak tau, saya gak tau. Minusnya saya, saya kalah cepet dibanding dia menyelesaikan proposal tersebut. Oke, atas konsekuensi tersebut aku ngalah dan ganti judul lagi. ganti judul, berarti ganti semuanya juga, mulai dari latar belakang, batasan masalah, landasan teori sampe metode penelitiannya. *kebayang ribetnya itu? -____-

Oke. syukurnya aku bukan tipe orang yang gampang panikan. Pas baru dapat kabar itu, otak langsung muter, mikirin solusi terbaik. Aku pikir, kalo rombak total, jelas aku gak sanggup. Jadilah aku pertahankan cara analisisnya, tapi ganti variablenya dikit, dan jadilah dengan judul yang tak terlalu jauh berbeda. Asalnya ngangkat tentang analisis pengaruh pembiayaan mudharabah pada laba, aku ganti pembiayaannya jadi musyarakah yang notabane sama-sama pembiayaan berbasis bagi hasil, hehehe…. Yah, walau harus muter otak ulang mikiran latar belakangnya, tapi proposal yang sempet dinyatakan gagal itu, jadi proposal baru dalam waktu 3 hari, hohoho….

Itu masalah bikin proposal yang sempet bikin puyeng. Syukurnya masalah nyari tempat PKL gak terlalu bermasalah. Kebetulan yang ini aku udah tancap gas duluan. Dari 2 bulan yang lalu aku udah ngajuin disalah satu bank, dan langsung diterima! Alhamdulillah banget gak bernasip sama dengan sebagian besar temen-temen aku yang harus pontang-panting nyari tempat PKL di beberapa tempat gara-gara selalu di tolak atau kalah cepat dengan yang lain (kelas lain atau mahasiswa universitas yang lain).

Dari kesibukan aku di atas itu, aku menyadari betul bahwa dalam melakukan sesuatu haruslah ASAP! ASAP alias As Soon As Possible, yg kalo diartikan artinya secepat mungkin, atau kalo kata pak JK pas kampanye dulu Lebih cepat lebih baik. Aku ngerasain betul bahwa kalo kita bekerja cepat, tapi harus cermat juga, kerjaan bakal lebih mudah karena kita punya banyak waktu jika terjadi ke’error’an. Selain itu, ASAP juga penting untuk mengambil kesempatan, karena kita tak tau apakah jika mengulur-ulur waktu terus, kesempatan itu masih tetap ada di tangan kita nantinya. Ibarat kata pepatah, kita tak tau apa yang terjadi pada kita besok, maka lakukanlah yang terbaik pada hari ini sebelum terlambat. Waktu dan kesempatan takkan kembali lagi pada kita jika kita mengabaikannya. Maka manfaatkanlah sebaik mungkin jika ia datang. Semangat ASAP!!! (3am)

0 komentar: