This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

Berita Duka dr Sang Mantan RI 1 di Penghujung tahun

Innalillahi wa innaillaihirojiun... Indonesia mendapat kabar duka di Penghujung Tahun 2009 ini. Sang mantan Presiden kita yg ke 4, KH. Abdurrahman Wahid, atau yg lbh sering kita kenal dg sebutan Gusdur, kemaren malam, tgl 30 Desember 2009 sekitar pukul 18.45, meninggal dunia di umur beliau yg ke 69 thn. Kita telah kehilangan satu sosok yg sdh byk berjasa bagi negeri ini.

Beliau adalah sosok ulama, guru, negarawan, pemikir, tokoh demokrasi, budayawan, sekaligus politisi hebat. Matanya memang tak dapat melihat, tapi hati dan pikirannya menembus dimensi kekinian, sehingga seolah mampu melihat apa yg kan terjadi. Gerak-gerik pikirannya, jejak langkah gagasannya sepenuhnya di hibahkan pada kepentingan masyarakat dalam arti luas, tanpa mengenal sekat dan batas suku, keyakinan, apalagi tingkat sosial. Beliau adalah sosok yg begitu humoris, pengayom, berpribadi ramah dan sangat berprinsip, berani mempertahankan sikap yg dianggap beliau benar (sumber: Bjm Post, 31 des 2009).

Beliau adalah orang yg berpengetahuan baik dalam ilmu agama, maupun ilmu pengetahuan umum. Sebuah kisah dr ayah saya ttg beliau. Ketika dlm sebuah seminar dan beliau sbg pembicaranya, saat itu adalah saat sesi pertanyaan. Beliau saat itu di beri 11 pertanyaan yg diajukan beruntun. Tampak saat pertanyaan diajukan, beliau tampak santai, agak ky tidur2 malah kata bapak saya, dan sang moderator mencatat semua pertanyaan tsb. Dan saat waktunya beliau menjawab, disini kita bisa melihat kemampuan daya ingat beliau yg luar biasa. Beliau walau sblmnya tampak spt rada tidur2, spt ga mendengarkan, tp ternyata beliau begitu memperhatikan. Bahkan, tanpa melihat pertanyaan yg sdh dicatat itu, beliau bisa ingat semua pertanyaan sekaligus siapa yg bertanya (termasuk dia duduk dimana, pake baju apa), dan bisa menjawab pertanyaan tsb dg baik dan tepat. Disini kita dpt belajar, jgn pernah menilai org dr luarnya saja, tp lihat dr segala sudut pandang, lihat luar dalam. Beliau adalah salah satu putra bangsa yg membanggakan. Biar bgmn pun sepak terjang beliau saat menjadi presiden dulu, baik itu positif maupun itu yg negatif, beliau tetap sosok yg layak utk dijadikan panutan, dan kita hargai serta memberikan penghormatan setinggi2nya kpd beliau atas jasa dan sumbangsi beliau bagi kemajuan dan perkembangan utk agama dan bangsa ini.

Smg Allah mengampuni segala dosa2 beliau, menerima segala amal ibadah beliau dan beliau bisa tenang di peristirahatan terakhirnya. Amin... Selamat tinggal pak Gusdur... (3am)

0 komentar: