This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

FIKSI - PROMISE Part 3: Kegundahan Hati

sambungan dr PROMISE – Part 2: Lawan Abadi. Dan baca jg, part 1: Awal

---------------------- ---------------------

siang itu, di bis kota yg penuh sesak…

“biet, loe msh ingat sama bapak ibu loe ga? Tanya debo membuka pembicaraan.

“emg, knp jd tiba2 nanya begini??” jwb obiet heran

“gara2 ucapan sion td, gw jd ingat sama kenangan manis bersama ibu dulu. Ingat senyumnya, ingat belaiannya. Ini makin bikin gw sedih biet. Sedih krn mengingatkan gw pd kenyataan kl ibu sdh ga ada dan gw ga bisa ngerasain itu lg. Gw mau ngelupain itu semua” kata debo dg raut muka sedih. Obiet menatap mata debo dalam2. Dia bisa melihat sinar kesedihan yg mendalam di mata debo.

“de, seharusnya loe bersyukur bisa punya kenangan sama ibu loe. Bersyukur krn loe punya gambaran muka ibu loe, walau itu semua bikin km sedih” nasehat obiet. ‘Ga ky gw yg udah ditinggal di panti sejak aku baru lahir dan ga punya kenangan apa2 dr ibu kandungku sendiri’ batin obiet dlm hati.

“tp klo gw ingat terus, gw ga bisa ngilangin rasa sedih itu” sambung debo.

“lo ga perlu ngelupain itu semua. Gw yakin ibu loe bakal sedih kl anaknya ngelupain kenangan indah tsb, krn cuma itu yg bisa dia tinggalkan di diri anaknya agar anaknya selalu bisa merasakan kehadirannya, merasakan kasih sayangnya, merasakan kehangatannya, merasakan perlindungannya, walau dirinya udah ga ada” kata obiet. Mata obiet menerawang keluar jendela. ‘ibu knp engkau tidak memberikan ku kenangan itu’. Obiet menghela nafas dan ngelanjutin perkataannya.

“yg perlu loe lakuin cuma jadikan kenangan itu sbg penghibur, bkn kesedihan krn loe ngerasa kehilangan yg mendalam. Ibu loe ga akan pernah benar2 ninggalin, krn dia terus menemani loe di setiap kenangan yg loe ingat.” Kata Obiet sambil menatap lembut debo. “dan Rasakan itu sbg bentuk kehadirannya dlm hati loe” kata obiet lg sambil nunjuk dada debo.

Debo memandang kagum sahabat yg udah dianggap saudara olehnya itu. ‘Ya obiet memang benar, aku ga mau kehilangan ibu untuk kedua kalinya. Maaf kan aku bu…’ batin debo di hatinya.

“mungkin loe benar biet. Ga seharusnya gw melupakan itu semua. Makasih ya biet...”

“ga perlu berterima kasih, itukan gunanya sahabat. Jd semangat donk!!” kata obiet menyemangati debo. Obiet tersenyum tipis, senang bisa bikin kesedihan sahabatnya sedikit terobati, walau hatinya jg menyimpan sedikit kegundahan.

----------- -----------------------------

di panti….

“ka obiet sama ka debo kok baru pulang?? Ka angel sama ka rahmi aja udah lama pulang…” kata seorang anak yg berumur sekitar 7, menyambut obiet dan debo dg manja.

“maaf yan, kaka baru pulang, td kaka ada tugas piket dulu, jd pulangnya agak belakangan” kata obiet lembut

“tau ga kak, td iyan baru dpt temen. Namanya bastian. Dia kesini sama papanya. Anaknya baik deh..” cerita iyan.

“mereka siapa yan? ngapain kesini??” Tanya debo

“ga tau, tp kata bastian td, papanya mau cariin bastian kaka dsn” kata iyan polos. debo dan obiet saling pandang, dan mereka tersenyum.

“ada calon orang tua baru!!!” seru obiet dan debo bareng. Tak lama kemudian pikiran debo dan obiet sdh terbang terbawa ke alam khayalan masing2. Dan lalu mrk masuk kedlm rumah. Di dlm terlihat rahmi dan angel membantu juru masak panti menyiapkan makan siang. Melihat debo dan obiet datang rahmi langsung menghampiri mrk.

“eh, kalian udah tau blm, katanya bakal ada orang yg mau ngadopsi kita.”

“oh.. udah sih, td iyan udah cerita” kata obiet

“wah, siapa ya yg bakal diadopsi??”

“klo gw sih mau bgt punya orang tua lg meski pasti berat ninggalin temen2 dipanti ini” kata debo

“iya, aku jg mau. Tp biasanya orang2 mengadopsi anak2 yg kecil2 kan biasanya. Mungkin ade2 kita disini yg bakal diadopsi” kata rahmi

"gw jg pengen ngerasain punya ortu. Tp terserah yg diatas sih... klo km gel, gmn??” Tanya obiet pada angel yg dr td diam saja.

“aku… aku nggak tau…” kata angel dan dia langsung msk kamar. Rahmi, obiet, debo memandang bingung ke arah angel. Tp mrk sadar, mungkin angel msh blm bisa melupakan kedua orangtuannya. Dia memang baru stgh thn ini tinggal di panti dan angel memang sampai skrg selalu terlihat murung. Jarang sekali terlihat senyum yg mengembang di wajahnya. Kadang, rahmi yg sekamar dgnya, mendengar isak tangis di malam hari. Dia jg tak byk bicara dg penghuni panti lainya. Dia sangat menutupi perasaannya. Mungkin hanya lewat hobbynya melukis, ekspresinya tersalurkan dan dpt direka teman2nya. Dan semua penghuni panti sdh sangat paham dan terbiasa akan ini. Rahmi pun berinisiatif menyusul angel ke kmrnya.

“aku coba ngomong ke dia” kata rahmi kpd obiet dan debo

di kamar, rahmi mencari sosok angel. Terdengar isak tangis di sudut kamar, disamping tempat tidur. Rahmi melihat angel duduk di sana. Kepalanya menelungkup di atas dekapan kakinya. Rahmi pun mendekat perlahan.

“gel, km knp??” kata rahmi pelan. Tak ada jwban dr mulut angel. Angel yg sadar kehadiran rahmi segera menghapus air matanya. Tp dia ttp diam duduk disana. Pelan2 rahmi menyentuh pundak angel dan mencoba mendekapnya.

“jgn nangis lg dong, kl km sedih, cerita sama aku. Kamu bisa percaya sama aku kan??” kata rahmi lg. Angel pun menatap rahmi dan mulai membuka suaranya.

“aku sayang bgt sama mama papa aku, mi. aku ga mau ngelupain mrk…”

“aku tau, km pasti sayang dan kangen bgt sama mrk… tp km ga blh sedih ky gini…”

“aku kangen sama kasih sayang mrk, mi”

“angel, walau mama papa km udah ga ada, tp disini km msh punya aku, ibu panti, temen2 semua yg bisa ngasih km cinta. Dan kita msh punya harapan buat dpt kasih sayang dr orang tua lg lwt orang2 yg mau ngadopsi kita. Km ga boleh sedih gel. Senyum dong…” hibur rahmi. Angel pun tersenyum tipis.

“sebenarnya aku jg pengen punya orang tua lg, tp aku takut bakal lupa sama orang tua kandungku, aku ga mau ngelupain mrk”

“aku yakin, orang tua km bakal selalu ada dihati km, selalu menyertai km disetiap langkah km. Km harus yakin itu”

“makasih ya mi…” kata angel. Mrk pun berpelukan….

-------------------------------- --------------------------

Half_Blood_Prince (HBP) : malam princess…

utri_Pink (PP) : severus……. Doyan bgt sih lo manggil gw princess…

HBP : ihh, loe jg kok manggil severus, gw kan pangeran, jd loe princessnya…

PP : gombal bgt sih lo… emg benerkan half blood princes itu severus snape

HBP : iya, tp gombal2 gini, lo senengkan??????

PP : apaan sih lo… udah ah, lama2 gw bisa terbang nih digombalin trs…

HBP : mau dunk ikut terbang…

Princess lama ga menjawab

HBP : princess…. Kok diem???? Msh hidup kan???

PP : eh, loe beneran laki kan???

HBP : kok nanyanya gitu???? Laki2 tulen nih….

PP : emg semua cowo itu suka ngeledek cewe ya?????

HBP : kok mikirnya gitu?

PP : gw punya temen di sklh, dia itu sama temen2nya senang bgt ngeledek… kadang malah keterlaluan bgt, td aja temen aku dikerjain sama mrk…

HBP : ahh, ga jg kok… kalian aja kali yg cari masalah sama mrk….

PP : ihh, kami diem jg msh aja suka ngajak berantem…. Nyebelin tau!!! Klo bisa gw pelintir2 tuh anak2, gw masukin karung trus gw injek2, trus buang ke jurang…

HBP : ihhhh, serem bgt sih… pasti skrg udah numbuh tanduk tuh dikepalanya… hehehe…

PP : tuh kan bener… cowo itu suka ngeledek cewe…

HBP : kl menurut gw sih, biasanya anak cowo itu suka ngeledek, klo ga sekedar iseng, berarti antara dua alasannya…

PP : apaan tuh severus????

HBP : itu antara kalian itu emg super nyebelin, jd bikin nafsu buat diledekin, klo ga berarti mrk cari perhatian…

PP : cari perhatian??? Pengen diperhatiin sama kita2 maksudnya???

HBP : ya gitu deh….

PP : ihhh, ga mungkiiinn!!!

HBP :berarti nyebelin dong???

PP : emg gw nyebelin?????

HBP : nggak kok my princess…..

PP : tuh kan mulai lg…. Klo ga kedua2nya, jd knp dong????

HBP : tanyakan saja dg rumput yg bergoyang….

PP : kl rumput bisa ngomong jg, gw ga bakal nanya sama lo… gmn sih…

HBP : emg segitu nyebelinnya ya temen2 cowo lo???

PP : ga nyebelin lg…. Tp Super duper amat sangat nyebelin sekali….

HBP : wkwkwkwkwkk…….

PP : ihh… kok malah ngetawain???!!

HBP : lucu aja ngebayangin ekspresi lo… hati2, ntar suka lo….

PP : suka sama mrk???? Hueekk… jgn bikin gw muntah deh…

HBP : waduh… sampai segitunya…

HBP : udah ah… ngantuk gw, ntar kita terusin lg ya…

PP : ya udah, makasih ya dah mau dengerin curhat gw… met bobo severus…

HBP : met bobo jg princess…..

Gadis itu menutup laptopnya. Walau cuma temen maya, dia senang bisa ketemu severus yg sangat menyenangkan. Ga nyangka, perkenalan mrk bbrp minggu yg lalu di sebuah forum, bisa bikin mrk bersahabat. Sejak itu mrk jd suka chatting bareng, walau mrk sama2 merahasiakan identitas masing2 krn sama2 merasa lbh seru dan lbh enak ngobrol terbuka klo ga kenal sama sekali. Biar ga takut rahasianya kebongkar dan sekalian biar bikin penasaran, kata severus. Setidaknya sampai waktunya nanti mrk benar2 siap utk saling kenal. Severus itu gmn ya orangnya??? Jd penasaran, benak gadis itu. Dia tersenyum mengingat obrolan mrk td.

“sivia!! Udahan main internetnya, ayo tidur….”

“iya, maaa!!!”

----------BERSAMBUNG--------- (3am)

0 komentar: