This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

It's Time For Idola Cilik 3

Kali ini aku mau ngepost ttg idola cilik 3. Yah gpp deh dibilang pedofil krn doyan sama acara anak2, yg penting gw happy... Wkwkwk... Tp, jujur nih, ini acara sdh jd obat stress aku yg paling ampuh selama 2 thn ini, hehe.... Jd sbg penikmat dan pemantau setia acara ini sejak ic1 dimulai, aku mau bahas sedikit ttg angkatan idola cilik ke 3 ini. Spt yg udah kita tau, babak 42 besar udah berlansung 1 minggu penuh kemaren. Dan mulai hr ini sdh masuk babak 35 besar. Aku mungkin ga mau byk meriview penampilan2 mrk di 42 besar. Krn selain udah telat, temen2 lain pasti jg udah pd nonton sendiri, jd nilai aja sendiri dr pd baca koment ga penting dr aku, haha.... Aku disini cuma mau mengomentari hal2 baru di ic3, kontestan secara menyeluruh serta ttg bbrp kontestan di ic 3 ini yg bikin aku agak tertarik. Kl mau nyari review lengkap tiap anak di babak 42 besar kemaren, cari aja di blog lain, spt di blognya akram alias wwhhoo atau blog lainnya (cari aja sama om google).

Dr pantauan yg aku liat selama 1 minggu kemaren di babak 42 besar. Aku udah bisa narik kesimpulan. Ada byk perubahan di ic 3 ini bila kita membandingkan dg ic 2 apalagi sama ic 1. Ini aku liat dr segala aspek. Yg pertama yg berubah itu panggungnya. Lebih oke lah. Trus skrg tempat duduk ortu dipisah (lbh eksklusif dibanding penonton biasa) dan diletakin di tepat di samping panggung, jd kl kontestan mau mendatangi ortunya lbh gampang ga perlu nerobos penonton byk. Itu dr segi tata panggung.

Masalah komentator msh sama ky ic yg dulu, formasi msh lengkap. Ada mama ira, om duta, om dave, dan ka winda. Terkadang ada ka ray kl om duta berhalangan hadir. Mc msh ka oki. Tp 2 hari terakhir kemaren, pembawa acara jd 2 org tuh sama ka fitri tropika. Aku kurang tau knp jd diputuskan utk menambah pembawa acara. Mungkin ka oki ingin sedikit dikuranig bebannya, atau pihak RCTI ingin suatu pembaharuan. Kl menurut pribadi aku, ini rada pemborosan sih. Mungkin ada org yg suka dg hal ini. Tp kl aku sih, ka oki udah cukup. Jd kesannya ga terlalu berlebihan. Lagi pula, kynya ka oki msh blm bisa tergantikan di hati byk pemirsa pecinta idolacilik. Dulu2 bbrp kali jg pernah ka oki digantikan sementara oleh bbrp org host baru. Cthnya ky ka bayu 'gusti OB', udjo project pop, trus dawiya. Tp menurut aku pribadi, tetap ga bisa sebaik ka oki.

Kemudian ttg band. Tetap sih ka oni and friends. Msh ada ka ony, msh ada ka chiko, msh ada ka hanny, tp, ka echa ganti... Kecewa penonton, hihi... Emg sih, kelar ic2 kemaren, si echa udah agak mengisyaratkan kl dia mau ngundurin diri dr ic. Mau cari perubahan, cari hal2 yg baru lg, gitu katanya. Yah, emg sih, setiap org berhak utk mencoba hal2 baru, tdk berpuas diri dan menetap di satu pekerjaan jika ingin terus berkembang. Kita hrs hargai keputusan itu. Tp.... Jujur aku kangen sama drum hebohnya si echa dan ke-cool-annya sama ka oki, haha.... Penggantinya, ka exel, mirip sih, tp kurang asik, mainnya jg kynya lbh seru ka echa, hehe.... (sori... Namanya jg manusia, terkadang susah utk menerima hal baru, pasti msh ada rasa suka dan merasa lbh nyaman dg yg lama, hehe...)

Skrg kita bahas pesertanya. Memang, secara menyeluruh, semua kontestan di ic 3 ini bagus2. Dr 42 besar, bisa dibilang, yg namanya fals itu udah hampir ga ada. Suaranya bagus2 semua. Basic vokal mrk jauh lbh baik dan lbh matang. Masalah mrk rata2 hanya ttg nafas, dinamika lagu, dan penghayatan/ekspresi. Kl dibandingkan ic yg dulu, lbh baik lah (apalagi sama ic 1, yg msk 16 besar aja msh ada yg fals suaranya, hihi... Gw ga nyinggung, cuma ngefek aja, haha..). Memang sdh seharusnya spt ini, krn mrk punya persiapan lbh matang dr ic sblmnya (apalagi sama ic 1 yg bisa dibilang kelinci percobaan tp ber-ending sukses abiz). IC 3 bisa jauh lbh pengalaman dan lbh terkonsep matang krn bisa belajar dr ic terdahulu. Jelas mrk semua, ga cuma pesertanya, tp jg kru2 dan tim sukses ic, tampak lbh siap utk menghadapi itu semua. Trus, hmm... Kali ini ada yg agak beda dr ic terdahulu. Kl di ic 1 dan 2 dulu, peserta awal di menuju pentas IC, jmlh peserta cowonya hanya 1 banding 2 sama cewenya, skrg di ic 3 peserta cowo lbh byk dr cewenya. Kl dihitung, ada 23 peserta cowo dan hanya 19 cewenya. Apakah ini berarti 14 besar ic 3 nanti bakal di dominasi cowo2? Blm tentu, tp kemungkinan besar, iya. Secara di 42 besar aja, cowo yg tersisih baru 3, cewenya udah 4. Skrg jmlh yg tersisa cowo 20 org, cewe 15 org. Sptnya kontestan cewe2nya ini mengalami penurunan. Dan menurutku, ga hanya dr sisi kuantitas, tp jg dari segi kualitas.

Tp, eitss, Jgn pd protes dulu.... Emg, semuanya suaranya rata2 enak didengar. Bbrp kualitas vokalnya malah sangat luar biasa. Ada yg melebihi angel ic 1 malah menurutku. Tp, aku melihat, dengar dan rasakan (ky lagu sheila on 7, hihi), kontestan cewenya ini kurang ada yg punya ciri khas kuat. Paling cuma satu yg agak unik menurut aku. Si olivia, rocker dr medan. Selebihnya, warna vokalnya rata2 hampir sama. Aku blm menemukan vokal yg khas ky oik atau sivia. Oh, ya satu lagi. Genre musiknya jg rata2 sama. Pop. Ini yg bikin agak kurang berkesan liat kontestan cewenya. Kl cowonya, yah jauh lbh baik. Byk yg bisa main alat musik, warna vokalnya jg cukup beragam. Pop, RnB, melayu, rock, dan byk yg bakat jd anak band. Ada sih yg khas, tp blm cukup unik. Kl yg halus ky kiki, atau ky abner atau irsyad ada. Tp, blm ada ketemu yg seunik debo, selentur obiet, seempuk septian.

Selain itu, ini dr semuanya, cowo dan cewe, ga ada satupun kontestan yg ngejazz. Yah, ini kurangnya ic3. Kl ic 2 msh punya patton, ic 1 punya sivia dan ify, tp ic 3 kynya ga punya satupun. Yg RnBnya jg blm cukup ngegroove, trus improvenya blm ada yg segila sivia, sekeren patton, seenak obiet, semantab septian, dan seaneh ify (jiah, yg terakhir ga enak kata2nya nih, masa 'seaneh'... Hehe... Tp menurutku, ify kl improve lagu emg suka pake nada yg aneh, yg miring2, yg ga biasa dipake org, kadang rada lebay, tp itu yg bikin aku suka, jd penuh kejutan, hehe...). Padahal, hal2 itu yg paling bikin aku demen. Jd, sori ic3... Kalian blm mampu membuat hatiku sangat terkesan. (ampun! abis gw nih, ditimpukin fans ic3, muji2 anak2 ic yg senior mulu dr td, hihi... Maklum, mungkin hatiku sdh terlalu penuh menampung rasa kagumku pd anak2 ic fav2ku yg dulu itu shg blm bisa mengagumi anak2 baru ini, hehe....). Mungkin anak2 ic 3 punya kualitas yg lbh bagus, tp menurutku, kualitas vokal yg baik blm cukup utk membuat seseorang tertarik dan memfavoritkannya. Krn byk hal yg bisa bikin org tertarik. Yah, spt tampang, pembawaan diatas panggung, attitude mrk, bakat lainnya spt bermain musik dll, atau byk hal lainnya. Yah, setiap org punya kriteria dan selera yg berbeda2, dan kita hrs hargai itu. (to all Ic lovers, diingat nih kata2 ini, saling menghargai, spy ntar di ic 3 ini ga ada lg yg namanya ic-haters yg byk berkembang biak di ic 2 dulu, jd peace semua!!)

Tp, tp.... Walau td aku bilang ga ada yg smp benar2 menyentuh hati, ga bisa bikin aku jatuh cinta di penampilan perdana mrk, tp aku msh punya jagoan di ic 3 ini kok, yg menurutku cukup pantaslah jd finalis ic3 (skrg aku muji anak2 ic 3 nih, jd jgn di gebukin lg, hehe). Pertama ada Rio, mungkin ini satu2nya peserta yg sempet bikin aku tertarik, lagu i'm yours nya itu lho, enak tenan. Suaranya jg ckp khas, lembut2 gimana gitu. Tp rada sedikit kurang puas dg penampilan perdananya, kurang gereget. Ini yg bikin aku, kurang dpt feelnya. Trus jg aku demen sama Zevana dan Dea. Ini dua anak manteb tenan suaranya, maknyuss. Powerfull abis. Trus si Aren jg bagus, matang suaranya. Si Rizky aku jg suka, suaranya enak ky vidi Aldiano, haha... Trus aku suka Ozy dan Lintar, yg ini suara rumayan enak, agak2 melayu gitu, tp aku paling suka pembawaan mrk saat bernyanyi. Dan satu lg, si Willy. Tp, ini sih lbh krn koreo ala micheal jacksonnya itu, keren euy, hihi.... Trus ada lg, sih bbrp nama spt olivia, gaby, dan daud yg aku prediksi bakal lolos. Kita liat nanti, siapa yg lolos ke 14 besar (ntar insyaallah, ngepost ttg ic lg ntar pas 14 bsr, apakah nanti pendapat aku ini bakal berubah atau tdk, hoho). Oh ya, satu lg yg aku senang di IC 3 ini, ga byk cerita sedihnya, hehe.... Yah, kita ga bisa memungkiri, kl itu salah satu cara utk membuat acara lbh menarik perhatian. Tp kl kebanyakan, ya ga enak jg. Jd aku berharap, skrg smg ga terlalu byk mengekspos yg sedih2 begitu, tampilin kelebihan dan bakat anak2 itu aja, itu lbh baik.

Skrg kita tinggal liat perkembangan anak2 itu di babak 35, 28, 21 smp 14 besar nanti. Krn apalah artinya kl tak berkembang dan tak menyuguhkan penampilan yg konsisten di setiap minggunya. Smg yg terpilih jd finalis di 14 besar nanti emg anak2 dg kualitas terbaik. Jd jgn smp salah pilih. Silakan beri dukungan dg cara ketik: IC (spasi) Nama Idola , kirim ke 6288. Itu buat yg punya anggaran berlebih. Kl ga punya mending ikut aku aja ngebakso, jelas kenyangin perut, haha.... Nggak, becanda ding, buat yg mau sms silakan, tp yg mau ngikut jejak aku jg silakan. Kl aku sih dr jaman ic 1 dulu, walau separah apapun ngefansnya aku ke anak2 itu, ga keluar se Rp pun buat sms mrk, hehe.... Bukan ga mau fav. Kita tetap bertahan, cuma emg dr sononya kantong ini ga rela keluar sia2, mending buat ngenet, bisa tau ttg IC dan kl lg mujur bisa nge-chat sama anak ICnya, haha.... Aku sih selalu punya keyakinan dg fav2ku itu. Walau mrk ga menang, tersisih cepat (fav aku ga ada yg msk 3 besar cuy! Satu malah ga msk 10 bsr), tp aku yakin mrk punya kualitas yahut dan pihak RCTI ga bakal ngelepasin mrk gitu aja. Dan skrg emg terbukti, walau waktu itu posisi mrk kurang, tp skrg mrk termasuk anak2 ic yg punya eksistensi bgs di dunia musik smp skrg. (fav aku ada 4: via yg ga usah ditanyakan lg eksistensinya yg sdh main sinetron, sering tampil nyanyi di tv, dan jg sdh pernah manggung di luar negeri. Trus obiet yg srg jd pilihan utk tampil di tv dan skrg lg bikin album solo. Lalu ada ify yg walau dulu cuma posisi 12 bsr tp kdg msh suka tampil di tv, udah pernah duet sama tompi plus udah 2 kali manggung di kerajaan Brunei, serta suaranya pernah bikin kagum band jazz asal Inggris Incognito, dan terakhir septian yg walau jarang tampil di tv tp dia ttp the one and only, msh jd anak ic paling kental warna RnBnya se-IC, dan aku ttp suka, haha....).

Yah, cukup sekian cuap2 dan koment dr seorang yg benar2 ga kompeten di bidang musik ini. Anda boleh setuju atau tdk sama sekali. Tp sekali lg, it's just my opinions, yg sebenarnya kelewat subjektif, hehe.... Tp, mrk semua tetap anak2 Indonesia yg sangat berbakat. Dan kita perlu berterimakasih pd mrk, krn aku yakin anak2 ini (baik anak2 IC 1, 2, 3), semua sdh sedikit byk telah menginspirasi byk anak2 Indonesia lainnya agar trs semangat belajar, trs mengembangkan bakatnya dan trs berprestasi, pantang menyerah utk menggapai impian. Yg penting, dukung terus perkembangan bakat dan kretifitas anak bangsa. Maju terus anak Indonesia. (3am)

0 komentar: