This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

FIKSI - PROMISE Part 6: Pengorbanan Sebuah Rahasia

Lanjutan dr PROMISE Part 5: Eltern. Baca jg part 1: AWAL utk tau asal usul dan awal dr cerita ini.

-----------------------------------------

Sejuta tanya hadir dibenak ify. ‘Ngapain iel minta gw nemuin dia?? Mau apa lg tuh anak??’ Tanya ify dlm hatinya. Krn penasaran, walau dengan berat hati, akhirnya ify berangkat menemui iel. Ketika dia sdh sampai di taman…

“akhirnya datang jg loe” kata iel saat melihat ify datang.

“mau apa loe, mau bales nimpuk gw lagi??”

“tenang fy, gw emg msh dendam sama timpukan sepatu loe, tp gw disini dlm misi damai kok.. duduk aja dulu, dengerin gw baik2” kata iel sambil mempersilahkan ify duduk disampingnya

“udah ga usah byk basa-basi, gw lg byk kerjaan dirmh nih..”

“oke.. gw to the point aja ya… loe msh ingat ngapain loe beberapa hari yg lalu di Aula sama zahra dayat??” iel memulai pembicaraanya. Ify kaget dan dia langsung teringat kejadian yg lalu itu. Pikirannya kembali pd saat2 itu terjadi. Iel tersenyum ketika melihat muka ify yg kynya udah mulai pucet. Diapun melanjutkan perkataannya.

“klo anak2 gank gaul yg lain tahu, gmn ya ekspresi mrk??” kata iel sambil tersenyum penuh kemenangan.

“tau dr mana loe ttg masalah ini??”

“sudah lah, loe ga perlu tau. Yg penting gw sdh tau klo loe udah mau ngerendahin diri loe buat ngucapin terima kasih dan maaf ke mrk… setahu gw di gank gaul paling ga suka kan klo anggotanya ngelakuin itu, apalagi kpd anak2 spt zahra dan dayat yg sering kalian katain anak rendahan” jwb iel lagi.

“gw ga ngeredahin diri gw. Gw cuma mau ngelakuin apa yg emg seharusnya gw lakuin! Lagian loe ga punya bukti nyata dan temen gw ga bakal percaya sama loe” bela ify

“gmn klo gw perlihatkan video dan foto2 ini” kata iel sambil mengeluarkan Hpnya. Ify benar kaget iel sudah merekam semua kejadian itu di Hpnya. Ketika ify ingin merebut HP iel tsb, iel langsung menarik Hpnya dan segera memasukkannya ke dlm kantongnya.

“loe ada di situ waktu itu?!!”

“ya, gw emg liat semua apa yg loe lakukan, dan jujur gw salut sama yg loe perbuat. Tp sorry fy, gw ga mau moment itu hilang begitu saja.. kata iel. Ternyata cowo yg ngintip ify di Aula waktu itu adalah iel.

“siapa yg tau lg masalah ini?? Loe ga ngomong hal ini sama temen2 loe kan??” Tanya ify khawatir.

“tenang aja… gw ga ember. Gw ga ngelibatin yg lain kok, gw cuma mau nikmatin permainan ini sendirian, krn ini masalah kita berdua”

“jd… apa mau loe skrg??”

“gw cuma mau loe bisa sedikit berkerja sama dg gw. Gw pengen loe.. ya sekitar 1 bulan lah jd asisten gw.. kasarnya sih org suruhan gw..” jwb iel santai

“WHAT??! Ga mau ah gw…” tolak ify

“oke… klo gtu siap2 aja bsk. Gw yakin klo anak2 disekolah tau, loe ga cuma bakal dikeluarin dr gank gaul, tp jg bakal dimusuhin sama temen2 loe” tantang iel. Ify terlihat berpikir keras.

“oke.. gw turutin loe. Tp masa 1 bln, kelamaan, 1 minggu aja… please…” minta ify

“dasar cewe, jauh bgt loe nawarnya… emg barang obralan, pake diskon!! Tp, oke gw berbaik hati sama loe, 3 minggu, ga kurang, ga lebih! Deal??” tawar iel lg.ify diam. Sebenarnya dia msh meresa keberatan. Tp krn ga ada pilihan lain, akhirnya…

“oke gw setuju…” jwb ify lesu.

“nah.. gtu dong, klo ginikan beres... Gw janji sbg laki2 sejati, stlh 3 minggu ini, gw akan hapus semua foto dan video ini dan gw ga akan pernah ungkit2 ini lagi dan loe bebas. ini berjalan mulai besok.. oke??”

“oke… tp loe janjikan ga bakal bikin semua org tahu perjanjian kita ini”

“iya, gw janji, gw akan bersikap normal di depan semua teman, gw ga bakal bikin temen2 tau ttg ini, tp bukan berarti loe bisa ngidar begitu aja sama suruhan gw”

“oke.. gw pegang janji loe”

“Klo gtu gw mau pulang, jangan lupa besok loe ke rmh gw jam 5 pagi. Lo sdh tau rmh gw kan??! Jgn telat!! Dahh ify, tidur yg nyenyak ya malam ini sblm ngelayanin gw besok” kata iel sambil berlalu pergi. Ify menghembuskan nafas panjang. Mimpi apa gw malam td, pikir ify sampai dia harus dpt masalah spt ini. Ify pun pulang dg tertunduk lesu.

----------- --------------------

besok paginya…

HP ify berbunyi berkali-kali. Tp tdk jg membuat ify terbangun dr tidurnya. Krn memikirkan masalahnya dg iel, dia jd baru tidur lewat tengah malam. Setelah sekian kali, akhirnya ify bangun jg. Dg keadaan msh setengah tidur, ify mengangkat telponnya.

“hallo… siapa nih nelpon pagi2 buta gini??”

“WOY!! LOE LUPA JANJI LOE HARI INI??! LOE KIRA INI UDAH JAM BERAPA??!” teriak org diseberang telpon sana. Ify kaget dan langsung tersadar. Dia baru sadar klo dia udah janji mau krmh iel pagi itu.

“sorry yel, malam td gw ga bisa tidur nyenyak gara2 loe, jd gw baru bangun skrg…”

“alaah, gw ga mau denger apapun alasan loe! Skrg jg gw mau loe kesini!! Loe udah telat 30 menit tau!!”

“iya..iya tuan muda.. bawel bgt sih loe..”

“klo sampe loe dlm 15 menit loe blm nyampe rmh gw, hukuman loe bakal gw perpanjang jd 1 bln!”

“waduh… jgn donk yel!! Gw kan blm mandi, blm....”

tp telpon langsung diputus. Ify segera melompat ke kamar mandi dan mandi, sholat dan berpakaian super kilat. Syukur dia udah beresin peralatan dan pakaian sekolahnya malam sebelumnya, jd ga terlalu gelabakan. Ga nyampe 15 menit, dia selesai siap2. Baru kali ini gw siap2 ke sklh secepat ini, pikir ify.

“fy, pagi bgt perginya?? Blm jg jam 6… kan sklh msk jam 7.. Ga sarapan dulu??” Tanya mamanya ify

“ga usah ma, lg buru2 nih!!” jwb ify sambil memakai sepatunya buru2.

“eh, berangkat sklh sama siapa? Ga sama papa??”

“gampang deh ma, skrg aku mau krmh temen, ada urusan bentar.. dah mama…” kata ify sambil memberikan kecupan kilat di pipi mamanya dan kemudian dia udah lari buru2 keluar rmh menuju rmh iel. Kebetulan rmh iel dan ify ga jauh, msh dlm satu komplek. Dengan wajah ngos-ngosan, ify akhirnya sampai jg di rmh iel.

“sampai jg loe akhirnya… hebat jg cewe ky loe bisa siap2 dlm 15 menitan.. tp sorry loe telat 3 menit… berarti nambah 1 minggu, jd 1 bulan”

“jgn dong yel, kan cuma 3 menit, masa loe tega sih… jgn jd 1 bln lg, please…” bujuk ify. Iel menggeleng.

“loe telat berarti nambah, tp yah, kita liat aja nanti, 3 minggu atau 1 bln, byk2 berdoa aja loe… skrg cepet masuk!!!” kata iel. Ify masuk dg muka gusar. ‘yah sia2 dong ngemis2 kemaren minta dipersingkat!!’.

“lagian ngapain siih loe nyuruh gw pagi2 ksn. Ga ada kerjaan aja..”

“sebagai majikan loe skrg, gw bebas donk nyuruh loe kapan aja. Skrg gw mau loe bantuin bi asri di dapur nyiapin sarapan. Kasian bi asri kerja sendiri. Sana loe… awas loe klo kabur!” suruh iel sambil mendorong pelan ify ke arah dapur.

“bi… titip temen aku ya…!!!” teriak iel ke bi asri.

“baik tuan muda… puas loe??!!” kata ify dan Ify pun msk dapur dg muka sebel. Iel hanya tertawa melihat ekspresi ify dan dia langsung menuju ke kamarnya.

Di dapur…

Disana ada seorang ibu2 tua. Umurnya kira2 sekitar 50 thnan. Ify jd teringat neneknya. Orang setua ini, kasihan jg klo kerja sendiri ya.. bisik ify dlm hati.

“pagi, bi…” “pagi non.. non temennya den iel ya??”

“iya, saya ify... saya bantuin ya…”

“tp ga usah repot2 non, bibi bisa kok sendirian nanti aden marah lg non bantuin saya”

“klo saya ga bantuin bibi, saya yg bakal repot nanti bi… tenang aja bi, iel ga bakal marah kok ” kata ify sambil tersenyum. Dlm hati dia berkata ‘malah seneng bgt iel liat ini’. Bi asri terlihat msh bingung, tp akhirnya dia mengangguk.

“ya udah… klo itu maunya non…”

“bi asri mau masak apaan??”

“nasi goreng kesukaan den iel”

“saya yg gorengin ya… saya bisa kok… bi asri ngerjain yg lain aja”

“bener nih non?? Ga apa2 klo saya tinggal??”

“bener kok.. lagian bahan2nya jg udah bi asri sediain semua ini, gampang bi…”

“ya udah… klo kesulitan, panggil bi asri ya…”

“beres bi…”

kemudian bi asri pun pergi untuk mencuci pekaian. Sedangkan ify asyik memasak. Klo masalah masak nasi goreng sih gw jagonya dirmh benak ify dlm hati. Terbersit pikiran untuk menjaili iel. Tp setelah dipikir2 lg…

“ga ah.. ntar iel nambahin waktu perjanjian ini lg” kata ify sambil menggeleng2 kepala. ‘Lagian klo bibi yg ntar disalahin makin ga enak gw’, pikir ify lagi. Ify pun melanjutkan pekerjaannya dg sungguh2. Ga lama kemudian.

“Selesai…” kata ify senang. Kemudian dia bawa sepiring besar nasi goreng itu kemeja makan. Disana sdh ada iel yg nunggu dg manis.

“bawa apaan loe??”

“nasi goreng special buatan ify…”

“buatan loe??? Kok loe yg bikin, Bibi mana??”

“udah makan aja, kan kata loe sendiri td, kasian bibi kerja sendiri, jd gw aja yg ngambil bagian masakin loe nasi goreng” kata ify sambil meletakan nasi goreng tsb di atas meja. Kemudian ketika ify mau pergi, tiba iel langsung narik tangan ify.

“mau kemana loe..”

“udah selesai kan tugas gw?? Gw mau pergi ke sekolah skrg..”

“enak aja loe… ga bisa!! Loe hrs tanggung jwb sama masakan loe. Sekarang loe duduk disini” kata iel sambil menarik ify ketempat duduk yg kosong.

“sekarang loe makan masakan loe. Klo loe racunin gw, loe duluan yg kena racun” kata iel sambil nyerahin piring dan sendok ke tangan ify.

“curigaan bgt sih loe. Ky gw tampang kriminal aja” kata ify sambil menyendok sesendok nasi dan langsung memakannya.

“tuh, gw makan! Ga ada apa2 kan?? Udah gw mau pergi skrg!” ify bangkit dr kursinya, tp kembali ditarik iel.

“siapa yg nyuruh loe pergi?? Kata iel dingin. Ify sedikit meringis. Tarikan tangan iel agak keras kali ini. Iel yg sadar langsung melepaskan tangannya.

“sorry… Gw cuma mau loe makan bareng gw skrg.. gw ga mau loe sampe sakit gara2 gw. Loe ga mungkin sempat sarapankan td??” kata iel lagi sambil mengambil sepiring nasi goreng tsb dan menyerahkannya ke ify. Ify hanya terpaku melihat perubahan tingkah iel yg sedikit lbh lembut.

“udah.. bengong aja!! Klo lama ntar gw tinggal loe.. mau??!” kata iel lg. Ify agak kaget tingkah iel yg kembali jutek lg, tp diapun akhirnya nurut. ify dan iel pun makan dg lahap tp msh dlm diam. Bbrp menit kemudian….

“udah yok, berangkat. Fy, loe bareng gw aja… kita naik mobil gw” ajak iel. Ify pun ikut iel, walau sbnrnya dia td berencana utk menelpon papanya buat minta jemput di rmh iel. Lalu mrk pun berangkat ke sklh. Tapi kira2 setengah kilo lg sblm nyampe sklh, iel tiba2 teriak….

“STOP PAK!!”

pak asdi dan ify keget dan mobil pun berhenti. Iel langsung turun dan membuka pintu belakang tempat ify duduk. Ify menatap bingung ke arah iel. Tiba2 dia terbersit suatu pikiran.

“jgn bilang loe nyuruh gw turun disini ya yel…” kata ify dg nada sedikit curiga

“maaf fy, gw baru ingat ga mungkin biarin kita berdua keliahatan anak satu sekolahan berangkat bareng. Lagian kan loe yg minta sendiri jgn sampe ketahuan anak2 ttg masalah kita ini. Apa kata temen2 coba klo liat ini semua??” kata iel sambil tersenyum jail.

“ntar kan gw bisa turun diem2..”

“nggak!!”

“kenapa ga bilang dr td sih??! klo tau ginikan gw ga ikut loe”

“udah jgn bawel, turun loe skrg!! Gw kan majikan loe skrg, gw berhak ngatur loe!” tiba2 iel berkata kasar ky biasanya. Dia tarik ify keluar dg paksa dan ify mau ga mau nurutin kata iel. Iel pun naik mobil dan mobil jalan.

“dah ify.. met jalan kaki ya hehe…” kata iel sambil tertawa penuh kemenangan.

“dasar, seenaknya aja!!” omel ify. Tp kemudian dia melihat jam tangannya.

“ya ampun… 5 menit lg masuk!!!” pekik ify. Dia pun langsung lari secepatnya ke arah sekolah. Sesampainya disekolah…

“tunggu pak satpam!!!” teriak ify sambil ngos-ngosan kpd pak satpam yg udah mau menutup pagar.

“tumben neng telat, ga biasanya?? Ya udah cepet masuk, ntar telat”

“makasih pak”

ify pun bergegas lari menuju kelasnya. Ibu deva yg ngajar dikelasnya pagi itu terlihat baru keluar ruang guru. Ify mempercepat larinya. Fiuhh.. sampai jg di depan kelasnya. Hampir aja dia telat. Ify masuk dg sedikit terengah-engah. Temen2 sekelasnya memandang heran ke arah ify. Ify terlihat ga ky biasanya di mata mrk. Hanya iel yg ga heran melihat pemandangan ini. Iel hanya tersenyum puas. Sekilas ify melirik marah ke arah iel, tp iel hanya membalasnya dg kedipan mata dan lalu tertawa.

“knp loe ketawa yel??” Tanya riko

“nggak, cuma ngetawain ify aja..

“iya tuh anak, kok ga ky biasanya telat dan liat aja penampilan dia kok berantakan bgt”

di sisi lain, gank gaul menyambut ify dg wajah panik.

“aduh, ify… loe kok kucel bgt sih… klo gini bisa jatuh imej gank gaul” pekik sila

“iya nih ify berantakan bgt.. keringetan lg… habis ngapain sih loe??” Tanya via sambil ngerapiin rambut ify yg berantakan.

“sorry… anu.. itu td… mobil bokap gw kempes bannya di tengah jalan, terpaksa deh gw jalan kaki ke sklh” kata ify beralasan

“nih tissu, lap dulu deh keringet loe..” kata tian sambil nyodorin tissu.

“makasih” kata ify dan mrk pun tdk lagi melanjutkan pembicaraan krn ibu deva sdh masuk.

--------------BERSAMBUNG----------- (3am)

0 komentar: