This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

FIKSI - PROMISE Part 24: Exam Times

Lanjutan dari PROMISE Part 23: Sebuah Pencerahan. Baca juga Promise Part 1: Awal untuk mengetahui asal mula cerita fiksi ini diawali dan mulai terbentuk.

NB: Cerita ini hanyalah cerita fiksi belaka (fanfict). Bila ada kesamaan tokoh, kejadian, tempat dsb, itu hanyalah sebuah kebetulan belaka. Segala hal yg tertulis di cerita ini hanyalah hayalan dan imajinasi penulis belaka, bukan suatu hal yg terjadi sebenarnya. So, jangan pernah menganggap cerita ini serius, apalagi terhadap anak2 IC yg aku pakai namanya di dalam cerita fiksi ini. Thx dan selamat membaca... :)

PROMISE - Part 24: Exam Times

----------------- 3am -----------------

Hari-hari paska pembicaraan dari hati ke hati antara iel dan ify beberapa waktu lalu, jelas lebih melapangkan segala hal yang akan mereka lakukan selanjutnya. Iel jadi lebih mudah dan lebih enteng melakukan usaha belajarnya guna memenuhi perjanjian mereka kepada pak hanny. Keseriusan dan usaha yang keras benar-benar ditunjukkan oleh iel. Dan ify, tentu saja jadi jauh lebih mudah dan senang hati mengajari iel yang sekarang jauh lebih bersemangat dan punya keinginan, dari pada sebelumnya yang kelewat parah kadar tingkat kemalasan dan kecuekannya, sampai-sampai membuat ify jadi frustasi hebat.

Dan hari itu, hari terakhir mereka untuk belajar, mempersiapkan segalanya sebelum ujian. besok hari mereka sudah akan menghadapi ujian matematika dengan pak hanny. Dan baru kali ini iel merasakan dirinya begitu tegang, tapi juga sekaligus begitu semangat menghadapi ujian. Padahal biasanya dia begitu santai dan tak peduli. Dapet syukur, ga dapet ya udah. tapi tidak untuk kali ini. Dia harus bisa!

"fy, nih udah selese.." kata iel dengan semangat 45 sambil menyerahkan sebuah kertas jawaban ke ify yang sedang asyik membaca di depannya. Sore minggu itu mereka berada di rumah iel, melakukan usaha belajar di hari terakhir sebelum menghadapi ujian besok hari. Ify mendongak memandang iel, lalu menyambut sodoran kertas dari iel itu. Dia sesaat meneliti hasil pekerjaan iel itu, lalu tak lama, sebuah senyum terukir di bibirnya.

"kaya nya udah siap tempur nih... Sip..sip..." puji ify sambil mengancungkan jempolnya.

"siapa dulu donk... Iel... Gini donk sih, pasti bisa gue... hehe.." sahut iel enteng.

"eh, gaya banget loe?!" tegor ify galak. Iel cuma nyengir.

"jangan puas dulu loe, besok aksi yang sesungguhnya. kalau loe ngerjain kaya gini sih, oke.. tapi kalau kaya yang kemaren-kemaren... Awas aja loe.." kata ify.

"hehe... iya.. iya.. sori.. khilaf fy... Maklum, terlalu semangat... hehe..." sahut iel.

"Semangat sih semangat, tapi jangan buru-buru juga... kaya kemaren masa loe pas ada perhitungan 2 x 3, loe jawab 5, sejak kapan tuh?! Terlalu nganggep remeh yang mudah sih loe..." sahut ify. Iel yang di omelin kaya gitu cengar-cengir aja.

"5 sama 6 cuma beda satu kok..." sahut iel agak asal, yang langsung di lemparin ify pake buku. Iel reflek ngindar, ngumpet ke balik meja.

"emang cuma beda satu, tapi FB!" sewot ify

"hah FB? Facebook?" sahut iel, kepalanya sudah menyembul dari bawah meja.

"Fatal Banget..!!" teriak ify, "gara-gara salah dikit gitu, jalan jawaban loe selanjutnya berarti ikut salah juga... Loe tuh sebenarnya ngerti dan menguasai bahan, tapi masih suka serampangan sih, sok ngitung cepet tapi masih suka asal..!" omel ify. Iel cuma ngangguk-ngangguk sambil masang tampak bersalah, lalu senyam-senyum dengan tampang sok manisnya. Ify yang liat iel masang muka manis gitu, jadi menghela nafas, ga jadi emosi, dan bikin dia jadi ga tega ngomel-ngomel lebih panjang lagi.

"ga usah masang tampang sok kaya malaikat gitu deh loe! Tau aja loe kelemahan gue, pasti ga tega ngomel lagi kalau di sodorin tampang kaya gitu!" kata ify yang disambung tawa kemenangan iel.

"jadi gue harap sih, loe lebih teliti aja yel, ga usah buru-buru, yang penting tepat waktu, kaya yang ini nih... oke..." kata ify lagi lebih lembut, sambil ngancungin kertas pekerjaan terakhir iel.

"iya.. Iya... Ngerti bu guru... Gitu donk, kalau ngomongnya adem kaya ginikan enak, masa ngajarin orang ganteng galak-galak banget? Tadi udah mulai keluar tuh tanda-tanda keluar tanduknya... hehe..." canda iel.

"yee... Dibilangin, malah ngeledek loe.. Ntar gue galakin beneran nih.. hehe.." sahut ify sedikit becanda juga.

"yah jangan fy, ntar jadi monster beneran loe kalau doyan marah-marah.. Ga cakep lagi dunk... Hehe..." canda iel juga. Ify jadi ikut ketawa juga. Lalu ify kembali melanjutkan memeriksa pekerjaan iel. Iel yang duduk di depannya hanya bertompang dagu sambil terus memandangi ify.

"bakat loe fy jadi guru... kalau gurunya kaya loe semua, gue semangat deh sekolah..." lirih iel. Ify langsung terdiam dari aktivitasnya, lalu dia mengangkat kepalanya, dan balas memandang iel. Tak lama kemudian dia tersenyum simpul.

"tapi, kalau muridnya macem kaya loe semua, nyerah deh gue, haha..." sahut ify. Iel langsung ikut ketawa denger sahutan ify itu. Lalu ify kembali sibuk dengan buku-buku matematika nya itu. Sedangkan iel kembali kelamunannya. Suasana terasa sunyi. lama-lama iel ngerasa bosen juga ga ngerjain apa-apa.

"fy... Ga ngapa-apain lagi nih?" tanya iel. Ify mendongak, memandang iel sesaat, lalu berfikir sejenak.

"eh, yel.. gue kasih soal lagi ya..." kata ify.

"hah?!! Yah.. Kok soal lagi?? Hari ini loe udah 2 kali ngasih gue setumpuk soal... belum cukup juga, fy?" sahut iel dengan tampang super lesu. Ify langsung tersenyum simpul liat ekspresi iel.

"kenapa? Nyerah loe? hehe.." tanya ify, iel cuma cengar-cengir sambil garuk-garuk kepala.

"ya udah kalau gitu, kita main aja yok.." ajak ify.

"jadi udahan nih belajar nya?" tanya iel, ga yakin sama ajakan ify itu.

"iya.. udah aja deh, kita refresing aja sekarang, lagian udah belajar dari tadi pagi juga... Ga baik otak terlalu diporsir..." sahut ify sambil nutup buku di depannya. Muka iel langsung berseri-seri.

"terima kasih ya tuhaaann..." kata iel sambil sujut-sujut syukur. Ify cuma ketawa ngeliat tingkah lebay iel.

"hehe... gue tau kok, muka loe tuh kaya udah eneg banget buat belajar, kesannya kalau gue beneran kasih soal lagi, loe tuh udah siap mau langsung muntah-muntah.. haha..." kata ify

"ah loe fy, tau aja kalau gue udah eneg buat belajar... Hehe..." sahut iel agak tersipu malu

"kalau gitu, gue temenin loe main PS deh, dari kemaren-kemaren loe udah ngiler banget kan liat PS, mau cepet-cepet bisa main PS lagi? jadi, ayok.." ajak ify lagi sambil berdiri dari duduknya.

"hah?! ga salah denger nih gue??" iel rada ga nyangka dengan ajakan ify yang satu ini. Dulu sebelum tragedi emosi-emosian kemaren, kalau mereka sedang belajar, iel selalu kabur main PS setiap ify lengah. Dan ify pasti langsung mencak-mencak dan ngomel-ngomel ke dia. Maka dari itu, sejak dia berjanji mau benar-benar serius belajar, dia ga pernah nyentuh lagi PS dia itu. Iel ga mau liat ify kecewa, atau sampai mencak-mencak lagi ke dia gara-gara liat dia ga serius belajar. Lagipula mereka selalu belajar dari pulang sekolah sampai malam, otomatis emang ga ada waktu buat iel untuk main-main lagi.

"iya.. Mau ga?" tawar ify lagi. setelah iel benar-benar yakin kalau ajakan ify itu bukan sekedar mengada-ada, dia langsung mengangguk dengan semangat.

"eh, tapi.. beneran bisa main loe??"

"yee.. Ngeremehin gue loe... Gini-gini, dulu gue juga suka nemenin kakak gue main PS.. Walau emang sih.. cuma asal mencet dan kalah mulu, hehe..." sahut ify

"hehe... ya okelah kalau begitu.. Eh, tapi.. Bentar.. bentar... Ntar kalau hapalan gue pada kabur semua gimana? Ga mau ah gue.. Ntar besok di otak gue cuma tinggal tentang pelajaran main PS semua lagi... Hehe.." argument iel

"tumben loe bisa mikir kaya gitu? Hehe..." sahut ify. Iel langsung manyun di katain ify kaya gitu.

"kalau loe ga mau kaya gitu, makanya di iket donk biar ga kabur..." kata ify lagi

"yah, loe kira kambing, pake di iket..." timpal iel

"ya udah kalau ga mau, kita belajar lagi aja kalau gitu..." sahut ify kembali duduk. "eh, jangan! Yah... jangan ga jadi fy! Tingkat kestresan gue udah sampai ubun2 nih..." kata iel buru-buru.

"hehe.. ya udah kalau gitu.. Dan biar loe tenang, ntar habis ini kita ngulang pelajaran lagi buat terakhir kali, numpung masih sore juga ini, masih ada banyak waktu... oke?" tawar ify.

"nah, good idea.. Gitu baru bener... ya udah.. Yok!" ajak iel sambil bangkit berdiri. Dan sisa waktu belajar mereka hari itu, akhirnya mereka selingi untuk bermain PS untuk sekedar melepas ketegangan dan keseriusan mereka dalam beberapa hari terakhir itu.

---------------- misst3ri -----------------

Dan akhirnya, waktu ujian itupun tiba. Pagi itu iel berangkat ke sekolah dengan sedikit kegugupan. Memang, hari-hari sebelumnya dia punya keyakinan begitu tinggi. tapi, entah kenapa, ketika hari itu tiba, semangat dia jadi luar biasa down. Bayangan-bayang kegagalan terus berkelebat, menghantui pikirannya. Mungkin cuma satu yang bisa memberi dia kekuatan untuk tetap optimis, dan terus berpikir positif. Dia harus nebus kepercayaan pak hanny dan ify. Dia ga boleh ngecewain mereka. Dia harus berhasil. Itu janjinya.

Dan pagi itu, masih beberapa menit sebelum bel masuk berbunyi. tapi iel sudah duduk dengan kaku di kursinya. Tegang. Berkali-kali dia mengetuk-ngetukan pensilnya dengan buku dihadapannya, berusaha mengusir ketegangan yang terus menyelimuinya. Ulangan matematika diadakan jam pertama itu. Sebagian besar penghuni kelas itu banyak yang diam di kelas dibanding main-main di luar kelas. Apalagi kalau bukan untuk usaha terakhir untuk mempersiapkan diri sebelum ulangan, mulai dari ngebahas soal dengan teman, baca buku untuk pengulang pelajaran, sampai rapat ngatur strategi jitu buat kesuksesan aksi kriminal ujian, hehe... Pemandangan yang sudah sangat biasa terjadi setiap mau ujian. Tak lama ada sion datang dan memasuki kelas.

"eh, bro... baik-baik ya sama temen ntar... Hehe..." kata sion ke cakka saat melewati cakka.

"siapa elo?" sahut cakka agak sinis

"yah cakk.. Kok gitu?" sion kecewa liat sambutan cakka

"jangan laga lupa loe! Kan udah gue bilang, selama lo belum nepatin janji loe, ga usah negor gue dulu, oke?" jawab cakka. Sion mendengus kesel. 'Kirain abis libur weekend, udah lupa si cakka buat ngecuekin gue! Payah nih, cakka..!' Dumel sion dalam hati.

"riko.. Iel... Inget kata gue tadi!" kata cakka kepada iel dan riko sebelum dia melangkah keluar kelas. Sion memandang heran kepada riko dan iel. 'Ngomong apaan cakka tadi ke kalian?' Bisik sion ke riko. Riko cuma senyum geli.

"cuekin loe... Termasuk di ulangan matematika hari ini.. jadi, kalau mau nyontek, sama iel aja tuh... hehe..." jawab riko enteng.

"ah, kok loe ikut-ikutan juga ko... kalau sama iel, sama aja bo'ong donk..." sahut sion agak ngeremehin iel, karena emang iel biasanya bener-bener ga bisa diandelin dalam pelajaran matematika. Iel yang duduk ga jauh dari sana, mendengar ucapan sion cuma melirik, dan tersenyum tipis. Eh, sion sotoy, belum tau dia si iel udah ditangani ahlinya, hehe...

"makanya yon, cepet tepatin janji loe, masa gitu doank ga bisa? Hehe... " kata riko lagi.

"yee.. Loe sih gampang ngomong doank!" sewot sion, lalu dia menuju bangkunya.

"kenapa loe yel? Gelisah banget? Santai dikit donk! Ga biasanya lo!" tegur sion galak saat melewati bangku iel. Iel hanya melirik sedikit, tapi tanpa menyahut, dan tetap duduk dengan gelisah di bangkunya.

"yee.. yang ini juga, ditanya malah mingkem, pada payah nih semuanya!" omel sion, sambil menghempaskan tasnya ke mejanya, lalu melangkah keluar kelas. Iel cuma geleng-geleng kepala liat sion yang pagi-pagi udah ngomel-ngomel.

Lalu iel membuka buku matematika dihadapannya, mencoba mendalami lagi. tapi usaha itu sepertinya agak sia-sia, sudah tak ada gunanya dia baca karena tak ada satupun yang bisa masuk lagi ke otaknya karena ketegangan luar biasa di dirinya. Lalu dia kembali duduk dengan gelisah. Ify yang duduk di barisan depan, sempat melirik sesaat ke arah iel. Iel membalas pandangannya, lalu tersenyum gugup. Ify membalas senyum itu lalu mengancungkan jempolnya ke arah iel. Iel dapat merasakan dorongan semangat dari senyum ify itu. 'come on iel... Loe ga boleh ngecewain orang-orang yang ngasih kepercayaan ke loe.. Loe pasti bisa..!' teriak iel dalam hati, menyemangati dirinya sendiri.

Tak lama keributan kelas enyah seiring bel masuk dan datangnya pak hanny ke dalam kelas tak lama kemudian.

"pagi semua... sudah siap dengan ulangan hari ini anak-anak?" sapa pak hanny yang hanya dijawab dengan tak semangat oleh anak-anak.

"oke... Silakan simpan semua bukunya, hanya boleh ada alat tulis di atas meja..." kata pak hanny lagi. anak-anak segera saja menyimpan seluruh buku-buku mereka dan mengeluarkan alat tulis mereka.

"IFY! Sini, tolong bantu bapak membagi soal ke teman-teman kamu..." panggil pak hanny ke ify. Ify lalu bangkit dari kursinya menghampiri pak hanny untuk mengambil soal-soal.

"saatnya pembuktian... Saya harap kalian mampu menepati janji kalian..." bisik pak hanny ketika menyerahkan soal kepada ify. Ify hanya tersenyum tipis. Tapi dari mimik wajahnya, dapat dilihat, ketegangan terpeta jelas di wajahnya.

"good luck..." bisik pak hanny lagi sesaat sebelum ify mulai melangkah ke penjuru kelas, membantu pak hanny membagi soal-soal.

------------------- misst3ri ----------------------

Suasana kelas begitu sepi. Pak hanny mengawasi anak didiknya itu dengan seksama. Terlebih lagi, beliau sangat memperhatikan barisan belakang, daerah tempat duduk anak-anak laki-laki seperti iel dkk. Selain karena disana adalah daerah tempat paling rawan dan paling tinggi tingkat kejahatan ujiannya, pak hanny juga mau benar-benar memastikan iel mengerjakan sendiri ujiannya. Berulang kali pak hanny mondar mandir di sekitar bangku iel. Pak hanny ingin benar-benar mengetahui keseriusan dan komitmennya terhadap janjinya. Jujur, dihati pak hanny masih ada keraguan.

Tapi sepertinya keraguan itu mulai menguap, karena sepanjang ujian itu, pak hanny bisa melihat iel tampak benar-benar begitu serius mengerjakan ujiannya. Meskipun teman-teman di sekitarnya sudah mulai grasak-grusuk, dia tampak masih tenang walau dari raut wajah gugupnya bisa diterka, dia juga tampak kesulitan. Detik demi detik terlewati, dan waktu terus berlalu, sampai akhirnya waktu ujian pun berakhir.

"yap, silakan dikumpulkan... Waktu sudah habis... Ayo semua, dalam hitungan ke 5, semua harus sudah mengumpul..! satu..." teriak pak hanny. langsung saja anak-anak berebut mengumpulkan lembar jawabannya ke depan kelas. Iel juga segera mengumpulkan lembar jawabannya. Saat dia menyerahkan lembar jawabannya ke pak hanny, sesaat pak hanny menegurnya.

"bagaimana iel? Bisa?" kata pak hanny sambil tersenyum pada iel. Iel tertengun, lalu dia menganguk dan tersenyum tipis pada pak hanny.

------------------ misst3ri----------------------

"tadi gimana yel?" tanya ify. Saat itu ify dan iel sedang bertemu diem-diem di perpus, mojok kaya biasa di balik lemari paling ujung perpus itu. Tempat strategis mereka mengadakan pertemuan biasanya. Tempat yang sepi, tak terpantau tapi mudah mendeteksi jika ada orang yang mendekat.

"ya gitu lah... Gugup banget gue! Mana pak hanny mandangi gue mulu... bentar-bentar deketin gue, bentar-bentar liat lembar jawaban gue, mana bisa tenang gue... Ga tau deh, tuh..." ujar iel agak lesu sambil buka-buka sebuah buku dengan asal.

"tapi loe ngerjain ga buru-buru kan yel?" tanya ify lagi.

"ee... Rada sih di akhir-akhir... Abis pak hanny bikin gue gugup banget sih, loe tau sendiri gimana kalau lagi gugup, ga cuma jantung, urat nadi, dan darah yang degupan dan alirannya mkn kenceng dan deras, tapi juga otak gue ikutan desak tangan gue buat mengakhiri kegugupan itu... Udah ah! Ga tau lagi gue, pokoknya gue udah ngerjain sebisa gue... Moga ga ngecewain deh..." jawab iel lagi dengan lesu. Ify memandang iel dengan seksama. Dia tau, iel mungkin sekarang sedang dilanda badai pesimis saat itu. Ify menepuk-nepuk pundak iel sembari tersenyum menenangkan.

"loe ga ngecewain kok, loe kan udah usaha maksimal..." ujar ify berusaha menghibur iel sambil tersenyum dengan begitu tulus. Iel melirik ify lalu ikut tersenyum. Dari dorot mata yang terpancar itu iel tau, ify begitu sangat ingin dan tulus untuk membesarkan hatinya dan terus menyemangati dirinya. Dan dirinya takkan pernah rela kalau nantinya dirinya mengecewakan hati gadis yang telah mau melibatkan dirinya begitu jauh demi perubahan dan kebaikan dirinya itu.

"thx fy, loe udah percaya banget sama gue..." lirih iel akhirnya. Ify hanya membalasnya dengan sebuah senyum manisnya, lalu ia bangkit dari duduknya.

"udah ya... gue balik dulu sama anak-anak, mau ke kantin, laper... Hehe..." kata ify kemudian, lalu ia meninggalkan iel yang masih saja termenung sendiri, diam memikirkan selembar kertas yang kini telah berada di meja pak Hanny itu. Selembar kertas yang mungkin bisa mengangkat dirinya, tapi mungkin juga bisa menjatuhkan dirinya serta gadis yang baru saja berlalu itu. Seseorang yang sudah sangat baik membantu dan membibimbingnya untuk bisa berubah menjadi pribadinya yang lebih baik.

--------------------BERSAMBUNG (3am)---------------------

0 komentar: